Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan – Srikaya adalah buah dengan nama latin Annona Squamosa yang juga disebut juga dengan buah mona atau nona.  Buah ini dapat tumbuh subur di daerah tropis dengan bentuk yang sangat khas dan unik yakni berbentuk bulat namun pada kulitnya tidak halus dengan tonjolan-tonjolan yang senada memenuhi semua kulitnya. Daging buahnya  berwarna putih ketika matang akan terasa sangat manis. Sehingga menjadikan buah ini menjadi salah satu buah favorit banyak orang.

srikaya
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Buah srikaya ini pun keberadaannya sangat mudah ditemui baik ditoko buah, pasar, bahkan dipekarangan rumah banyak orang menamnya. Menanam pohon buah ini pun tidak begitu sulit jadi banyak yang menanam untkuk dikonsumsi sendiri atau[un dijual di pasar. Dan ternyata selain manis dan enak buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Di dalam buah srikaya terdapat berbagai kandungan nutrisinya yang dibutuhkan tubuh seperti gula buah, niasin, magnesium, asam amino, mucilago, potasium, dan juga terdapat tanin pada srikaya muda.  Srikaya juga memiliki berbagai gizi di dalamnya seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin C, B1, zat besi, kalsium, serta fosfor.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan


buah srikaya
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Berbagai kandungan yang terdapat dalam buah srikaya menjadikan buah ini menjadi salah satu buah yang baik untuk tubuh. Simak terus ulasannya di alasehat.net

Menurunkan kolesterol tinggi


Kandungan niasin pada buah srikaya yang tinggi  dapat membantu menurunkan kolesterol. Mengkonsumsi buah srikaya dengan teratur akan mengurangi kolesteol tinggi dalamm tubuh.

Obat diare


Kandungan berbagai mineral dan vitamin pada buah srikaya dapat mengobati diare. Jika anda terkena diare bisa langsung mengkonsumsi buah ini dengan teratur hingga diare sembuh.

Baik bagi penderita diabetes


diabets
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Kabar baik bagi penderita diabetes dimana buah srikaya ini menjadi buah yang bisa dikonsumsi setiap hari. Hal tersebut karena di dalam srikaya mengandung serat yang tinggi. Dimana serat dalam buah ini dapat menyerap serta memperlambat gula darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi diabetes dengan efektif.

Melancarkan pencernaan


Buah yang kaya akan serat ini juga baik dikonsumsi sehari-hari untuk emmbantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Buah ini pun baik bagi penderita konstipasi.

Mencegah penyakit asma


asma
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Penyakit asma merupakan penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan. Kandungan vitamin C dalam buah srikaya dapat membantu mencegah penyakit asma yang efektif. Hal tersebut karena vitamin C dalam buah ini berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh.

Mencegah penyakit stroke dan jantung


Kandungan vitamin B pada buah srikaya mmapu mencegah meningkatnya pertumbuhan  homocystein dalam tubuh. Jika homocystein dalam tubuh meningkat dalam jumlah yang besar akan mengakibatkan munculnya penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan tekanan darah tinggi


darah tinggi
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Menderita darah tinggi jika tidak segera diatasi akan membahayakan kesehatan tubuh yang lebih serius. Buah srikaya bisa menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh penderita hipertensi untuk membantu menurunkannya agar tekanan darah menjadi normal kembali. Hal ini dikarenakan dalam buah ini mengandung potasium yang dapat berfungsi menurunkan tekanan darah.

Ternyata selain buahnya, bagian lain dari tanaman srikaya ini dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Bagian laindari poon srikaya  tersebut diantaranya, daun, batang, kulit, biji buah, serta akarnya pun dapat digunakan untuk obat herbal alami. Jadi hampir keseluruhan yang ada di tanaman srikaya ini dapat bermanfaat, sedikit akan kami uraikan berberapa manfaat dari bagian tanaman srikaya tersebut.


Manfaat kulit pohon srikaya


Kandungan yang ada dalam kulit pohon srikaya seperti flavonida, borneol, kamphor, alkaloid anonain, serta terpene. Adapun fungsi batang pohon srikaya yakni dapat mengobati diare serta dapat dijadikan obat luar seperti luka yang berdarah.

Manfaat akar pohon srikaya


Dalam akarnya terdapat kandungan seperti saponin, alkaloid anonain, tanin, terpen, flavonoid, borneol, serta polifenol. Dari kandungan yang ada di dalamnya akar pohon srikaya ini dapat berfungsi untuk mengobati sembelit, meringankan depresi, mengobati disentri, serta meringankan nyeri tulang punggung.


pohon buah srikaya
Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Manfaat daun buah  srikaya


Dalam daun buah srikaya juga memiliki kandungan yang bermanfaat diantaranya hidroksi, alkaloid tetrahidro isokuinolin, hidroksibenzil, serta tetrahidroisokinolin. Untuk manfaatnya daun buah srikaya dapat mengobati kutu pada rambut, cacingan, disenteri, diare, rematik, demam, batuk, menurunkan asam urat, menurunkan tekanan darah tinggi, serta dapat dijadikan obat luar seperti kudis, luka, borok, bisul, dll.

Manfaat biji buah srikaya


Dalam biji buah srikaya mengandung senyawa poliketida serta berbagai senyawa lainnya seperti asegotenin, asam amino, protein, asam lemak, bistetrahidrofuran, dll. Untuk manfaatnya biji buah srikaya dapat dijadikan obat herbal mengobati cacingan pada anak, mengatasi pencernaan lemah, membunuh kutu pada kepala serta membunuh serangga.

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan tubuh tersebut memang cukup banyak selain itu semua bagian dari tanaman buah srikaya pun dapat dimanfaatkan menjadi obat herbal tradisional dalam mengatasi berbagai gangguan yang terjadi dalam tubuh manusia. Anda pun dapat menambahkan buah ini menjadi buah sehari-hari karena selain rasanya yang enak, manis juga memiliki manfaat luar biasa.  Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru yang pastinya bermanfaat bagi kita khususnya dalam menjaga kesehatan tubuh dengan alami. semoga bermanfaat jangan lupa like dan share ya guys 

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing