Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan

Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan – Genjer merupakan tanaman sayur yang tumbuh liar di daerah persawahan, rawa, sungai, atau danau. Jika anda bermukim di daerah pedesaan mungkin sudah tidak asing lagi dengan sayur genjer ini namunkini juga sudah banyak ditemui di daerah perkotaan. Genjer mirip dengan tanaman enceng gondok yang hidup dan berkembang di daerah perairan. Konon pada jaman dulu sayur ini sering dikaitkan dengan kemiskinan karena tanaman ini mudah tumbuh dan untuk mendapatkannya dengan gratis serta yang mengkonsumsinya pun mereka yang tidak bisa membeli  bahan makanan lainnya karena tidak pnya uang. Genjer biasanya diolah menjadi  tumisan, lalapan, campuran pecel atau gado-gado dan lain-lain.

Gambar Genjer


genjer
Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan

Seiring berkembangnya jaman justru genjer termasuk salah satu sayuran yang banyak dicari baik di pasar tradisional atau modern terutama bagi mereka yang vegetarian. Tanaman genjer mampu bertahan hidup dalam satu tahun dan akan berbunga dalam sepanjang tahunnya. Daun genjer terlapisi lilin dengan batangnya berongga. Sayur genjer kini juga sudah ada di deretan daftra menu yang ada di rumah makan jadi kini anggapan sayur miskin telah terhempaskan. Genjer yang hanya sebagai sayuran murah dan mudah dijumpai ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasannya di alasehat.net

Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan


genjer
Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan

Genjer memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia karena di dalamnya juga mengandung berbagai nutrisi.  Kandungan nutrisi yang terdapat pada genjer diantaranya protein, vitamin B1, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, karbohidrat, serat, serta energi. Dengan mengkonsumsi sayur genjer kita akan mendapatkan bebetapa manfaatnya, sebagai berikut.

Peremajaan sel tubuh


Genjer memiliki kandungan protein baik yang berguna membantu memproduksi sel baru dalam tubuh. Telah diketahui bahwa tubuh setiap harinya selalu memproduksi  jutaan sel  baru menggantikan sel-sel tubuh yang rusak atau sudah tidak berguna. Dan protein itulah yang mampu berpera dalam proses produksi sel pada tubuh. Selain itu kandungan protein juga dapat berguna dalam pembentukan masa otot, pengikat lemak, menambah tenaga atau stamina, serta menjadi sumber energi.

Memperkuat tulang


tulang kuat
Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan

Kandungan kalsium yang terdapat pada genjer mampu membantu menguatkan tulang serta mencegah steoporosis dan jika dikonsumsi anak-anak mampu membantu dalam proses pertumbuhan tulang si anak.

Mengurangi resiko penyakit kanker dan  jantung


Polifenol yang terkandung pada genjer mampu berfungsi menjadi antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan jantung menyerang tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi sayuran ini anda berarti melakukan pencegaha terhadap penyakit yang cukup mematikan tersebut.

Mencegah sembelit


sembelit
Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan

Genjer memiliki kandungan serat tinggi yang berguna membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.  Orang yang sering mengkonsumsi genjer akan  sedikit terkena sembelit bahkan tidak akan sembelit. Selain itu genjer kandungan seratnya juga mampu mecegah terjadinya kanker kolon, mengikat lemak, menstabilkan kadar gula, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Mempercepat penyembuhan luka


Kandungan zat besi yang terdapat pada genjer mampu membantu menyembuhkan luka dengan cepat dan alam. Selain itu juga bisa membantu pembentukan sel darah dalam tubuh. Jika anda mengalami luka maka sembuhkanlah dengan genjer.

Manfaat Sayur Genjer Untuk Kesehatan Genjer  begitu banyak, hal ini akan menepis anggapan yang pernah beredar bahwa genjer adalah sayur miskin atau sayur bagi orang miskin. Genjer sendiri jika dimasak rasanya lezat bahkan bisa menggantikan kangkung. Terus ikuti berita terbaru dan bermanfaat dengan berlangganan kami di facebook dan google + serta baca pula artikel ini Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing