Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan – Beras secara umum terdapat beberapa jenis yakni beras merah, beras putih, dan beras hitam. Dan dari semua jenis beras yang sering dikonsumsi oleh masyarakat adalah beras putih selain itu yang banyak ditanam oleh para petani adalah beras putih. Jadi tak heran jika beras hitam juga sedikit langka dan susah ditemukan tidak seperti beras putih yang mudah dijumpai. 

Di Indonesia sendiri sebagian masyarakatnya lebih tau tentang ketan hitam daripada beras hitam. Walaupun memiliki warna yang sama-sama hitam namun keduanya memiliki sifat dan tekstur yang berbeda. Dari segi rasa beras hitam tidak pulen seperti beras putih dan waktu untuk memasaknya lebih lama dan ketika matang beras hitam akan mengeluarkan aroma yang khas. 


beras hitam
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Namun, beras hitam ini sangat populer di berbagai negara seperti Amerika Serikat yang mana pemakaian beras hitam sudah ada sejak tahun 1990. Bahkan  masyarakat China juga mengkonsumsi beras hitam ini sudah sejak ribuan tahun lalu, pada saat itu beras hitan sudah disediakan dan dikonsumsi oleh orang dengan golongan tertentu seperti golongan orang kaya, keluarga kerajaan atau kaisar. 

Beras hitam ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia karena di dalamnya terdapat banyak sekali kandungan nutrisinya. Kandungan nitrisi tersebut sangat baik untuk tubuh dalam menjaga dan mengatasi gangguan pada tubuh. Nutrisi yang terdapat dalam beras hitam diantaranya adalah energi, serat, karbohidrat, asam lemak, zinc, lemak, vitamin B6, tryptophan, valine, tyrosine, riboflavin, threonine, sodium, thiamin, asam lemak, air, asam aspartic, alanine, argirine, ash, kalsium, cystine, copper, folate, asam glutamic, zat besi, glycine, histidine, isoleucine, leucine, magnesium, mangan, niacin, lysine, asam panthotenic, fosfor, methionine, proline, potasium, sodium, serine, protein, serta phenylalanine.  Itulah berbagai kandungan yang ada dalam beras hitam, jadi hal itulah mengapa beras hitam lebih sarankan untuk dikonsumsi. 

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan


beras hitam
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Para pakar penelitian pun juga menyatakan bahwa beras hitam memiliki keunggulan tersendiri khususnya dari segi nutrisinya dibandingkan dengan jenis beras lainnya seperti beras putih atau merah. Berikut beberapa Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan yang akan diulas di alasehat.net

Sebagai antioksidan


Beras hitam mempunyai warna hitam mengindikasikan adanya kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat pada dedaknya atau pada bagian paling luar dari gabah atau biji padinya. Menurut dari beberapa penelitian bahwa dalam beras hitam mengandung antosianin dan tidak ada pada beras jenis lainnya. Kandungan tersebut dapat berfungsi menurunkan resiko kardiovaskular, peradanganm, melindungi dari radikal bebas, serta meningkatkan kinerja otak.  Selain itu dalam beras hitam juga terdapat vitamin E yang dapat menjaga kesehatan mata, kulit, meningkatkan sistem imun pada tubuh, dll. 

Menjaga kesehatan jantung


jantung sehat
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Penyakit jantung kahir-akhir ini menjadi penyakit yang sering terjadi dan menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Nah, mengkonsumsi beras hitam akan membantu menjaga kesehatan jantung agar tetap dapat bekerja dengan baik dan kesehatan jantung dapat terlindungi sehingga terhindar dari penyakit jantung atau stroke. Hal tersebut karena dalam beras hitam terdapat kandungan antosianin fitokimia yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat dan menormalkan kolesterol dalam darah. sehingga mengurangi terjadinya plak aterosklerosis pada arteri sehingga mengkonsumsi beras hitam dapat menjaga kesehatan arteri dengan baik.

Mengobati diare


Penyakit diare dapat diobati dengan mengkonsumsi beras hitam karena di dalamnya mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat juga dapat memudahkan tubuh untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan dan juga menambah kepadatan tinja. Jadi mengkonsumi beras hitam dapat mencegah dan mengobati diare dengan efektif.

Menurunkan resiko diabetes


diabetes
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Salah satu makanan agar terhindar dari diabetes adalah dengan mengkonsumsi beras hitam. Dimana dalam beras hitam terdapat antioksidan dan nutrisi penting lainggta yang mampu menghambat penyerapan gula darah. Selain itu kandungan seratnya juga membantu menyerap glukosa dalam jangka waktu yang lama. Beras hitam juga bisa menjadi makanan yang tepat bagi penderita diabetes type 2  selain itu juga dapat meningkatkan energi dan menjaga berat badan lebih seimbang. 

Mencegah kanker


Kandungan antosianin yang cukup tinggi dalam beras hitam dapat berfungsi mencegah penyakit kanker. Telah diketahui kanker menjadi penyakit yang membahayakan bahkan bisa mematikan saat ini. Jadi tidak ada salahnya anda mengkonsumsi beras hitam setiap hari. Menurut beberapa penelitian juga menyatakan bahwa kandungan antosianin menjadi antioksidan yang kuat yang dapat mencegah penyakit kanker menyerang tubuh manusia.

Mengobati anemia


Beras hitam emngandung zat besi yang tinggi dan zat besi merupakan unsur penting untuk pembentukan hemoglobin. Hal ini yang menjadikan beras hitam dapat dijadikan obat untuk anemia dan sangat dianjurkan bagi penderita anemia untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi salah satunya beras hitam. 

Mencegah penuaan


Masih terkait dengan kandungan antioksidan yang ada dalam beras merah. Antioksidan memang memiliki peran penting dalam tubuh manusia selain mencegah penyakit kanker dan penyakit lainnya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.  Kandungan antioksidan dapat berperan memperbaiki sel tubuh yang rusak sehingga seseorang akan terlihat awet muda dan lebih segar. 

Mencegah obesitas atau kegemukan


obesitas
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan


Mengkonsumsi beras hitam akan memberikan efek kenyang lebih lama jadi beras hitam ini dapat mencegah kegemukan atau obesitas dan baik bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Beras hitam dapat menurunkan berat badan selain itu kandungan seratnya dapat membersihkan toksin atau racun dalam tubuh, mengurangi peradangan, dan membersihkan plak pada arteri. Hal ini dapat mencegah terjadinya obesitas, penyakit jantung seperti yang disebtkan diatasm serta gangguan pencernaan. 

Menjaga kesehatan sistem pencernaan


Kandungan serat yang tingg dalam berat hitam dapat membuat sistem pencernaan akan selalu sehat karena serat dapat mengikat racun dan sisa pencernaan pada saluran pencernaan.  Kemudian, serat tersebut akan membantu dalam mengeluarkan racun serta limbah dari dalam tubuh. Jadi, kandungan serat yang ada dalam beras hitam memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan usus.

Cara pengolahan Beras Hitam 


nasi beras hitam
Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Untuk cara pengolahan beras hitam ini sedikit berbeda dengan mengolah beras putih. Memasak beras hitam membutuhkan waktu yang sedikit lama daripada beras putih karena dalam beras hitam mempunyai tingkat kepadatan tinggi. Berikut cara mengolah beras hitam yang bisa anda lakukan sebagai makanan sehari-hari dalam usaha   menjaga kesehatan tubuh.

  • Pertama rendam beras hitam semalaman sebelum dimasak, hal ini agar proses memasak lebih cepat. Selain itu dengan merendam beras hitam sebelum dimasak juga akan memudahkan dalam proses penyerapan nutrisi yang ada pada beras hitam tersebut.
  • Setelah direndam semalaman bilas dengan air bersih dan rebus beras dengan air bersih hingga matang atau empuk. Nasi beras hitam siap dikonsumsi sebagai saah satu cara untuk menjaga  kesehatan tubuh dengan alami.

Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan tubuh manusia memang sangat besar jadi anda bisa menjadikan nasi beras hitam menjadi makanan pokok pengganti nasi putih. Memang aroma dan rasanya tidak seperti beras putih namun khasiatnya sangat baik bagi tubuh. semoga informasi ini bermanfaat dan untuk mendapatkan berita terbaru lainnya bisa berlangganan di facebook dan google +. Jangan lupa like dan share ya guys...!! Baca pula Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing