Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Jeruk  untuk Kesehatan – mengkonsumsi berbagai jenis buah biasanya akan diambil pada bagian daging buahnya dan pada bagian kulitnya akan dibuang karena dianggap sebagai sampah dan tidak berguna. Salah satu buah yang baik dan sering dikonsumsi adalah buah jeruk. Biasanya ketika makan buah jeruk pasti dunk yang dimakan adalah dagingnya namun tak disadari jika kulit buah ini juga memiliki manfaat yang sangat hebat dan luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia.


Kulit Jeruk
Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kulit jeruk memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, dari mereka hanya mengetahui yang memiliki manfaat adalah daging buahnya. Jadi jika anda memakan buah jeruk lebih baik untuk tidak dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat diolah dan dijadikan minuman yang membantu menyehatkan tubuh.

Memang manfaat buah jeruk tidak diragukan lagi karena di dalamnya terdapat sumber vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.  Sedangkan pada kulit jeruk juga memiliki kandungan yang tidak kalah dengan daging buahnya seperti vitamin C, serat, minyak atsiri, linalil, sitronela, lonalol, terpinol, zat pektin, limonen dan senyawa lainnya. Kandungan tersebut memiliki peran untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui ulasan lengkapnya ikuti terus di alasehat.net


Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan


kulit jeruk
Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Kandungan yang ada dalam kulit jeruk tersebut diatas bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut.

Mencegah kanker


Kulit jeruk ternyata memberikan manfaat luar biasa sebagai pencegah kanker khususnya kanker paru-paru, usus dan kanker kulit.  Kandungan flavonoid yang ada dalam kulit jeruk dapat bekerja membantu vitamin C  dalam mengahambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. sebuah penelitia menyatakan bahwa kulit jeruk mampu mengurangi karsinoma sel skuamosa penyebab terjadinya penyakit kanker kulit.  Orang yang teratur mengkonsumsi kulit jeruk akan memiliki resiko penyakit kanker paru-paru, usus, atau kanker kulit lebih rendah daripada yang tidak mengkonsumsi kulit jeruk atau hanya mengkonsumsi daging buahnya saja.

Mengobati penyakit maag


Penyakit maag juga dapat diobati dengan memanfaatkan kulit jeruk. Keulit jeruk dapat menghilangkan rasa mulas pada perut dengan cepat. Sebuah penelitian juga menyatakan dimana dalam kulit jeruk terdapat bahan kimia yang aktif dalam membantu mengurangi rasa mulas dalam perut. Mengkonsumsi kulit jeruk dengan teratur selama 20 hai berturut-turut akan meringankan penyakit maag biasa ataupun kronis.


maag
Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Mengobati gangguan pencernaan




Mengalami gangguan pada sistem pencernaan sepert, perut kembung, mulas, sembelit, iritasi pada usus, dan masalah pencernaan yan lain dapat diobati dengan menggunakan kulit jeruk. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang cukup tinggi dalam kulit jeruk yang mampu berfungsi melancarkan sistem pencernaan dengan baik sehingga terhindar dari gangguan pencernaan. Untuk mengolah kulit jeruk menjadi minuman segar dalam menjaga dan mengobati gangguan pada pencernaan dengan cara menyeduh kulit jeruk kering dalam air panas dan minum airnya dengan teratur.

Mengurangi kolesterol


kolesterol
Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Kolesterol tinggi di dalam tubuh dapat mengganggu kesehatan tubuh maka dari itu usaha untuk mengurangi atau menurunkan kadar kolesterol jahat bisa dengan memanfaatkan kulit jeruk. Kulit jeruk mampu menurunkan kolesterol dengan efektif dan cepat karena kulit jeruk dapat bekerja melarutkan kolesterol jahat dan trigliserida yang bisa menghambat aliran darah kejantung. Maka dari itu jika kolesterol tinggi tidak segera diatasi akan mengakibatkan penyakit lainnya mucul. Mengkonsumsi kulit jeruk dengan teratur sebagai cara yang tepat dan efektif dalam mengatasi kolesterol tinggi.

Mangobati masalah sistem pernapasan


batuk
Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Salah satu cara menjaga dan megobati masalah pada sistem pernapasan seperti batuk, pilek, asma, bronkhitis, paru-paru dapat diatatasi dengan menggunakan kulit jeruk. Kandungan vitamin C nya dapat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selain itu vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah terjadinya gangguan pada pernapasan. Mengkonsumsi minuman dari kulit jeruk kering yang diseduh dengan air panas dapat melegakan tenggorokan, melegakan hidung tersumbat dna membuat sistem pernapasan menjadi lebih baik.

Menurunkan berat badan


diet
Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Satu lagi ini kabar baik bagi mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan dengan sehat, alami danbebas dari obat-obatan yang di dalamnya ada kandungan bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh baik dalam jangka panjang atau jangka pendek. Menurut pakar kesehatan bahwa kulit jeruk memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme sehingga dapat membakar kalori yang cukup banyak sehingga akan membantu menurunkan berat badan dengan mudah.

Secara umum dalam mengkonsumsi kulit jeruk untuk mengatasi dan menjaga kesehatan seperti yang dijelaskan diatas bisa dilakukan dengan membuat kulit jeruk dengan berbagai olahan seperti minuman, manisan, ataupun bisa dimakan secara langsung. Untuk membuat minuman bisa dengan mengeringkan kulit jeruk dan diseduh dengan air panas lalu diminum, jika dibuat manisan yakni kulit jeruk yang kering bisa ditambahkan dengan gula dan dimakan dech.

Itulah Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan yang perlu diketahui. Menjaga kesehatan tubuh dan mengobati berbagai masalah pada tubuh sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Untuk itu kita harus lebih banyak membaca dan mencari informasi tentang manfaat  dari bahan-bahan alami untuk kesehatan tubuh karena dengan menjaga dan mengobati penyakit dengan menggunakan bahan yang alami tubuh akan menjadi lebih sehat dan tidak ada efek samping yang membahayakan tubuh. Untuk selalu mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat dari alam dan pengobatan secara tradisional bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Yuuk jangan lupa like dan share agar banyak yang mengetahuinya. Baca pula Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing