Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh – Daun sirih sangat populer dikalangan masyarakat sudah sejak dari jaman dahulu dimana sirih sering dijadikan untuk nyirih. Namun, kini memang sudah tidak banyak orang yang melakukan budaya nyirih. Nyirih sendiri dilakukan dengan mencampurkan kapulaga, kapur sirih, daun sirih, gambir serta pinang lalu semuanya digulung menjadi satu dan digosokkan atau dikunyah dan terahir kumur dengan air. Kebiasaan tersebut akan mengahasilkan gigi serta gusi menjadi lebih kuat dan sehat.

Gambar Daun Sirih


daun sirih
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Sirih sendiri memiliki beberapa jenis yakni sirih hijau, merah, serta hitam yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan juga bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan herbal tradisional yang kemampuannya tidak berbeda dengan yang modern. Daun sirih tumbuh dengan merambat di tanah dan juga merambat pada tumbuhan lain. Secara umum sirih memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun sirih juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lainnya seperti vitamin C, niacin, karoten, tiamin, riboflavin, karbohidrat, serat, lemak, protein, mineral, minyak atsiri, pati, fenil propana, diaste, kavibetol, cyneole, terpennena dan sirih juga menjadi sumber kalsium. Kandungan yang ada dalam daun sirih tersebut menjadikan sirih ini dapat dijadikan obat herbal tradisional yang bisa menjaga serta mengatasi berbagai gangguan pada kesehatan tubu. Apa saja Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh tersebut? Selengkapnya akan diulas di alasehat.net


Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh


Menjaga kesehatan mulut


kesehatan mulut
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Daun sirih bersifat anti-bakeri yang bisa dijadikan salah satu bahan alami yang dapat mengatasi dan mencegah gigi berlubang. Sifat anti-bakterinya dapat menjadi agen terapi alami dalam mengatasi masalah pada gigi dan juga dapat menyehatkan gigi. Biasanya daun sirih juga dijadikan bahan dalam membuat pasta gigi yang beredar di pasaran. Namun kita  pun bisa memanfaatkan daun sirih secara langsung, seperti digunakan untuk nyirih atau dikunyah begitu saja.

Mencegah mulut kering


Dengan mengunyah daun sirih seperti orang terdahulu dapat membuat dan menghasilkan air liur dalam jumlah besar. Mulut yang kering biasanya memiliki masalah pada kesehatannya yang kurang baik seperti menderita sindrom sjogren atau diabetes. Dan sirih menjadi salah satu cara yang tepat dalam mengatasi mulut kering yang snagat aman tanpa adanya efek samping yang berbahaya.

Antiseptik alami


Daun sirih merupakan antiseptik alami karena di dalamnya ada zat antiseptik yang bekerja dengan aktif untuk membunuh bakteri. Sifat antiseptik ini merupakan turunan dari fenol dimana sifatnya lebih kuat daripada fenol biasa. Jika membutuhkan obat antiseptik alami bisa memanfaatkan daun sirih tersebut.

Menghilangkan bau badan


bau badan
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Bau badan adalah masalah yang cukup mengganggu terutama ketika melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang. Dimana dengan bau badan yang tidak sedap akan menurunkan tingkat kepercayaan diri, banyak yang menganggap orang yang bau badan adalah orang yang jorok, tidak merawat tubuhnya dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut bisa mencoba menggunakan obat herbal alami dengan menggunakan ramuan dari daun sirih.  Cara membuat ramuannya yaitu daun sirih direbus hingga mendidih dan airnya tersisa setengah lalu gunakanlah air tersebut untuk mandi dengan teratur setiap hari. Cara ini sangat ampuh dalam menghilangkan bau badan yang tidak sedap.
Mengobati gatal

Gatal pada tubuh dikarenakan oleh berbagai seperti terkena bakteri, alergi terhadap makanan atau yang lainnya bisa menggunakan daun sirih untuk mengobatinya. Cara ampuh mengobati gatal-gatal bisa dilakukan dengan merebus daun sirih dan gunakanlah untuk mencuci bagian tubuh yang gatal atau bisa untuk mandi dan rasa gatal pun akan segera pergi dari tubuh anda.

Obat batuk


Daun sirih ternyata dapat menjadi obat batuk yang alami dan mudah dbuat sendiri dirumah tanpa harus jauh-jauh pergi mencari obat medis. Cara mudah dan cepat ini bisa dibuat sendiri dengan merebus daun sirih hingga mendidih dan sirnya tersisa ¾ dari awal lalu diminum. Untuk membuat rasanya lebih enak bisa ditambahkan sedikit madu dan minumlah dengan teratur hingga batuk menghilang. Selain itu cara ini juga dapat menjaga dan mengatasi masalah pada pernapasan.

Mengobati mimisan


Mimisan adalah kondisi hidung yang mengeluarkan darah secara terus menerus. Untuk menghentikan darah yang keluar dari hidung atau mimisan ini bisa menggunakan daun sirih. Caranya daun sirih dilumatkan, digulung, dan dimasukkan dalam lubang hidung dan biarkan hingga darah berhenti keluar. Cara ini memang ampuh dalam mengatasi mimisan bahkan hingga kini masih digunakan ketika sedang mengalami mimisan.


daun sirih
Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat lainnya


Selain manfaat diatas masih banyak lagi manfaat daun sirih untuk kesehatan diantaranya mengatasi diare, bisul, sariawan, asma, sembelit, peradangan, sakit punggung, demam berdarah, jerawat, gusi bengkak, sakit gigi, dan sifat antioksidannya dapat mencegah penuaan dini. Banyaknya manfaat yang diberikan daun sirih membuat banyak berbagai perusahaan yang menciptakan obat herbal alami dengan berbahan daun sirih namun tetap ada kandungan zat kimianya. Jadi pintar-pintarnya kita saja dalam memilih produk tersebut namun jika ingin menghindari zat kimia bisa langsung membuat ramuan sendiri dengan bahan daun sirih yang mudah ditemui disekitar kita.

Itulah Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh yang harus diketahui, semoga bisa memberikan manfaat bagi semua para pembaca. Untuk mengetahuiartikel terbaru yang bermanfaat bisa berlangganan di facebook dan juga google +, baca juga artikel ini Manfaat Benalu untuk Kesehatan Tubuh

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing