Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Manfaat Adas Untuk Kesehatan – Adas merupakan salah satu tanaman obat yang banyak dijumpai di Indonesia khususnya tempat yang saya tinggali sekarang di Salatiga, banyak orang menjual adas yang begitu segar-segar. Adas biasanya dijadikan obat herbal alami, sebagai bumbu masakan bahkan adas pun bisa dijadikan sayuran yang lezat.  Tanaman adas asal mulanya berasal dari Mediterania dan menyebar ke seluruh dunia salah satunya di Indonesia. Tanaman adas ini memiliki bentuk daun yang runcing seperti jarum berwarna hijau memiliki buah kecil-kecil serta bunga berwarna kuning dan memiliki aroma yang sangat khas.

Gambar Tanaman Adas


adas
Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Tidak sedikit orang yang menyukai adas karena kesegaran rasanya namun juga ada yang tidak menyukainya karena aromanya yang sangat aneh. Terlepas dari semua itu adas menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Adas mengandung banyak sekali zat serta nutrisi di dalamnya yang tidak kurang dari 40 jenis kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut diantaranya minyak atsiri, vitamin B6, C, E, anetol, niacin, pinen, pota, zinc , kalsium, sodium, karbohidrat, lemak, kalium, alkaloid, magnesium, serat, energi, protein, air, zat besi, asam amino, riboflavin, minyak esensial dan zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Adas Untuk Kesehatan



adas
Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Manfaat adas ini memang cukup menyita perhatian karena memiliki kandungan lengkap yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh. beberapa gangguan kesehatan tubuh bisa diatasi dengan menggunakan adas dan berikut ini alasehat.net akan memberikan informasi seputar Manfaat Adas Untuk Kesehatan tubuh.


Mengobati anemia


Anemia adalah penyakit yang terjadi karena kekurangan sel darah merah dalam tubuhnya. Anemia biasa ditandai dengan badan lelah, lesu, lemah, letik, tidak bersemangat dan hal tersebut akan mengganggu kegiatan kita dalam beraktivitas sehari-hari. Tanaman adas bisa mengobati anemia dengan ampuh karena di dalamnya terdapat kandungan zat histidin serta zat besi yang mampu bekerja merangsang dalam memperoduksi Hb atau sel darah merah. Jika hb meningkat maka penyakit anemia pun bisa segera pergi dan tubuh pun akan kembali sehat.


Mengobati sembelit


Biji adas dapat dijadikan obat herbal untuk mengatasi sembelit terutama biji adas yang sudah menjadi bubuk. Kandungan serat yang terdapat dalam biji adas dapat membantu membersihkan perut, serta dapat menjadi pencahar dan adanya efek stimulannya mampu menjaga gerak peristaltik pada usus.  Biji adas pun kini telah dijadikan salah satu bahan untuk pembuatan obat diare, sakit perut, dan masalah usus lainnya.

Mengobati penyakit jantung


Menderita penyakiy jantung atau jantung yang bermasalah bisa memanfaatkan adas untuk mengobatinya. Adanya kandung serat tinggi dalam adas dapat membantu mengontrol  kolesterol baik kolesterol jahat atau baik dalam tubuh. Kadar kolesterol yang stabil atau noemal akan mempengaruhi fungsi jantung dan mencegah gangguan jantung seperti jantung korornerm stroke. Dalam mengoba penyakit jantung yang diperlukan adalah bagian biji adasnya.


Meningkatkan sistem imun



alasehat.net
Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Kandungan vitamin C dalam adas dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dimana kedua hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit. Selain itu kandungan vitamin C nya dapat membantu pembentukan kolagen, jaringan kulit dan bertindak sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Menjaga tekanan darah


Adas mengandung sumber potassium yang berfungsi sebagai pengendur pembuluh darah agar tidak tegang. Karena ketegangan pada pembuluh darah akan menjadikan tekanan darah menjadi lebih meningkat jadi jika pembuluh darah tidak atau sedikit mengalami ketegangan maka akan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Tekanan darah yang stabil memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh.

Mengobati perut kembung


Terkadang perut kembung dianggap sebagai penyakit yang tidak begitu serius namun jika tidak segera diatasi perut akan terasa sakit dan tidak nyaman. Adas dapat mengobati perut yang kembung dimana di dalamnya terdapat siffat antiflatulent yang berfungsi mengurangi gas dalam perut. Dengan mengkonsumsi adas ketika mengalami kembung maka kembung dalam perut akan segera hilang.

Menjaga fungsi otak


otak manusia
Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Adas mengandung kalium di dalamnya yang akan berfungsi meningkatkan konduksi listrik dalam tubuh salah satunya ke otak. Kalium yang masuk ke otak akan berfungsi meningkatkan kinerja dan kemampuan kognitif otak. Selain itu kandungan klaium tersebut dapat melancarkan oksigen masuk dalam otak. Hal ini akan membantu meningkatkan memori dan fungsi otak akan lebih meningkat.


Mencegah penuaan dini


Bagi yang ingin tampil awet muda bisa memanfaatkan tanaman adas karena adanya kandungan  asam amino serta vitamin C di dalamnya dapat meremajakan kulit serta mencegah penuaan dini bahkan mata panda juga bisa diatasi dengan adas.  Untu membuat ramuan dalam hal ini bisa dengan menghaluskan daun adas dan memiunumnya. Untuk menghilangkan mata panda bisa dengan menghaluskan biji adas kemudian diletakkan pada kain dan celupkan ke dalam air hangat lalu tempelkan pada bagian mata panda anda.

Mengobati TBC


Penyakit TBC bisa diobati dengan menggunakan adas, dimana didalamya terdapat kandungan anisaldehida. Kandungan zat tersebut mampu menjadi streptomycin yang sangat efektif untuk mengobati TBC.

Mengobati kencing batu


Kencing batu  yang terjadi dalam tubuh dapat menyumbat urin, sehingga akan menghalangi saluran kencing yang akan menimbulkan rasa sakit jika sedang melakukan sekresi urin. Bagi penderita kencing batu bisa memanfaatkan tanaman adas sebagai obat yang alami dan ampuh menghilangkan kencing batu tersebut. Caranya cukup dengan meminum seduhan adas dengan teratur maka batu yang ada pada saluran kencing akan semakin luruh dan hilang bersama urin.


Mengobati batu empedu


batu empedu
Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Batu empedu adalah kristal asam urat yang mengeras dan membantuk kristal-kristal keras. Batu empedu terjadi dikarenakan zat purin yang telah mengendap pada empedu dalam waktu yang cukup lama dan akan mengkristal dalam empedu. Untuk mengatasi hal itu bisa menggunakan adas yang dibuat dengan menyeduh adas yang sudah menjadi bubuk dan minum ketika masih hangat lakukanlah dengan teratur hingga batu empedu hilang.  Serbuk adas dipercaya dapat memecah atau meluruhkan batu empedu yang kemudian akan keluar bersama urin.

Mengobati demam


Demam disebabkan oleh bakteri dan virus masuk dalam tubuh, dimana demam juga menjadi salah satu indikasi gejala penyakit menyerang tubuh.  Banyak orang menganggap demam adalah hanya penyakit ringan karena kecapekan, lelah karena aktivitas setiap harinya. Namun jika tidak segera diatasi akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Cara mengobati demam menggunakan adas yakni dengan menghaluskan adas campur dengan batang pulasari yang dimemarkan, madu, serta labu air, semuanya direbus sampai mendidih hingga airnya tersisa setengahnya dan minum secara teratur hingga demam sembuh.


Mengatasi gangguan pernapasan


Berbagai gangguan pada pernapasan seperti batuk, bronkitis, pernapasan tersumbat, sesak, dan yang lainnya ternyata bisa diatasi dengan menggunakan adas. Hal tersebut diakrenakan dalam adas terdapat kandungan anetol dan cineole yang dapat menghilangkan dahak serta melonggarkan pernapasan. Caranya cukup dengan mengkonsumsi air rebusan dari tanaman adas ini dengan teratur.

Menyehatkan mata


penyakit mata
Manfaat Adas Untuk Kesehatan

Mengkonsumsi adas dengan teratur dapat menyehatkan mata, melindungi terjadinya gangguan mata seperti peradangan, mengurangi iritasi, dan gangguan mata lainnya. Adanya kandungan antioksidan dalam adas dapat mencegah terjadinya peradangan pada mata serta gangguan penglihatan. Memanfaatkan adas dalam menyehatkan mata bisa dengan mengkonsumsinya langsung atau bisa dibuat jus yang segar.

Itulah berbagai Manfaat Adas Untuk Kesehatan yang sangat luar biasa, memang rasanya seperti mint yang unik dan banyak yang kurang menyukai namun mampu memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendpaatkan informasi terbaru dan bermanfaat serta baca pula artikel ini Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing