Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh – Singkong merupaka umbi-umbian yang berasal dari Paraguay dan Brazil kemudian menyebar ke beberapa negara di dunia tak terkecuali Indonesia. di Indonesia sendiri singkong dapat tumbuh dengan mudah dan dijadikan slaah satu bahan pokok. Selain itu Thailand sertabeberapa wilayah yang ada di Afrika  juga menjadikan singkong sebagai bahan pokok makanan. Selain dijadikan makanan pokok, singkong biasanya diolah menjadi cemilan seperti kripik dan olahan singkong lainnya yang rasanya lezat.


alasehat.net gambar singkong
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Pada awal masuk singkong ke wilayah Indonesia karena orang Portugis di abad 16 membawa dan memperkenalkannya kepada masyarakat Indonesia dan kemudian ketika masa Hindia Belanda secara komersial singkong ditanam di wilayah Indonesia. Dan di Indonesia singkong mudah sekali tumbuh dengan baik dan subur.

Singkong menyedidakan energi yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk pola hidup aktif dan energik. Menambahkan singkong pada menu makan harian akan mendapatkan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh serta dapat mengatasi berbagai masalah atau gangguan dalam tubuh dengan efektif. Hal tersebut dikarenakan dalam singkong terdapat beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh seperti serat, vitamin, serta mineral dan beberapa nutrisi lainnya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat singkong dan kandungan nutrisi di dalamnya simak terus ulasannya di alasehat.net

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh


alasehat.net
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Inilah beberapa kandungan dalam singkong beserta manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.


Serat


Kandungan serat yang tinggi pada singkong dapat mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah, dan juga kadar gula, serta resiko terkena obesitas. Selain itu singkong berguna untuk mengandung kadar trigliserida yang mampu menurunkan penyakit kanker usus besar, stroke, jantung dan pengendali diabetes. Untuk mendapatkan manfaat singkong dalam hal ini bisa mengkonsumsi singkong dnegan cara di rebus atau di kukus.

Karbohidrat


Singkong merupakan sumber karbohidrat dengan jumlah kalorinya lebih banyak 2 kali lipar daripada kentang. Jadi wajar saja jika singkong ini dijadikan makanan pokok karena pada 100 gr ssingkong terdapat 160 kalori yang terdiri dari sukrosa.


singkong rebus
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Magnesium dan Tembaga


Mengkonsumsi singkong dapat membantu mencukupi kebutuhan magnesium serta tembaga dalam tubuh. Makanan yang mengandung magnesium tinggi akan menurunkan resiko osteoporosis serta menurunkan tekanan darah. Sedangkan makanan yang mengandung tembaga akan berguna mendukung kesehatan syaraf.  Jadi dengan mengkonsumsi singkong dengan baik akan mendapatkan asupan nutrisi tembaga dan magnesium yang dapat mengatasi masalah hipertensi, osteoporosis, serta menyehatkan sistem syaraf.

Vitamin K


syaraf otak
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan vitamin K dalam singkong berguna membangun dan memperkuat tulang. Selain itu vitamin K juga memiliki peran penting untuk penderita alzheimer dengan cara menghambat terjadinya kerusakan pada saraf otak dan melindungi sistem syaraf.

Tinggi protein


Singkong mengandung kaya akan kandungan protein dan rendah lemak. kandungan lemaknya lebih rendah daripada kacang-kacangan atau sereal. Kandungan proteinnya juga lebih tinggi daripada kentang, pisang dan ubi.


Mineral penting



Singkong menjadi sumber mineral penting untuk kebutuhan tubuh seperti seng, tembaga, mangan, besi, magnesium. Selain itu singkong mengandung kalium yang berguna sebagai komponen yang penting dalam mengatur tekanan darah serta pembentukan sel dalam tubuh, dan dapat mengatasi kolesterol jahat.

Melancarkan pencernaan



Kandungan serat yang tinggi dalam singkong membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Serat yang terkandung dalam tubuh dapat melancarkan BAB, dan dapat membuang serta menyerap toksin-toksin yang ada di dalam usus sehingga pencernaan akan menjadi lebih sehat dan lancar. memiliki masalah pencernaan anda bisa mengkonsumsi singkong setiap hari.


usus sehat
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Saponin


Sumber sapoin dapat ditemukan dalam singkong dimana saponin dapat berperan menurunkan kadar koleserol jahat.  Saponin bekerja dengan mengikat asam kolesterol dan asam empedu yang diserap usus sehingga mencegah masalah kolesterol.  Antioksidan yang ada dalam singkong juga dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas. Menurut penelitian yang dilakukan pada Okteober 2010 menyatakan bahwa saponin mampu berfungsi untuk mencegah kanker.

Vitamin B kompleks



Singkong memiliki kandungan vitamin B kompleks sseperti folates, B6, riboflavin, asam pantotenat, sera thiamin. Dimana riboflavin dapat berguna untuk membentuk sel darah merah yang akan membantu mengurangi resiko anemia dan membantu pertumbuhan tubuh dengan baik.

Bebas gluten


tepung singkong
Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh

Singkong adalah umbi yang tidak mengandung protein alergi gluten sehingga singkong dapat dijadikan tepung yang baik. Orang yang menderita penyakit celiac serta alergi gluten dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang diolah memakai tepung singkong atau tepung tapioka atau tepung kanji.

Itulah beberapa Manfaat Singkong Untuk Kesehatan Tubuh yang harus anda ketahui dan dengan begitu anda tidak ragu lagi mengkonsumsinya, mungkin lebih menyukainya. Singkong bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan yang lezat, mari kembali kepada alam agar tubuh kita bisa menjadi sehat alami. Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendpaatkan berita terbaru dan bermanfaat, baca juga artikel ini Manfaat Umbi Gadung Untuk Kesehatan. Yuk SHARE bareng-bareng biar banyak orang yang tau akan khasiat dari singkong ini. Terimakasih

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing