Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah

Mengalami cegukan? Atasi dengan Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah dan cepat sehingga cegukan tidak mengganggu aktivitas anda dan sebagian besar manusia pernah mengalaminya. Cegukan memang bukanlah penyakit yang sangat serius namun jika cegukan tidak cepat hilang atau berhenti maka dapat mengganggu aktivitas kita terlebih lagi jika sedang berbaur dengan orang banyak. Ketika sedang mengalami cegukan akan timbul perasaan yang kurang enak, mengganggu bahkan malu karena mengeluarkan suara. Selain itu ketika cegukan akan merasakan yang tidak begitu nyaman pada tenggorokan karena ketika cegukan otot perut mulai menegang.

Gambar Cegukan



alasehat.net
Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah

Cegukan merupakan kontraksi pada diafragma karena kejang, dimana kejang itulah yang mmebuat pita suara tenggorokan menutup dengan cepat dan proses menutup tersebut akan menimbulkan suara di tenggorokan. Cegukan pun akan berlangsung secara berulang-ulang tanpa kita sadari. Terjadinya cegukan dikarenakan oleh beberapa hal seperti makan terllau banyak, sehabis makan tidak minum, makan dengan cepat, masuk angin, perubahan suhu dan lainnya. 

Cegukan pun memiliki dua jenis yakni cegukan ringan yang berlangsung dengan cepat dan cegukan keras dimana cegukan akan terjadi dengan keras dan dalam waktu yang cukup lama. Cegukan keras tersebut jika tidak diatasi dengan cepat dapat mengganggu kesehatan seperti gangguan pada otak, penyakit kronis jantung atau stroke, herpes, infeksi,  serta sistem metabolisme tubuh akan terganggu.

Cegukan dapat diatasi dengan memakai cara yang mudah agar cegukan tidak lagi muncul dan aktivitas akan kembali lancar seperti semula. Berikut ini beberapa cara menghilangkan cegukan dengan mudah dan cepat.

Memijat langit-langit mulut


Ketika sedang mengalami cegukan cobalah dengan memijat-mijat langit-;angit mulut dengan memakai bola kapas. Pijatlah dengan pelan pada permukaan rahang bagian atas hingga tenggorokkan bagian belakang. Cara ini bisa dicoba karena dapat membantu menghilangkan cegukan dengan cepat.

Bernapas dalam kantong kertas atau plastik



alasehat.net
Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah

Cara menghilangkan cegukan dengan bermapas dalam kantong kertas atau kantong plastik dapat meningkatkan karbon dioksida serta mengalihkan perhatian tubuh karena hanya terfokus pada akumulasi karbon diokasida. Bernapas dalam kantong kertas atau plastik memang cukup unik dan mungkin masih banyak yang belum mengetahui tapi cara ini sangat ampuh menghilangkan cegukan dengan cepat, selain itu juga menjadi obat instannya cegukan.

Menahan nafas


Cara berikutnya yakni dengan menahan nafas sekuatnya dengan mengambil nafas sedalam-dalamnya lalu tahan sekuatnya. Cara ini dapat membantu mencegah kontraksi dan meregakan otot diafragma. Terjadinya kontraksi pada diafragma akan menyebabkan cegukan dan ketika kontraksi berhenti maka cegukan pun akan segera berhenti dengan sendirinya. Lakukanlah cara ini hingga cegukan hilang.

Posisi tidur terbalik


alasehat.net
Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah

Tidur dengan posisi yang terbalik juga dapat menghilangkan cegukan dengan cepat. Posis tubuh yang terbalik itu ialah kepala dibawah dan kaki diatas. Posisi tidur terbalik dapat menghilangkan cegukan karena akan membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan juga akan melancarkan peredaran oksigen masuk ke dalam diafragma.

Minum air putih 


Minum air putih secara perlahan sedikit demi sedikit dapat menghilangkan cegukan. Untuk lebih ampuh dan cegukan cepat hilang lakukanlah dengan kepala menunduk ketika meminumnya. Anda juga bisa menggunakan air hangat karena air hangat dapat melancarkan oksigen dan peredaran darah dalam tubuh.

Es batu


Es batu dapat menghilangkan cegukan karena es batu dapat berfungsi menenangkan saraf iritasi. Caranya cukup dengan memasukkan es batu di mulut, bisa juga dengan menggosokkannya pada wajah. menggosokkan es batu di wajah anda akan merasakan dingin secara tiba-tiba dan tanpa disaradi cegukan akan hilang. Dan perlu diingat ketika masih cegukan jangan ditelan atau diminum es batu atau air esnya karena dapat mengganggu sistem saluran percapasan.

Minyak kayu putih


Minyak kayu putih memiliki kandunga minyak atsiri dan menghasilkan rasa panas ketika dioleskan pada tubuh. Nah rasa panas dari minyak kayu putih dapat menghilangkan cegukan yang anda derita. Caranya penggunaannya dengan mengoleskan minyak kayu putih dengan merata pada daerah perut dan juga leher. 

Gula batu/gula pasir


gula
Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah

Dengan mengemut gula batu atau gula pasir dapat menghilangkan cegukan dengan mudah karena kedua macam gula tersebut dapat merangsang otot diafragma. Nah, rangsangan tersebut dapat membuat diafragma berkontraksi secara teratur sehingga tidak lagi cegukan.

Selai kacang


selai kacang yang dapat merangsang saraf vagus dapat membantu menghilangkan masalah cegukan dengan cepat. Jadi jika mengalami ceguka bisa memakai selai kacang untuk mengatasinya dan menjadi alternatif yang tepat menghentikan cegukan yang mengganggu. Caranya cukup dengan memakannya, selain itu makan selai kacang juga dapat mengubah irama pada pernapasan.


Jeruk nipis


Jeruk nipis yang mengandung kaya vitamin C dapat menghilangkan adanya gangguan impuls pada saraf vagus. Jadi dengan menggunakan dan memakan jeruk nipis dapat menghilangkan cegukan caranya cukup dengan mengunyah irisan jeruk nipis.

Itulah Tips Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Mudah dan cepat, namun jika sudah diatasi dengan berbagai cara dan cegukan masih juga belum sembuh dalam waktu yang lama sebaikanya berkonsultasi dengan ahli medis. Cegukan yang tidak berhenti bisa menjadi tanda-tanda adanya masalah kesehatan tubuh jadi dengan berkonsulti dengan dokter akan mengatahui kondisi kesehatan dengan baik. Untuk mengetahui berita terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan alasehat.net di facebook dan google +, jangan lupa baca artikel ini Tips Agar Tidak Cepat Pikun atau Sering Lupa

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing