Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan – Daun katuk merupakan sayuran yang sering dijadikan masakan yang banyak ditemui di sekitar kita. Daun katuk yang memiliki nama latin Sauropus androgynus ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh dan berkembang di Asia Tenggara. Namun kini banyak negara yang sudah mengkonsumsi daun katuk untuk sayuran bahkan untuk obat herbal. Daun katuk biasanya sering dikonsumsi dan diolah menjadi sayur bening segar atau ditumis.

Daun Katuk
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Daun katuk merupakan jenis tanaman perdu yang masuk dalam suku meniran dan masih satu saudara dengan tanaman cermai, menteng, serta buni. Tanaman katuk  cukup tinggi sekitar 2 atau 3 meter dengan daunnya lonjong berwarna hijau. Biasanya tanaman ini dijadikan pagar hidup disekitar rumah yang rimbun. Tahukah anda jika daun katu memiliki kandungan yang baik untuk tubuh manusia?

Daun katuk yang selama ini dikenal sebagai sayuran ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan dalam daun katuk mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh diantaranya lemak, vitamin A,B,C, K, kalsium, fosfor, protein, saponin, tanin, alkaloid, magnesium, zat besi. Selain itu juga terdapat kandungan kimia di dalamnya yaitu sterol, dan juga efedrin. Kandungan tersebut membuat daun katu menjadi bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lebih lengkapnya simak ulasannya di alasehat.net


Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan


alasehat.net
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat yang ada dalam daun katuk untuk kesehatan tubuh manusia.


Mengobati osteoporosis


osteoporosis
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Kandungan kalsium yang ada di dalam daun katu dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh manusia dan juga dapat mencegah serta mengobati osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

Menyehatkan mata


mata sehat
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Kandungan betakaroten serta vitamin A dalam daun katuk dapat membantu menyehatkan mata secara alami. selain itu mengkonsumsi daun katuk dapat mencegah masalah atau gangguan pada mata.

Mengobati influenza


influenza
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Adanya kandungan zat efedrin mampu berfungsi mengobati influensa dengan efektif dan cepat. Jika anda terkena influenza cobalah gunakan atau konsumsi daun katuk dengan teratur hingga influensa sembuh. Cara mudah dan alami ini tentunya sangat baik bagi tubuh akrena alami dan tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan.


Sebagai antioksidan


Daun katuk mengandung jumlah klorofil yang banyak maka dengan mengkonsumsi klorofil dapat membuat jaringan tubuh terjaga dengan baik. Klorofil dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, mencegah masuknya bakteri, virus, parasit masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan lainnya yakni untuk mengatasi sembelit, mengobati anemia atau kekurangan darah merah, menjaga sistem kekebalan tubuh, mengobati demam, bisul, darah kotor, menyehatkan gusi, mengatur kadar kolesterol, dan dapat mengangkut lemak. jadi daun katuk juga dapat dijadikan sayuran untuk diet. Bahkan di Amerika  daun katuk ini dijadikan untuk pelangsingan tubuh dengancara digoreng, dibuat minuman, serta salat. Minuman daun katuk juga baik untuk mencegah diabetes.


sayur daun katuk
Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

Itulah Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan tubuh, namun perlu diingat bahwa mengkonsumsi daun katuk harus diatur jangan samapai berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh. Hal itu dikarenakan dalam daun katuk terdapat kandungan papaverina yang merupakan alkaloid. Jadi jika berlebihan dapat membuat tubuh keracunan. Maka dari itu mengkonsumsi apapun itu sebaikanya jangan berlebihan dan konsumsilah dengan porsi yang pas dan tepat. 

Tidak hanya daun katuk saja, namun apapun itu jika berlebihan memang tidak baik. Jangan sia-siakan daun katuk hanya sebagai pagar hidup dan sebaiknya anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat informasi ini dan jangan lpa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat. Like dan share ya guys

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing