Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal ini bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari untuk menjadikan kinerja fungsi ginjal tetap baik dan sehat. Semua organ tubuh manusia memang harus dijaga kesehatannya dengan baik salah satunya adalah ginjal karena organ ini mempunyai fungsi dan peran yang tidak bisa dilakukan oleh organ tubuh lainnya. Peran ginjal di dalam tubuh yakni menghilangkan zat beracun yang membahayakan tubuh  melewati urin ketika menyaring darah. Dengan demkian organ ginjal yang terjaga dengan baik dan berfungsi dengan normal maka tubuh akan terhindar dari racun berbahaya.

Gambar Organ Ginjal



ginjal
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal  juga berperan untuk mengatur tekanan darah, keseimbangan asam basa, mempertahankan kalsium, sebagai perangsang sumsum tulang bekerja menghadilkan sel darah merah serta mengatur tekanan darah. Banyak sekali fungsi ginjal yang meman tidak bisa tergantikan menjadikan kita harus menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Untuk mengetahui lebih lengkapnya cara menjaga ginjal ikuti terus di alasehat.net

Berikut ini beberapa tips cara menjaga ginjal yang bisa dilakukan dengan mudah agar tetap berfungsi dengan baik.

Perbanyak konsumsi air putih


air putih
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Air putih memang memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia salah satunya adalah untuk kesehatan ginjal. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelar dalam sehari akan membantu kerja ginjal semakin baik. Selain itu air putih juga dapat menjaga keseimbangan tubuh dan dengan mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu melancarkan pembuangan urin.


Berolahraga


olahraga
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Olahraga memiliki manfaat menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh agar tetap baik namun juga dapat membantu menyehatkan fungsi organ ginjal dalam tubuh.  Selain itu dengan berolahraga akan membuat organ penting lainnya seperti  jantung, paru-paru akan bekerja dengan baik. Beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan berolahraga teratur akan membantu proses dalam pembentukan urin tidak akan terhambat dan menjadi lebih lancar. Maka lakukanlah olahraga setiap hari dengan teratur baik itu olahraga ringan hanya berjalan kaki setiap pagi atau sore.


Menjaga tekanan darah


menjaga tekanan darah
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Tekanan darah juga akan mempengaruhi terhadap kesehatan organ ginjal. Semakin tinggi tekanan darah atau bisa dikatakan hipertensi maka orang tersebut akan memiliki potensi penyakit ginjal. Tekanan darah tinggi biasanya disebabkan karena stress, pola tidur yang kurang baik, sering emosian, pola makan yang kurang baik dan hal lainnya. Untuk itu jagalah tekanan darah tetap normal agar terhindar dari penyakit ginjal.

Hindari obesitas


obesitas
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi masalah pada ginjal dimana kinerja ginjal akan terganggu. Semakin bertambah berat badan seseorang maka lemak akan bertambah dan akan tertimpun di area sekitar perut sehingga akan membuat ginjal sesak dan tertekan. Hal ini akan menyebabkan ginjal tidak dapat memproses urin dengan baik jadi hindarilah obesitas.  Untuk mengatasi obesitas yang bisa menyebabkan penyakit ginjal bisa dengan melakukan olahraga rutin agar lemak yang menumpuk dalam tubuh akan hilang  atau bisa dengan melakukan diet sehat.

Kurangi makanan asin


hindari garam
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi makanan yang asin secara berlebihan dapat menyebabakan kesehatan ginjal akan terganggu dan tidak maksimal. Memang terdengar sepele namun kita harus bisa menjaga konsumsi garam agar ginjal bsa bekerja dengan maksimal. Kelebihan garam akan menyebabkan garam mengendap dan tertimbun dan akan menyebabkan batu ginjal. Selain itu hindari juga penyedap rasa berlebihan  serta makanan ringan dan makanan kaleng karena terdapat kandungan garam yang tersembunyi di dalamnya.

Berhenti merokok


Rokok  sangat membahayakan tubuh termasuk ginjal dan organ tubuh lainnya seperti jantung, dll. Kebasaan merokok dapat menyebabkan kanker ginjal karena di dalam rokok terdapat kandungan berbahaya. Jadi jika ingin ginjal serta organ tubuh lainnya sehat maka berhentilah merokok dari sekarang.

Menjaga kadar gula


Ada keterkatan erat antara ginjal dengan gula darah atau diabetes jadi banyak dari mereka yang menderita penyakit diabetes akan mempunyai masalah dengan organ ginjalnya. Untuk itu jaga kadar gula darah tetap terjaga dengan baik agar tidak terjadi masalah pada ginjal dan terserang penyakit diabetes.

Jauhi stress


Stress ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan organ ginjal dan berbagai macam penyaki lainnya. Setiap orang memang pernah mengalami stress karena berbagai hal maka dari itu sebisa mungkin harus hindari stress jangan sampai mengganggu kesehatan tubuh. Ada banyak cara menghindari stress bisa dengan rekreasi, rileksasi, dan lain-lain. Dengan pikiran yang segar jauh dari stress maka kesehatan tubuh terutama organ ginjal akan lebih sehat.

Periksa ginjal


menjaga ginjal
Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Aktivitas yang terlalu banyak terkadang membuat kita lupa diri akan kesehatan namun apapun itu kegiatannya sempatkan untuk memeriksakan kesehatan ke dokter.  Hal tersebut bertujuan agar kita tau adakah masalah yang ada dalam tubuh kita atau tidak. Salah satunya yakni dengan memeriksakan kesehatan ginjal sehingga kita bisa memantau kesehatan ginjal dan rgan lainnya yang akhirnya tubuh tetap terjaga kesehatannya dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah tadi beberapa Tips Cara Menjaga Kesehatan Ginjal agar tetap berfungsi dengan baik. Cara yang mudah yang bisa kita aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari demi menjaga agar tubuh senantiasa sehat. Untuk mendapatkan artikel terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google + serta baca pula artikel ini Tips Cara Alami Menurunkan Kolesterol

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing