Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Manfaat Serai Untuk Kesehatan - Serai  biasanya sering dijadikan bumbu masakan untuk menambah rasa dan aroma yang dapat membuat rasa masakan menjadi lezat. Serai atau juga disebut sereh ini merupakan tanaman jenis rerumputan dan biasanya yangs ering dijadikan pelengkap masakan adalah pada bagian batangnya. Selain dijadikan bumbu masakan ternyata serai atau sereh ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Gambar Serai 


alasehat.net
Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Serai memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh sekaligus juga dapat untuk merawat kecantikan. Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan serai ini karena sering dijadikan bumbu masakan khas Indonesia. Serai memiliki nama latin Chymbopogon ciratus masuk dalam keluarga Poaceae. Tanaman ini berasal dari Sri Lanka dan India Selatan dan menjadi suatu bahan yang populer di beberapa negara seperti Kamboja, Thailand, Malaysia, Vietnam, Indonesia, dan berbagai negara di Amerika dan Benua Amerika sebagai bahan untuk obat herbal serta kuliner.

Serai yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang diperlukan oleh tubuh kita. Kandungan tersebut diantaranya kamfen, sitrat, sabinen, p-simen, a-pinen, mirsen, limonen, felandren beta, terpinol, terpinen, zat besi, cis-osimen, borneol, sitronelal, geraniol, sitronil asetat, geramil butirat, kariofilen oksida, potasium, folat, posfor, dan masih banyak senyawa lainnya yang sangat bermanfaat. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang manfaat serai ini tetap pantengin terus ulasannya di alasehat.net


Manfaat Serai Untuk Kesehatan


alasehat.net
Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Manfaat serai sangat banyak sehingga tak heran jika tanaman yang satu ini dijadikan di berbagai negara sebagai salah satu cara pengobatan herbal yang efektif. Dan berikut beberapa manfaat serai untuk kesehatan tubuh kita.

Anti kanker


Ada penelitian yang menyatakan bahwa pada serai terdapat kandungan citral yang merupakan zat anti-kanker yang berguna sebagai pembunuh sel kanker dan tetap mempertahankan keadaan jaringan atau sel tubuh yang sehat. Mengkonsumsi teh serai dapat membantu mencegah penyakit kanker menyerang tubuh kita.

Mengobati diabetes


diabetes
Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Serai dapat berguna membantu meringankan atau mengobati penyakit diabetes. Mengkonsumsi teh serai dengan teratur dapat membersihkan pankreas dan membantu meningkatkan kinerjanya dengan baik. Sehingga dapat menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes.


Anti septik dan anti inflamasi


Serai ternyata memiliki sifat anti septik dan anti inflamasi sehingga dapat berguna untuk mengobatai penyakit seperti radang saluran kemih, arthiritis, dan asam urat. Obat herbal alami dalam hal ini serai bisa dikonsumsi sebagai jus serai yang segar.

Mengobati tekanan darah tinggi


Serai yang memiliki kandungan potasium yang tinggi dapat berfungsi sebagai pendorong diuresis. Untuk itu serai dapat membantu menormalkan atau menurunkan tekanan darah tinggi atau yang kita kenal hipertensi. Konsumsilah teh serai hangat dengan teratur untuk mengatasi hal ini.

Menjaga sistem saraf


saraf otak
Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Mengalami masalah pada sistem saraf bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat dari serai. Hal ini dikarenakan dalam serai terdapat kandungan fosfor, magnesium, folat serta beberapa nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan dan perkembangan kinerja sistem saraf. Kandungan yang ada dalam serai tersebut dapat berfungsi meningkatkan kemampuan pada otak dalam menerima dan memproses informasi, meningkatkan konsentrasi serta memori yang lebih tajam.

Menyehatkan sistem pencernaan


Salah satu manfaat yang populer dari serai adalah sebagai pelancar sistem pencernaan dalam tubuh dimana serai yang memiliki sifat anti mikroba dapat membantu mengaur motilitas serta kinerja usus yang lebih baik dan sehat. zat anti mikroba tersebut dapat mengembalikan bakteri baik dan membunuh bakteri parasit dan bakteri jahat dalam usus.  Hal tersebut menjadikan sistem pencernaan akan terhindar dari berbagai masalah seperti sembelit, perut kejang, muntah, diare, perut kembung, kram, serta usus kembung.

Mengatasi susah tidur


susah tidur atau insomnia
Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Susah tidur atau insomnia juga dapat diatasi dengan serai. Susah tidur terjadi karena gangguan pada saraf atau zat kimia yang ada pada tubuh tidak seimbang. Efek menenangkan dan kegiatan pemurnian yang diberikan oleh serai dapat berguna meningkatkan kualitas istiratah atau tidur menjadi lebih baik.

Menurunkan berat badan


Nah, ini sepertinya bagus bagi anda yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan menjadi ideal seperti yang diinginkan. hal tersebut diakrenakan dalam serai mengandung efek duretik yang dapat melancarkan BAB yang cepat dan efektif dalam jumlah yang banyak sehingga dapat menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi teh serai dengan teratur maka berat badan berlebih anda akan berkurang karena teh serai juga sebagi detoksifikasi sehingga dapat mencairkan lemak yang menumpuk pada tubuh.

Sebagai minyak angin


Serai mengandung minyak atsiri yang berguna sebagai balsamic yang dapat dijadikan untuk mengatasi masalah saluran pernapasan.  Serai juga dapat dijadikan obat herbal untuk meringankan dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan demam dan flu serta bisa menghangatkan tubuh.

Mengobati anemia


anemia
Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Kandungan zat besi yang ada pada serai memiliki peran penting untuk intensitas hemoglobin dimana protein pada sel darah merah memiliki tanggung jawan membawa oksigen untuk dialirkan keseluruh tubuh. Serai ini bisa digunakan untuk mengobati anemia dari berbagai jenis dan terutama anemia yang kekurangan zat besi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan seperti yang diuraikan diatas, serai juga dapat dijadikan untuk merawat kecantikan kulit seperti mengatsi jerawat, psoriosis, serta eksim, flek pada wajah dan membantu mencegah penuaan dini. Hanya dengan mengkonsumsi teh serai dengan teratur dalam porsi yang tepat anda akan mendapatkan manfaat seperti yang telah diutarakan. Ketika dibuat teh kandungan fitonutrien dan minyak esensial yang ada dalam serai akan lepas masuk dalam air panas sehingga akan mendapatkan manfaat serai yang maksimal.

Itulah berbagai Manfaat Serai Untuk Kesehatan dan Kecantikan yang bisa didapatkan dari serai. Sehat itu mudah bukan? Heemmm jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terbaru yang bermanfaat dna baca juga artikel ini Manfaat Cabe Hijau Untuk Kesehatan. semoga bermanfaat dan jangan lupa di SHARE guys.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing