Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan memang telah teruji yang mampu membantu menjaga serta mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh manusia. Brokoli adalah sayuran yang masuk dalam jenis kubis-kubisan dan masih saudara dengan kol. Di Indonesia brokoli menjadi slaah satu sayuran yang cukup populer apalagi bagi mereka yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan. Brokoli pun sangat baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhannya.

Gambar Brokoli


brokoli
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli ini memiliki bentuk yang unik seperti pohonkecil berdaun rindang berwarna hijau dan bentuknya menyerupai kembang kol. Brokoli memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya sehingga dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.  Kandungan gizi yang ada pada brokoli diantaranya kalsium, kalori, zat besi, vitamin A, B, C, C dan K, serta kandungan antioksidan yang tinggi.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan


Berbagai kandungan tersebut memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh, namun dalam mengolah atau memasak brokoli jangan terlalu lama karena akan menghilangi kandungan gizi di dalamnya. Mengkonsumsi sayuran brokoli tubuh akan mendapatkan berbagai manfaat baik seperti yang akan diulas di alasehat.net berikut


alasehat.net
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan mata


Kandungan vitamin A yang cukup banyak di dalam brokoli dapat berguna dalam menjaga kesehatan mata serta mampu menjadikan penglihatan kita menjadi lebih baik.  Mata adalah organ vital terpenting yang harus dijaga dengan baik agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah. Selain itu kandungan lutein yang ada pada brokoli dapat menjaga mata dari kerusakan atau masalah yang diakibatkan usia atau penuaan dan karena paparan langsung sinar matahari.  Agar mata tetap sehat maka berikanlah asupan vitamin A yang cukup yang bisa didapatkan selain dari brokoli juga dari kacang panjang, wortel, dan  makanan lain yang banyak mengandung vitamin A.

Mengontrol kolesterol


Kandungan serat yang terdapat pada brokoli mampu mengendalikan terjadinya timbunan kolesterol jahat dalam tubuh. Mengkonsumsi brokoli  dengan baik akan dapat mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah yang juga akan menyehatakan jantung. Konsumsilah brokoli yang direbus dan hindari memasak brokoli menggunakan minyak goreng.


Mencegah kanker


alasehat.net
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang bisa mencegah penyakit kanker yang mematikan itu karena dalam brokoli terdapat kandungan fitokimia, isothiocyanate, serta indole. Kandungan zat tersebut mampu mencegah masuknya bakteri penyebab kanker.


Menjaga kesehatan jantung


Jantung merupakan salah satu rgan tubuh paling penting jadi harus dijaga kesehatannya dengan baik agat tidak mengalami masalah apapun. Menurut sebuah pebelitian brokoliternyata memiliki kandungan glucoraphnin lebih tinggi dan mampu berfungsi dlaam menjaga kesehatan jantung dengan baik dan mencegah munculnya berbagai penyakit dalam tubuh.

Menjaga tekanan darah


Tekanan darah dalam tubuh dapat dikontrol dan dijaga dengan cara mengkonsumsi sayuran brokoli ini. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan potasium pada brokoli yang mampu mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Mengkonsumsi brokoli juga baik bagi mereka yang menderita hipertensi karena bisa menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali.

Meningkatkan sistem imun


Kandungan vitamin C yang terdapat dalam brokoli mempu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi brokoli merupakan slaah satu cara mudah menjaga tubuh dari serangan penyakit sehingga tibuh tidak mudah sakit.

tubuh sehat
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan gigi dan tulang


Kandungan mineral serta kalsium yang tinggi dalam brokoli mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang.  Selain itu kandungan kalsiumnya mampu menjaga tubuh dari serangan osteoporosis. Mengkonsumsi brokoli dengan cara memasak yang benar dapat menyehatkan gigi dan tulang serta mencegah osteoporosis.

Sumber antioksidan


Brokoli menjadi salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. antioksidan itu sendiri berfungsi dalam mencegah dan menjaga tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya. Serangan radikal bebas dapat menyebabkan penyakit kanker dan penyakit lainnya.

Mengobati penyakit asma


penyakit asma
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan selanjutnya adlah dapat mengobati penyakit asma karena adanya kandungan berbagai mineral seperti serat, kalsium, serta zat besi dan beberapa vitamin di dalamnya seperti vitamin A, C, serta B6 selain itu juga bersifat anti-karsinogenik. Sehingga mengkonsumsi brokoli setiap hari dengan cara dikukus dapat mengatasi penyakit asma.

Menjaga sistem pencernaan


Menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan lancar bisa dengan cara mengkonsumsi brokoli. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan sulforaphane yang dapat menekan terjadinya masalah gangguan pencernaan dalam tubuh seperti infeksi pada lambung dan maag. Sulforaphane juga dapat mempengaruhi dalam produksi enzim yang pada organ hati. Enzim tersebut memiliki peran dalam menggandeng karsinogen yang dapat menyebabkan penyakit kanker.

Meningkatkan kecerdasan otak


otak cerdas
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Sayuran ini juga sangat baik bagi anak-anak dalam masa pertumbuhannya karena dapat meningkatka kecerdasan otak. Hal tersebut dikarenakan dalam brokoli mengandung omega 3, vitamin C dan K. Ketiga kandungan tersebut dapat menjadi penggerak dalam membangun kekuatan memori otak serta mental yang lebih baik. Nah jika anak-anak kurang menyukai sayuran ini maka sebagai orang tua harus lebih kreatif dalam menyajikannya sehingga anak menjadi tertarik untuk memakannya.

Baik untuk diet


Brokoli mengandung serat yang tinggi sehingga mampu dijadikan salah satu sayuran yang baik untuk menjalankan program diet atau menurunkan berat badan menjadi lebih ideal.  Tingginya kandungan serat dalam brokoli akan memberikan efek mengenyangkan lebih lama jadi tidak cepat lapar. Selain mengandung banyak serat dalam brokoli juga mengandung berbagai mineral dan vitamin serta kandungan lemak dan kalorinya rendah. Jadi tepat sekali jika anda memasukkan sayuran brokoli ini ke dalam menu diet anda.


makan brokoli
Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan kulit


Memiliki kulit yang putih, bersih dan sehat adalah menjadi keinginan banyak orang dan untuk memiliki kulit seperti itu bisa dibantu dengan mengkonsumsi brokoli. Karena brokoli mengandung senyawa glucoraphanin yang berfungsi memperbaiki masalah kulit yang disebabkan pancaran panas sinar matahari atau bisa karena proses penuaan. Brokoli pun juga dapat mencerahkan serta menyehatkan kulit.  Selain itu kadungan beta-karoten, vitamin C, E,  serta vitamin B kompleksnya juga dapat membantu dalam meregenerasi sel kulit mati.

Itulah berbagai Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan yang sangat luar biasa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca jangan lupa berlangganan kami  di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat dan baca pula artikel ini Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing