Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Manfaat Rebung Untuk Kesehatan – Rebung merupakan bambu muda yang munculdari akar di menonjol keatas disamping bambu yang sudah tua. Biasanya rebung dijadikan sebagai sayuran atau olahan lainnya yang lezat.  Selain lezat rebung juga memiliki nutrisi yang sangat banyak sehingga membuatnya menjadi salah satu makanan sehat dan terpopuler di dunia. Rebung berbentuk kerucut serta dagingnya berwarna putih dengan rasa yang cukup renyah. Rebung sudah dimanfaatkan menjadi sayuran atau olehan makanan sudah sejak dari jaman dahulu dan kini semakin populer dan banyak disukai oleh banyak orang dan juga telah menjadi makanan khas asli Asia.


Gambar Rebung


rebung
Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Tahukah anda bahwa rebung atau bambu muda ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh manusia. Rasa yang renyah, dan dapat dijadikan olahan makanan yang lezat ini belum banyak yang mengetahui akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Rebung memiliki kandungan gizi serta nutrisi yang cukup banyak di dalamnya diantaranya protein, serat, selulosa, berbagai jenis vitamin dan mineral seperti vitamin A, B6, E, thiamin, zat besi, selenium, mangan, roboflavin, niasin, tembaga, zinc, seng, asam folat, asam pantotenat, fosfor, dan juga kalsium.

Banyaknya kandungan nutrisi pada rebung tersebut menjadikan rebung mampu memberikan manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dan keajaiban manfaat rebung pun mampu mendunia dan berikut ulasan tentang manfaat rebung untuk kesehatan tubuh, ikuti terus ulasannya di alasehat.net


Manfaat Rebung Untuk Kesehatan



alasehat.net
Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari rebung atau bambu muda, dan inilah berbagai manfaat rebung tersebut.


Menyehatkan jantung


Rabung memiliki kandungan fitonutrien dan juga pitosterol dapat bekerja sebagai pelarut kadar kolesterol jahat dalam darah yang membahayakan tubuh. Hal tersebut akan membuat kolesterol bisa terjaga dengan baik dari arteri dan mampu melancarkan sistem peredaran darah pada tubuh yang akan berakibat pada jantung yang lebih sehat.

Mengontrol kolesterol


Seperti disebutkan diatas bahwa rebung mampu melarutkan kolesterol jahat, serta mampu menstabilkan gula darah karena adanya kandungan lemak dan kalori dalam rebung.  Sebuah penelitian juga mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi rebung selain mengontrol kolesterol dan juga menyehatkan fungsi usus serta lipid.

Baik untuk diet


diet
Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Rebung bisa menjadi salah satu alternatif makanan yang bisa dijadikan menu makanan untuk diet atau menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan dalam rebung memiliki rendah lemak, gula, karbohidrat, serta kalori. Jadi rebung sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang melakukan program diet sehat.

Mengatasi kanker


Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa di rebung dapat mengendalikan sel kanker dalam tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan pitosterol seperti amilase, flavon, serta klorofil. Rebung juga mengandunga fitokimia yang dapat berfungsi untuk mencegah pengerasan arteri dan juga mencegah kanker. Selain itu secara khusus di dalam rebung juga terdapat lignan yang mampu melawa sel kanker, virus, jamur, serta bakteri dan juga terdapat asam fenolik yang menjadi antioksidan. Nah sangat bermanfaat sekali rebung ini untuk eksehatan tubuh kita.

Menguatkan sistem imun


Dengan mengkonsumsi rebung juga dapat emningkatkan sistem imun dalam tubuh. hal ini dikarenakan dalam rebung terdapat antioksidan , vitamin, mineral. Kandungan tersebut dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah diserang berbagai virus atau bakteri yang mengganggu kesehatan tubuh.


alasehat.net
Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Mengatasi gangguan pernapasan


Rebung memiliki manfaat dalam mengobati gangguan pernapasan dengan baik. Nutrisi yang baik dalam rebung membuat pernapasan menjadi lebih sehat serta masalah pernapasan bisa terasi. Cara mengobati gangguan pernapasan menggunakan rebung cukup mudah yaki dengan merebus rebung atau bambu muda dilakuakn dengan 2x proses perebusan setelah selesai tambahkan madu dan minumlah.

Melancarkan sistem pencernaan


Rebung yang kaya akan serat dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh serta menyehatkan usus. Hal ini kita bisa mengkonsumsi rebung dengan berbagai olahan lezat agar pencernaan kita sehat dan lancar dan juga membantu tubuh mendapatkan asupan serat dengan baik.

Menurunkan tekanan darah tinggi



menurunkan darah tinggi
Manfaat Rebung Untuk Kesehatan

Rebung dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena didalamnya terdapat kandungan kalium. Dimana kalium dapat berfungsi menjadi elektrolit serta baik dalam menurunkan tekanan darah atau menormalkan tekanan darah dalam tubuh. Bagi penderita hipertensi, sangat tepat mengkonsumsi rebung ini dalam usaha untuk menormalkan tekanan darah dan menadapatkan manfaat sehat lainnya.

Manfaat lainnya


Manfaat Rebung Untuk Kesehatan lainnya bisa menjadi penyembuh luka, mengatasi masalah pada perut, mengobati bisul, menjadi agen detoksifikasi, serta menjadi agenn uterotonika. Begitu besar manfaat rebung bagi kesehatan tubuh jadi untuk bisa mendapatkan semua itu sebaiknya kita menambah rebung ke dalam daftar menu makan setiap harinya.

Itulah tadi berbagai Manfaat Rebung Untuk Kesehatan tubuh, semoga informasi ini bermanfaat dan ikuti terus artikel-artikel terbaru kami yang selalu update setiap hari dengan berlangganan di facebook serta google +, baca pula artikel ini Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing