Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh – Pernahkan anda menangis? Tentu hampir semua orang pernah menangis karena terharu, bahagia, ataupun sedih. Menangis merupakan luapan perasaan seseorang muncl dalam dirinya dan ditandari keluarnya air mata. Banyak yang mengaku ketika setelah menangis akan merasa jauh lebih baik dan tenang dalam dirinya. Menangis mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks namun terkadang banyak juga yang menganggap bahwa orang yang menangis itu lemah, cengeng, dll. Dengan membaca lengkap ulasan manfaat menangis di alasehat.net maka anggapan bahwa menangis itu cengeng akan terhempaskan.


menangis
Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh
Menurut para ahli menyatakan bahwa menangis merupakan proses keluarnya air mata dikarenakan faktor emosi misalnya bahagia, terharu, sedih, emosi, dan juga marah. Jadi menangis menandakan suasana hati seseorang yang akan membantu tubuh menjadi lebih rileks, membantu melepaskan energi negatif dengan alami.


Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh


Menangis yang sering dianggap sebagai tanda kelemahan, kecengengan ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia. Dan inilah berbagai Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh yang perlu anda semua ketahui.


menangis
Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh


Mengeluarkan racun


Menangis dapat mengeluarkan toksin atau racun di dalam tubuh yang berbahaya karena jika racun tersebut tidak dikeluarkan akan mengendap dan membahayan kesehata tubuh.  Selain itu dengan menangis juga dapat mengeluarkan zat berbahaya yang ada dalam mata serta menjadi pembersih dan pelumas kotoran yang ada pada mata.

Mencegah penyakit jantung


Sebuah penelitian menunjukkan dimana orang yang tidak mampu menagis ketika mengekspresikan masalahnya atau rasa sakit akan cendrung terkena penyakit jantung. Jadi jika merasa sedih, kacau, stress maka jangan malu untuk melampiaskan dengan menangis. Karena jika ditahan dan merasa malu untuk menangis justru akan berdampak tidak baik bagi kesehatan dan jiwa.  Dengan meluapkan apapun masalahnya jika ingin menangis maka menangislah maka akan mampu mencegah penyakit jantung.

Menurunkan stress



Menangis juga dapat menurunkan tingkat stress karena pada saat menangis tubuh mampu mengeluarkan hormon serta bahan kimia yang menyebabkan stress. Jadi dengan keluarnya air mata maka zat tersebut akan kelaur sehingga setelah menangis akan membuat perasaan menjadi lebih rileks, lega dan stressnya hilang. Sebaliknya jika ingin menangis namun ditahan maka dapat mengganggu kesehatan tubuh lainnya seperti  jantung bermasalah, darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Detox


Detok merupakan proses keluarnya zat atau racun yang tidak berguna dan membahayakan tubuh dan salah satu detox gratis adalah dengan menangis. Menurut penelitian menyatakan bahwa keluarnya air mata karena kesedihan, emosi, stress mengandung zat yang lebih berbahaya dan beracun dibandingkan dengan air mata karena iritasi atau gatal-gatal.  Jadi hal tersebut berarti air mata yang keluar karena emosi, stress, sedih dapat mengeluarkan racun serta limbah yang berbahaya dari tubuh kita.

stress
Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh


Menenangkan pikiran


Menangis adalah suatu respon cepat emosional dari dalam tubuh terhadap suatu hal. Dimana ketika menangis tubuh akan memproduksi zat endorfin. Zat endofrin atau dinamakan hormon bahagia yang bekerja menyeimbangkan emosi, pikiran, dan mood.  Pada saat air mata keluar dari mata maka akan membuat kemampuan tubuh lebih stabil dan memberikan dampak yang baik bagi pikiran. Selain itu menangis  bermanfaat bagi psikologi seseorang yang mampu menguatkan hati agar bisa menjadi pribadi yang lebih tegar.


Mencegah flu pilek


Flu disebabkan karena bakteri masuk dalam tubuh dengan berbagai cara salah satunya melalui mata. Menangis bermanfaat mencegah terjadinya penyakit seperti flu dan pilek dimana air mata yang keluar mengandung lisozim fluida yang dapat membantu membunuh bakteri hingga 95 % hanya dalam beberapa menit.  Seperti halnya hidung yang terdapat rambut halusnya yang berfungsi menyaring bakteri dan kuman yang masuk begitu halnya air mata menjadi pelindung dan mencegah terjadinya penyakit masuk dalam tubuh.


menangis
Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Membunuh bakteri


Air mata ternyata dapat bermanfaat sebagai anti-bakteri yang sangat alami karena di dalam air mata terdapat kandungan lisozom yang dapat membunuh bakteri dengan cepat. Bakteri bisa di datang dari mana saja seperti bersin, memegang sesuatu, dan lainnya.  Sehingga dengan menangis mampu membunuh bakteri jahat yang akan masuk melalui mata.

Itulah beberapa Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh yang sangat luar biasa. Jadi mulai sekarang jika ingin menangis ya menangis saja jangan sekali-kali ditahan karena jika ditahan malah menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan.  Jangan hirauan orang yang menganggap menangis itu sifat cengeng, manja, dll karena orang yang beranggapan begitu mngkin belum membaca artikel ini. He..hee.. nah selain itu tertawa juga menyehatkan lo selengkapnya bisa baca artikel ini Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan dan untuk mengetahui berita terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google +

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing