Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan – Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang banyak dijumpai di Indonesia. Kumis kucing memiliki nama ilmiah orthosiphon aristatus masih dalam keluarga lamicaeae. Tanaman ini aslinya berasal dari negara Afrika lalu menyebar hingga ke Australia dan Asia termasuk Indonesia.  kumis kucng dapat tumbuh dengan subur di daerah tanah yang gembur, berhumus, subur, serta udara dan tata air yang baik.


kumis kucing
Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Tanaman kumis kucing ini merupakan tanaman obat herbal yang mampu dimanfaatkan untuk menjaga dan mengobati beberapa gangguan kesehatan dari penyakit ringan hingg berat. Bagian tanaman kumis kucing yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh terdapat pada daunnya. Hal tersebut dikarenakan dalam daun kumis kucing terdapat berbagai kandungan senyawa baik yang diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia. kandungan senyawa tersebut diantaranya glikosida arthosiponin, oksalat, kalium, fosfor, minyak atsiri, sinensetin, saponin, kalium, zat samak, sapofonin, mioinositol. Kandungan tersebut  mampu mengobati berbagai masam penyakit dalam tubuh manusia dengan efektif tanpa ada efek samping yang membahayakan tubuh.

Kini daun kumis kucing pun dijadikan bahan untuk obat herbal dalam bentuk ramuan dan di jual ditoko-toko obat. Manfaat daun kumis kucing memang sangat banyak sekali dan yang paling populer adalah untuk menyembuhkan penyakit kencing batu. Untuk mengetahui lebih lengkapnya manfaat kumis kucing untuk kesehatan tubuh manusia selengkapnya akan di ulas di alasehat.net.

Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan


Daun Kumis Kucing
Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan tubuh manusia yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut.


Mengobati rematik


Rematik merupakan penyakit  pada otot, persendian, serta urat yang mana biasanya penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri, peradangan, dll. Untuk mengobati rematik dengan cara alami bisa menggunakan daun kumis kucing. Daun kumis kucing dapat meringankan rasa sakit , peradangan, serta dapat mengembalikan fungsi persendian menjadi lebih baik. Penyakit ini terjadi karena berbagai faktor seperti faktor genetik, perubahan hormon, karena virus. Dan akan ditandai dengan kaku pada persendian, timbulnya rasa nyeri bagian tubuh anggota gerak, otot melemah, sendi goyah, dll.  

Untuk mengobati rematik dengan daun kumis kucing yakni dengan merebus daun kumis kucing 5 lembar ditambah dengan daun meniran dan rebus menggunakan 3 gelar air hingga mendidih dan airnya mulai menyusut. Angkat saring dan minumlah air rebusan tersebut setiap hari 3 x dalam sehari dengan aturan setiap kali minum ½ gelas.


rematik, asam urat
Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan


Mengobati asam urat


Asam urat merupakan penyakit yang hampir mirip dengan rematik karena penyakit ini juga menyerang pada organ persendian terutama pada jari tangan, kaki, pergelangan tangan, dengkul, dan siku.  Terjadinya penyakit ini karena kelebihan zat purin di dalam tubuh. Nah, jika asam urat ini tidak segera diatasi maka tubuh akan kelebihan kadar asam urat yang akan membahayakan tubuh. Hal tersebut membuat ginjal tidak dapat mengeluarkan zat purin tersebut yang akan mengakibatkan kristal asam urat akan menumpuk pada persendian. Hal tersebut akan menyebabkan rasa nyeri, peradangan dan bengkak. 

Penyakit ini biasanya ditandai dnegan gejala seperti ngilu pada persendian, sendi memerah, dll dan biasanya akan terasa pada pagi hari setelah bangun pagi. Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus daun kumis kucing segar sekitar 5 lembar dengan 1 gelas air hingga mendidih dan menyusut. Minumlah air rebusannya tersebut dengan teratur dalam 3x sehari.

Mengobati kencing batu


kencing batu
Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Ini dia manfaat dari daun kumis kucing yang populer di kalangan masyarakat luas. Kencing batu juga sering disebut dengan batu ginjal ini adalah suatu penyakit yang berupa obstruksi, infeksi, metaplasia,  serta rasa sakit pada saluran kemih.  Batu ginjal atau kencing batu adalah massa keras mirip seperti batu yang ada  dalam saluran kemih.  Adapun gejala dari penyakit ini adalah rasa nyeri pada daerah antara tulang pinggang dan tulang rusuk menyebar pada perut, mual, demam, perut menggelembung, adanya pendarahan pada air kemih. Dalam mencegah penyakit ini disarankan untuk menghindari menuman suplemen. 

Untuk cara mengobati kencing batu menggunakan daun kumis kucing yakni dengan merebus daun kumis kucing segar sebanyak 90 gr pada 100ml air sampai mendidih dan airnya berkurang hingga tersisa setengahnya. Angkat, saring dan minum air rebusannya setelah dingin lakukanlah dnegan teratur setiap 3 x dalam sehari.

Mengobati diabetes


diabetes
Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Diabetes atau penyakit gula ini menjadi salah satu penyakit yang tergolong mematikan. Penyakit ini terjadi karena faktor keturunan, juga bisa dikarenakan kadar gula berlebih di dalam darah. jika akdar gula berlebih pankreas tidak dapat memproduksi  insulin yang diperlukan tubuh. Gejala penyakit ini sangat beragam sesuai dengan tipe diabetes yang diderita oleh pasien. Secara umum gejala diabetes ditandai dengan buang air kecil yang terlalu sering dengan jumlah yang berlebih, menurunnya berat badan, jika terluka sulit untuk sembuh, mudah haus, mudah lelah, serta seringnya kesemutan. 

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah seperti  banyak mengkonsumsi makanan rendah lemak dan kalori, menjaga berat badan agar tetap normal dan ideal, dan sering melakukan olahraga. Jika sudah terkena penyakit ini salah satu cara mengobatinya dengan cara menggunakan ramuan dari  daun kumis kucing. Untuk cara pembuatan ramuannya dengan merebus daun kumis kucing sekitar 15 lembar dengan 2 gelar air hingga mendidih dan menyusut. Minum ramuan tersebut setiap 1 x dalam sehari dengan teratur.


Mengobati hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat diobati dengan menggunakan daun kumis kucing. Penyakit ini terjadi karena cairan darah begitu kuat menekan arteri di dalam tubuh. Dimana darah yang dipompa menuju jantung semakin banyak maka arteri akan menyempit sehingga tekanan darah menjadi naik. Hipertensi sering ditandai dengan gejala-gejala seperti pusing, wajah memerah, lelah, dan mimisan. Memang dalam mengobati hipertensi bisa dengan menggunakan berbagai obat herbal alami salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan daun kumis kucing. 

Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus daun kumis kucing kering sekitar 50gr dengan air . rebus juga daun kumis kucing yang segar sekitar 50gr menggunakan air panas. Lalu campurkanlah kedua rebusannya tersebut minum 1 gelas setiap harinya dengan teratur. Untuk menghindari penyakit ini ada beberapa hal yang harus dilakukan yakni mengurangi konsumsi garam atau makanan yang banyak mengandung garam, jangan merokok, hindari stress, olahraga, banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Mengobati radang ginjal


radang ginjal
Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Organ ginjal berfungsi menyaring dan mmebuang sampah yang ada di dalam tubuh. Jika ginjal bermasalah maka dapat mengakibatkan berlebihnya cairan yang ada di dalam tubuh. Radang pada ginjal ditandai dengan beberapa gejala seperti air kencing berkurang berwarna keruh serta bercampur darah berwarna kemerahan, sakit pinggang, demam, pelupuk mata  bengkak, perut buncit dan juga kaki serta tangan bengkak. 

Cara mengobati radang pada ginjal dengan menggunakan daun kumis kucing yakni dengan merebus daun kumis kucing yang masih segar sebnayak 120gr dengan 3 gelar air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas air. Minum ramuannya dengan teratur 3 x setiap hari.

Manfaat lain dari daun kumis kucing adalah dapat melancarkan keluarnya air seni atau air kemih, mengobati batuk, masuk angin, sembelit, sakit pinggang, serta mengobati gatal karena alergi. Begitu banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari sebuah daun kumis kucing.

Itulah berbagai Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan tubuh manusia yang bisa dijadikan salah satu obat herbal alami tradisional yang sangat efektif dan ampuh dalam mengatasi masalah kesehatan. Nah, bagimana ajaib kan tanaman ini,? Untuk selalu mendapatkan berita terbaru yang bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing