Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan – Gadung merupakan jenis umbian yang enak dan sering dikonsumsi sebagai cemilan atau olahan lezat lainnya. Gadung sendiri memiliki 2 jeni yakni gadung yang tak beracun dan beracun, walaupun begitu semuanya bisa dikonsumsi dengan memperhatikan cara pengolahan yang tepat.  Racun yang ada pada gadung bisa dihilangkan jadi aman untuk dikonsumsi. Jika tidak diolah dengan cara yang tepat maka racunnya dapat mengakibatkan pusing hingga muntah. Gadung merupakan tanaman semak yang tumbuh dengan menjalar, batangnya berduri dengan buah bulat dan dagingnya berwarna putih.

Gambar Umbi Gadung


alasehat.net
Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Umbi gadung bisa dijadikan beragam olahan yang lezat dan yang paling populer biasanya dijadikan keripik gadung dengan aneka rasa, atau bisa juga dimakan cukup direbus saja. Gadung ini juga bisa dijadikan pengganti makanan pokok karena di dalamnya mengandung kalori yang sangat tinggi seperti singkong, kentang, talas, ubi. Jadi dengan mengkonsumsi gadung juga dapat menambah energi di dalam tubuh untuk membantu melakukan kegiatan sehari-hari.

Selain enak untuk dikonsumsi, gadung juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena di dalamnya mengandung berbagai zat kimia yang baik dan diperlukan tubuh. kandungan tersebut diantaranya alkaloid dioskorina, zat pati, diosgenina, tanin, furanoid norditerpena, serta saponin. Kandungan yang baik tersebut dapat membantu mengatasi dan menjaga kesehatan tubuh manusia. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya ikuti terus di alasehat.net


Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan


alasehat.net
Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Berikut ini berbagai Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan yang perlu kita ketahui sehingga kita lebih menyukai makanan yang alami berasal dari alam.  Ada sebagian  yang menganggap umbi gadung adalah makanan ndeso namun dibalik itu semua gadung memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Penambah energi


penambah energi
Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Umbi gadung bisa dijdikan makanan pokok pengganti nasi karena di dalamnya memiliki jumlah kalori tinggi yang dapat menambah dan meningkatkan energi di dalam tubuh. Energy yang meningkat akan berpengaruh pada kagiatan kita sehari-hari menjadi lebih semangat dan tidak mudah lelah. Kandungan kalori tinggi juga bisa ditemukan pada umbi lainnya seperti ubi, singkong, kentang, serta talas.

Mengobati rematik


Umbi gadung memang mengandung racun namun jika diolah dengan tepat akan berkhasiat bagi penderita rematik. Penyakit rematik biasanya sering muncul pada seseorang karena bertambahnya usia. Mengkonsumsi gadung dengan mengolah yang baik dapat menyembuhkan dan mencegah gejala penyakit rematik.

Menurunkan kolesterol


Kolesterol tinggi merupakan menumpuknya kolesterol jahat dalam tubuh dikarenakan pola makan yang tidak tepat.  Di dalam gadung terdapat sifat alami yang dapat membantu menurunkan dan mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi yang memiliki kolesterol tinggi gadung bisa menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi dan bagi yang tidak menderita pun juga baik karena mampu mencegah kolesterol tinggi.

Mengobati kejang pada perut


kejang perut
Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Gadung juga dapat berfungsi mengobati kejang-kejang otot di perut dengan ampuh. Kejang otot pada perut begitu menyiksa karena akan menimbulkan rasa yang sakit di perut. Selain itu kejang otot perut dapat mengganggu sistem pencernaan. Jadi jika mengalami kejang otot perut bisa langsung mengkonsumsi umbi gadung cukup dengan direbus.

Mengobati luka bernanah


Tubuh mengalami luka dan bernanah bisa diobati dengan menggunakan umbi gadung. Caranya cukup dengan menempelkan irisan umbi gadung pada luka. Cara yang cukup mudah ini dapat mempercepat sembuhnya luka bernanah pada tubuh. Umbi gadung juga dapat mengobati dan menyembuhkan penyakit kusta.

Untuk cara mengolah gadung yang tepat agar racunnya hilang bisa dilakukan dengan memakai abu gosok yakni gadung yang telah diiris campurkan dengan abu gosok dan jika sudah terlumuri dengan merata selanjutnya dipendam dalam tanah sekitar 4 hari. Setelah itu diambil dan dicuci bersih sambil diremas hingga air cuciannya menjadi bersih. Air untuk mencucinya bisa menggunakan air tawar biasa atau air garam. 


kripik gadung
Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan

Untuk mengetahui gadung masih ada racun atau tidak sering di uji coba terlebih dahulu pada ayam, jika ayamnya tidak mabuk setelah memakan gadung berarti gadung sudah terhindar dari racun. Selain manfaat untuk kesehatan diatas umbi gadung juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida dan insektisida dalam pertanian yang biasa dijadikan untuk pengusir hama seperti tikus, dijadikan racun untuk mata kail.

Itulah berbagai Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan tubuh manusia. Untuk mengetahui artikel terbaru bisa berlangganan di facebook dan google + dan jangan upa juga baca artikel bermanfaat ini Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing