Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan – Kentang merupakan sayuran jenis umbi-umbian yang asalanya dari Amerika dan seiring berkembangnya jaman maka berkembang pula budidaya kentang diseluruh dunia termasuk Indonesia. kentang sendiri dinegara asalnya telah menjadi makanan pokok setiap hari. Kentang kini telah menjadi makanan yang cukup populer di belahan dunia dimana ada yang menjadikan kentang sebagai cemilan bahkan pengganti nasi dan baik untuk membantu mereka yang sedang malakukan diet sehat. Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh kita.

Gambar Kentang



alasehat.net
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Kentang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh karena kentang memiliki kandungan nutrisi atau zat baik di dalamnya. Kandungan tersebut diantaranya karbohidrat, protein, fosfor, lemak nabati, zat besi, kalsium, vitamin B3, b6, c, potassium, manganese, pantothenic acid, fiber atau serat, copper, dan berbagai mineral lainnya. Kentang bisa dikonsumsi setiap hari karena nutrisi di dalamnya sangat baik bagi kesehatan tubuh dan kita bisa mengkonsumsi kentang dalam berbagai olahan yang lezat.  Apa saja manfaat kentang bagi kesehatan tubuh ikuti terus ulasannya di alasehat.net


Manfaat Kentang Untuk Kesehatan



kentang rebus
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Dilihat dari berbagai kandungan yang terdapat dalam kentang tersebut diatas, ada banyak sekali manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui agar senantiasa lebih menyukai dan mengkonsumsi kentang. Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang lezat dan menggugah selera makan anda. Berikut sejumlah Manfaat Kentang Untuk Kesehatan.


Mengurangi kolesterol darah


kolesterol
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Kentang mengandung potassium yang banyak sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol tinggi akan mengganggu kesehatan tubuh sehingga dengan mengkonsumsi kentang akan menghalangi terjadinya penumpukan kolesterol jahat. Selain itu kentang memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga dapat menjadi salah satu menu diet yang rendah akan kolesterol namun mengkonsumsinya tidak digoreng dengan minyak.


Mencegah kanker


Salah satu sayuran yang bisa mencegah penyakit kanker adalah kentang. Dimana kentang mampu melawan pembentukan sel tumor yang dapat memicu terjadinya kanker karena adanya kandungan Vitamin B6 di dalam kentang tersebut. Dengan menjadikan kentang menjadi makanan setiap hari akan membantu tubuh menghambat pertumbuhan sel kanker atau tumor jadi resiko terkena penyakit mematikan itu lebih sedikit.



Menyehatkan tulang

tulang sehat
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Kentang juga dapat membantu menyehatkan tulang dalam tubuh dimana di dalam kentang terdapat kandungan zat besi. Zat besi tersebut akan berfungsi menajaga kesehatan dan membantu pertumbuhan tulang secara menyeluruh. Selain itu kombinasi dari zat besi, magnesium, kalium, seng, serta fosfor yang ada dalam kentang mampu membentuk struktur serta meningkatkan kekuatan tulang dalam tubuh. jadi jangan ragu lagi untuk mengonsumsi kentang.

Menyehatkan jantung


Kandungan gizi yang banyak dalam kentang mampu memperbaiki fungsi organ jantung sehingga jantung akan lebih sehat. vitamin B6, C, kalium, serat atau fiber, serta mrendah kolesterol sangat baik untuk dikonsumsi dalam menjaga kesehatan jantung dalam tubuh.

Menurunkan darah tinggi


darah tinggi
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Makanan yang mengandung kalium sangat baik dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan diimbangi dengan mengurangi makanan yang mengandung natrium. Dalam kentang terdapat kandungan kalium, kalsium, magnesium merupakan zat yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menjadikan kentang menjadi menu makan harian untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kentang.

Mencegah batu ginjal


Kandungan zat besi dan kalium yang ada pada kentang emang menjadi penyebab batu ginjal namun tingginya kandungan magnesium dalam kentang mampu menghambat pembentukan batu ginjal. Kandungan magnesium tersebut mampu menolak masuknya kalsium dan juga zat besi dalam ginjal sehingga dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Jadi bagi yang menderita masalah ginjal kentang bisa tetap dikonsumsi dengan baik.


Menyehatkan saraf dan otak


kesehatan otak
Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Kentang mengandung vitamin B6 tinggi sehingga dapat membantu menyehatkan otak serta dapat membantu saraf dalam melancarkan proses transmisi. Memiliki masala gangguan pada saraf serta otak bisa mengkonsumsi kentang dalam bentuk olahan makanan yang lezat.


Membentuk sel baru


Kentang dapat membantu membangun serta membentuk jaringan sel baru karena kentang memiliki kandungan vitamin B6 yang merupakan vitamin penting dalam pembentukan sel baru dalam tubuh. vitamin B6  merupakan vitamin terpenting dalam proses kimia jadi mengkonsumsi kentang membantu pembentukan sel baru dalam tubuh serta dapat membantu pembentukan DNA.

Dalam mengkonsumsi kentang untuk mendapatkan berbagai manfaat diatas harus diolah dengan cara yang benar dan harus diperhatikan cara penyajiannya. Jika cara pengolahan dan penyajiannya salah maka akan mengakibatkan masalah pada kesehatan. Dalam menyajikan atau mengolah kentang sebaiknya direbus, jangan digoreng atau dibakar, di buat sup, atau dimasak kecap dan juga bisa diolah menjadi berbagai olahan yang berbahan kentang lainnya.

Itulah beberapa Manfaat Kentang Untuk Kesehatan, untuk mendapatkan manfaat kentang tersebut anda bisa memasukkan kentang dalam menu makanan harian anda. Semoga bermanfaat baca pula artikel ini Manfaat Umbi Talas Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami  di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru yang bermanfaat.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing