Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan – Biji selasih merupakan biji dari dari bunga kemangi yang biasanya digunakan untuk campuran minuman segar. Biji selasih ini didapat dari biji kemangi yang telah kering berwarna hitam dan bentuknya kecil-kecil. Ketika ingin menggunakannya terlebih dahulu biji selsih ini direndam dengan air hingga mengembang dan muncul selaput berwarna putih atau bening.


biji selasih
Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Ternyata biji selasih tak hanya bisa digunakan untuk campuran minuman segar seperti es, pudding, jus, atau jelly  saja, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Di dalam biji selasih terdapat berbagai kandungan nutrisi yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Nutrisi dalam biji selasih tersebut diantaranya adalah mineral, karbohidrat, vitamin, serat, dan lemak. Selain itu juga terdapat berbagai sneyawa kimia seperti tymol, metal eugenol, dan eugenol.

Jadi, tak dipungkiri jika biji selasih selain dijadikan minuman segar juga dapat dijadikan obat herbal alami yang sangat berkhasiat bagi tubuh kita. Lantas apa saja manfaatnya? Ikuti terus ulasannya di alasehat.net

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan


Berikut ini adalah berbagai manfaat biji selasih yang bisa kita dapatkan untuk menjaga dan mengatasi masalah kesehatan tubuh.


alasehat.net
Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan


Mengobati batuk


Biji selasih mempunyai kandungan antispasmodik yang bisa membantu mengatasi batuk rejan.  Memanfaatkan biji selasih sebagai obat batuk atau ekspektoran dapat dilakukan dengan mencampurkan biji selasih kedalam secamgkir teh. Cara ni juga akan meredakan dan mengencerkan dahak.

Menurunkan kadar gula


Bagi penderita diabetes khususnya tipe-2 bisa mengkonsumsi biji selasih karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah dengan efektif. Selain itu biji selasih juga dapat mengontrol dan meningkatkan nafsu makan anda.


Menguatkan tulang


tulang kuat
Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Biji selasih mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi penyakit arthritis. Kandungan kalsium dalam biji selasih dapat bermanfaat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi biji selasih juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau tulang keropos.

Mengatasi gangguan pernapasan


Memiliki gangguan pada sistem pernapasan bisa menggunakan biji selasih yang dicampur dengan jahe. Cara atau ramuan ini dapat membantu mengobati masalah pada sistem pernapasan seperti bronkitis serta penyakit asma. Atau bisa dengan cara merebus jahe dan biji selasih beberapa menit kemudian saring bisa ditambahkan madu dan minum setiap hari dengan teratur.


tanaman selasih
Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Mengobati sembelit


Efek karminatif yang dihasilkan biji selasih dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan dalam tubuh seperti kram perut, sembelit, perut kembung, serta BAB tak lancar. Untuk memanfaatkan biji selasih bisa dengan membuat ramuanna dengan merebus biji selasih ditambah dengan madu dan minum selagi hangat pada pagi dan malam hari. Ukuran membuat ramuannya 5 gr biji selasih, 200cc air dan 1sdm madu. Ramuan ini juga bisa mengatasi masalah radang pada lambung.

Meningkatkan sistem imun


Imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi biji selasih. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam biji selasih inilah yang dapat berfungsi meningkatkan dan menguatkan sistem kekebalan pada tubuh. Vitamin C ini juga menjadi antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh kita yang bisa menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Meredakan stress


stress
Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Biji selasih memiliki efek menenangkan yang bisa berfungsi mengobati kelelahan, migrain, syaraf tegang, depresi, dan juga memperbaiki suasana hati.  Selain itu biji selasih juga sering dijadikan bahan aromaterapi.  Cara membuat ramuannya dengan menyeduh biji selasih ke dalam air panas dan minum setiap hari dengan teratur.

Menghaluskan kulit


Biji selasih ternyata juga bisa dijadikan perawatan kecantikan yang alami untuk menghaluskan kulit. Caranya cukup menumbuk biji selasih campurkan air dingin aduk dan gunakanlah sebagai masker alami untuk wajah atau kulit tubuh lainnya diamkan 15 menit lalu bilas dengan bersih. Untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan bisa melakukannya setiap hari dengan teratur.


Baik untuk diet


diet
Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Biji selasih juga bisa dijadikan salah satu cara alami ketika menjalankan program diet sehat dan alami. Kandungan serat yang tinggi dalam biji selasih dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Selain itu juga dapat menyehatkan usus dalam tubuh, hal ini dikarenakan biji selasih dapat memperlambat konversi pati yang diubah menjadi gula dan juga penyerapan toksin.

Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan lainnya yakni untuk menurunkan kolesterol tinggi dan mengobati atau menghancurkan batu ginjal. Nah, untuk mendapatkan manfaat dari biji selasih ini jangan lupa untuk selalu mengkonsumsinya yang bisa dicampurkan dalam berbagai minuman segar. Baca juga artikel ini Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru yang bermanfaat. Monggo di SHARE biar lebih banyak yang mengetahui info bermanfaat ini, terimakasih.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing