Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan – Banyak orang mengenal daun salam sebagai  suatu daun yang sering dijadikan untuk penyedap rasa untuk masakan atau pengharum masakan. Daun salam biasanya dicampurkan dalam keadaan yang masih segar atau kering namun yang lebih wangi biasanya memakai yang segar. Daun salam memang menjadi salah satu teman bagi bunda-bunda di dapur. Ternyata tidak hanya sebagai pengharum masakan dimana daun salam juga apat dijadikan obat herbal alami untuk menjaga dan mengobati penyakit pada tubuh manusia.


daun salam
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam tergolong dalam suatu jenis tanaman obat yang bermanfaat bagi kesehatan bahkan juga dapat dijadikan untuk perawatan kecantikan. Hal tersebut karena di dalam daun salam mengandung berbagai mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh manusia. Daun salam telah lama dikenal sebagai obat herbal namun belum sepopuler tanaman obat lainnya dimana daun ini hanya populer sebagai pengharum masakan.

Kandungan yang ada dalam daun salam diantaranya adalah minyak atsiri, tanin, anti-bakteri, anti-jamur, ekstrak etanol, falvonoid, sitral, metil kavikol, equanol, kalori, vitamin A,C, B6, dan B9, serat, karbohidrat, mineral, zat besi,kalsium, mangan, serta folat.  Untuk itu tak heran jika daun salam ini dijadikan salah satu tanaman herbal yang bisa digunakan oleh manusia untuk mengobati beragam jenis penyakit. Untuk megetahu aneka manfaat daun salam selengkapnya akan diulas di alasehat.net


Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan


Kandungan mineral, vitamin serta berbagai senyawa yang ada di daun salam memberikan berbagai manfaat untuk tubuh manusia. Bahkan orang Romawi dan Yunani telah mempercayai tanaman ini sebagai lambang dari berlindungan, kedamaian dan kebijaksanaan. Terlepas dari itu inilah beragam manfaat yang bisa di dapatkan dari daun salam.


Mengobati diabetes


diabetes
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Daun salam terbukti dan ampuh untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2 karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan tersebut  membantu prosesn insulin menjadi lebih baik dan efisien. Selain itu daun salam dapat membantu menurunkan kolesterol, glukosa darah serta trigliserida. Jadi daun salam ini sangat cocok untuk penderita diatabes atau resistensi insulin. Cara penggunaan daun salam untu mengobati diabetes yakni dengan menumbuk halu daun salam hingga menjadi bubuk lalu diseduh selama 30 hari dengan teratur.

Mencegah penyakit kanker


Kandungan quercetin, catechin, asam caffeic, serta equanol dalam daun salam bersifat melindungi dan melawan  beragam jenis kanker. Selain itu kandungan phytonutrientnya dapat berguna menahan poliferasi sel kanker.  Daun salam yang sangat sederhana dan mudah ditemukan ini memiliki kahsiat yang mampu mencegah timbulnya penyakit yang mematikan ini.

Mengobati kolesterol


Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh manusia namun jika banyak dan menumpuk dan berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kolesterol jahat  mempengaruhi kesehatan tubuh manusia, salah satu cara mengatasinya adalah dengan daun salam.  Daun salam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga kolesterol dalam tubuh lebih baik dan normal. Untuk menggunakan daun salam ini bisa dengan merebus daun salam segar dan minum air rebusannya setiap hari 2 kali.

Mengobati asam urat


asam urat
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Asam urat adalah penyakit yang menyerang daerah persendian, dan penyakit ini sering menyerang pada manusia yang berusia lanjut namun juga ada kemungkinan yang muda-muda terkena penyakit ini. Daun salam dapat mengurangi kadar asam urat di persendian sehingga akan mengurangi rasa sakit. Asam urat sendiri disebabkan karena tubuh kelebihan zat purin. Cara mengatasinya dengan cara merebus daun salam dan meminum air rebusannya dengan teratur setiap ahri 2 kali.

Menurunkan tekanan darah tinggi


Darah tinggi atau hipertensi ternyata juga dapat diobati dengan menggunakan daun salam. Daun salam yang mengandung mineral yang baik dapat berfugsi melancarkan peredaran darah serta menurunkan tekanan darah tinggi. Cara menggunakannya yakni dengan merebusnya dan meminum air rebusannya tersebut, untuk lebih manjurnya bisa menambahkan daun saun sambiloto.

Mengobati gangguan ginjal


ginjal
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Jika ginjal mengalami masalah maka segeralah untuk diobati agar tidak menjadi lebih parah. Gangguan pada ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal dapat diobati dengan daun salam. Cara penggunaanya cukup dengan meminum air rebusan daun salam setiap hari 2 kali. Ramuan ini mampu menghambat bahkan menghentikan terbentuknya batu ginjal.


Mengobati ketombe dan rambut rontok


Masalah pada rambut seperti kerontokan, ketombe  bahkan dapat menghilangkan kutu pada rambut. Minyak yang ada pada daun salam ini mampu mengatasi kerontokan dan ketombe dengan efektif. Untuk menghilangkan ketombe dengan daun salam caranya dengan mengeramasi rambut dengan rebusan daun salam lakukanlah dengan teratur hingga kutu rambut pergi untuk selama-lamanya.

Obat batuk


Daun salam sangat ampuh dalam mengobati batuk, infeksi, flu, pilek atau gangguan pernapasan lainnya. Untuk mengobatinya bisa dengan merebus daun salam dan ambil kain bersih rendam dalam air daun salam lalu tempelkan pada dada. Maka gejala flu atau gangguan pada pernapasan akan segera sembuh.

Itulah berbagai Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan tubuh manusia baik untuk penyakit ringan hingga berat. Semoga bermanfaat jangan lupa LIKE & SHARE gratisss... untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing