Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Manfaat Gambir Untuk Kesehatan – Gambir adalah tanaman yang telah dikenal dari jam dahulu yang sering dijadikan salah satu bahan untuk menyirih. Selain itu gambir juga telah menjadi obat herbal tradisional yang dapat mengobati beragam jenis penyakit dalam tubuh manusia. Tanaman gambir di Indonesia tumbuh subur dengan merambat dan cabangnya panjang. Tanaman ini semuanya mengandung duri dan daunnya berbentuk bulat oval dimana pada ujung daunnya runcing seperti sirih. Tangkai daun yang pendek membuat tanaman gambir terlihat begitu lebat dan bunganya bermahkota pink yang terlihat sangat cantik. Dan buah gambir sendiri berada dibagian dalam yang memiliki banyak biji.


gambir
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Gambir memiliki senyawa baik di dalamnya yang dapat dijadikan sebagai obat herbal tradisional untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh. Senyawa penting dan utama yang terdapat pada gambir seperti agen alkaloid atau dinamakan gambir tanin, okso tanin, dihidro tanin, flavonoid, katekin, kuersetin, lemak, merah katekin, serta zat samak katekin.

Gambir sendiri dihasilkan dasri ranting dan daun yang telah dihaluskan dan diberi air panas kemudian didiamkan pada cetakan sampai menjadi endapan yang keras dan berwarna kuning. Pada akhirnya gambir tersebut berwarna hitam kecoklatan atau coklat kekuningan. Untuk pemakaian gambir biasanya dipotong menjadi kecil-kecil atau dihaluskan.

Manfaat Gambir Untuk Kesehatan


gambir
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Gambir yang telah jadi biasanya sering dijadikan untuk menyirih. Kegiatan menyirih telah populer bagi masyarakat Indonesia sudah dari jaman dahulu. Bahkan hingga kini masih ada sebagian masyarakat Indonesia masih tetap memakai gambir untuk menyirih. Untuk mengetahui manfaat gambir selengkapnya ikuti terus ulasannya di alasehat.net

Sumber antioksidan


Daun gambir memiliki kandungan senyawa kimia katekin dimana katekin dapat menjadi sumber antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas berbahaya.  Senyawa katekin yang berperan sebagai antioksidan menjadi suatu komponen alami yang mampu membunuh penyakit di dalam tubuh. Ada beberapa negara seperti Pakistan dan India yang mempercayai gambir ini ampuh untuk merawat kesehatan tubuh.

Obat diare


diare
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Tanaman gambir dapat dijadikan obat diare yang alami dan efektif yang telah ada sejak dahulu. Bagian tanaman yang sering dijadikan obat diare adalah pada ranting dan daunnya. Ranting dan daunnya yang kering lalu dihaluskan dan diseduh seperti menyeduh teh dan minum. Hal ini juga telah dibuktikan pada sebuah studi dan terbukti dimana bagian ranting dan daun gambir memiliki kandungan bahan bakteri yang mampu membunuh bakteri jahat sebagai enyebab diare dalam usus besar.

Obat jerawat


jerawat
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Gambir yang telah diolah menjadi ektrak dengan bentuk yang keras dan padar dapat diolah kembali menjadi sebuah masker wajah. Masker wajah yang terbuat dari gambir tersebut mampu mengobati jerawat dengan cepat. Selain itu kandungan antioksidannya dapat menghilangkan luka bekas jerawat sehingga wajah tetap halus bebas luka. Untuk pemakaiannya cukup dilakukan 2 kali dalam seminggu dan penggunaannya juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya jadi aman.


Mencegah penuaan dini


Gejala penuaan dini akan terlihat dari munculnya bintik hitam, keriput, kusam, berkerut, kasar pada wajah. Untuk mengatasi hal tersebut gambir dapat dijadikan slaah satu solusi yang tepat dalam mencegah penuaan dini. Ekstrak gambir yang telah dijadikan masker dapat dijadikan alternatif perawatan wajah yang alami sehingga mencegah munculnya gejala penuaan dini. Pemakaian masker gambir dapat membuat kulit menjadi lebih segar, halus, dan kencang. Selain itu gambir juga dapat dijadikan bedak.

Mengatasi gangguan mulut


gangguan mulut
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Jika kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik tentu akan menimbulkan berbagai gangguan mulut yang cukup mengganggu seperti bau mulut, sariawan, luka pada gusi, ataupun bibir kering. Gambir ternyata dipercaya dapat mengatasi semua gangguan pada mulut dengan mudah. Sejarah gambir dalam mengobati adanya gangguan pada mulut memang tidak terlepas dari kegiatan menyirih yang telah dilakukan masyarakat dari jaman dulu. Dengan mengunyah gambir langsung atau bisa dengan menumbuk halus gambir dan ditempelkan pada luka akan mengatasi gangguan mulut dengan cepat dan mudah.

Mengobati luka bakar


Ketika kulit tubuh mengalami luka bakar tentu akan menimbulkan rasa perih, kulit menggelembung atau melepuh, serta akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Salah satu cara mempercepat dalam penyembuhan dapat menggunakan gambir. Cara yang perlu dilakukan adalah dengan menumbuk daun gambur dan tempel pada luka. Daun gambir tersebut akan menimbulkan efek dingin sehingga menjadikan luka bakat cepat untuk sembuh serta mampu meminimalisir bekas luka.

Mengobati penyakit maag/lambung


Penyakit maag menyerang organ lambung, jika tidak segera diobati maka dapat menjadi penyakit yang lebih parah sepert maag kronis. Penyakit ini biasanya ditandai pada perut yang melilit serta jika diisi makanan akan terasa perih. Penyakit ini terjadi dikarenakan pola makan tidak baik, suka makanan pedas, dll. Ekstrak gambir yang sering digunakan untuk menyirih dapat dijadikan salah satu obat alami untuk mengobati penyakit maag. Caranya dengan menghaluskan ekstrak gambir kering dan campur dengan sedikit air, madu dan minum setiap 2x dalam seminggu.

Untuk menyirih


nyirih
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan

Gambir memang populer sebagai bahan untuk menyirih. Menyirih itu sendiri merupakan kegiatan mengunyah bagian dan dan batang gambir dan dipercaya mampu menjaga kekuatan gigi terbukti gigi tetap sehat, tidak rapuh, tidak berlubang. Biasanya bahan gambir akan membuat gigi menjadi merah. Tetapi kini kebiasaan ini sudah ditinggalkan oleh para anak muda jaman sekarang karena selain rasa gambir yang unik dan warna merah yang membekas pada gigi pun sulit dihilangkan.

Itulah berbagai Manfaat Gambir Untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui. Pemanfaatan gambir baik untuk menyirih ataupun untuk mengobati penyakit dalam tubuh benar-benar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Hal tersebut bisa dilihat dari orang tua yang menyirih hingga kini mereka tetap sehat dan giginya tetap kuat dan sehat.  Hayuuk nyirih.... jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk selalu mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat. Yuk like dan share info bermanfaat ini guys

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing