Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan – Tentu sudah tidak asing dengan buah asam yang merakyat ini bukan? sesuai dengan namanya buah ini rasanya sangat asam dan biasa dijadikan bumbu untuk pelengkap masakan atau dijadikan jamu tradisional. Asam atau sering di sebut asem ini daging buahnya berwarna putih kehijauan ketika muda dan cokelat tua ketika sudah matang. Bentuknya lucu unik seperti koro dengan kulit berwarna cokelat. Asam atau asem ini biasanya kalau sudah tua akan dikeringkan agar lebih awet.


asam jawa
Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan

Asam memiliki banyak gizi dan nutrisi di dalamnya yang baik untuk kesehatan tubuh seperti asam tatrat, asetat, sitrat, suksinat, malat dan masih banyak lainnya. Buah ini mudah dijumpai di pedesaan dan kini pun juga sudah banyak dijual di toko, supermarket atau toko buah yang telah dibungkus dengan rapih dan harganya cukup terjangkau. Kandungan zat asam yang terkandug di dalam buah asam ini memiliki fungsi baik seperti melancarkan peredaran darah serta pencernaan. Namun dalam mengkonsumsi asam ini disarankan untuk tidak berlebiha karena dapat mengganggu kesehatan pencernaan serta lambung.

Manfaat buah asam sangat besar bagi kesehatan tubuh yang masih belum diketahui oleh banyak orang, diantaranya adalah sebagai berikut.


Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan


asam
Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan


Mengatasi disentri


Disentri adalah penyakit yang mengganggu gangguan sistem pencernaan dengan gejala yang timbul seperti mulas, mual, serta BAB terus menerus yang disertai dengan bercak darah. Timbulnya disentri karena bakteri amoeba menyerang tubuh kita. Nah, ketika anda menderita disentri anda bisa melakukan pengobatan sederhana dan efektif dengan memanfaatkan buah asam/asem.  Caranya rebus asam, temulawak, serta kunyit sampai mendidih dan saring kemudian minum dengan teratur agar disentri cepat sembuh. Untuk menambah rasa segar anda bisa menambahkan gula jawa atau madu.


Mengatasi ambeien


Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah yang ada di bagian anus yang pecah dan muncul infeksi. Penderita biasanya tidak begitu memperdulikan penyakitnya dan mereka akan mengobati ketika sudah parah. Cara mudah dan efektif mengobatinya yakni dengan memakai asam. caranya dengan merebus campuran dari asam jawa, temulawak, daun meniran sampai mendidih dan saring. Minum ramuan tersebut 3 kali dalam sehari dengan teratur.


Menurunkan demam


demam
Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan

Asam atau asem ini sering digunakan untuk mengobati demam pada anak namun juga bisa digunakan untuk mengobati demam di segala umur. Ketika anak, saudra, atau anda demam anda bisa mengobati dengan asam. Caranya dengan menghaluskan asam, kunyit, daun bawang, serta daun melati muda kemudian oleskan pada dahi tunggu sampai mengering. Cara ini merupakan cara pengobatan tradisional yang sudah dilakukan sejak dahulu.

Mengatasi tekanan darah rendah


Ketika tekanan darah dibawah batas normal atau rendah tentu akan mengganggu segala aktifitas sehari-hari karena tekanan darah rendah akan membuat kondisi tubuh seseorang menjadi lemah dan mudah lelah.  Salah satu cara alami dan mudah untuk menormalkan tekanan darah bisa dengan memanfaatkan buah asam.  Caranya dengan membuat sambal dari campuran asam, bawang merah, gula aren, cabai, garam, serta bawang putih. Ditambah dengan lalapan bayam yang direbus. Nah lalapan bisa dimakan dengan sambal tersebut untuk mengatasi tekanan darah rendah agar kembali normal. 

Mengatasi penyakit eksim


eksim
Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan

Eksim adalah penyakit kulit yang ada di jaringan kulit dan akan muncul nanah serta ruam memerah dipermukaan kulit. Penyakit ini terjadi karena kurang mengerti akan kebersihan. Penykit ini cukup mengganggu bagi penderitanya jadi salah satu cara mudah bisa diatasi dengan memakai buah asam.  caranya dengan menumbuk buah asam, gula jawa, serta temulawak kemudian direbus dan minum airnya dengan teratur setiap 2 kali dalam sehari. Untuk pengobatan luar bisa dengan menumbuk daun asam dan kunyit lalu oleskan pada daerah kulit yang terkena eksim. 


Menurunkan kolesterol


Kolesterol memang telah menjadi salah satu penyakit yang kini lagi ngehits di derita oleh banyak orang. Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan melakukan berbagai pantangan makanan namun jangan khawatir menggunakan asam jawa bisa membantu menurunkan kolesterol dengan efektif.  Caranya dengan menghaluskan daun asam jawa tambahkan dengan air panas dan saring lalu diminum secara teratur 3 kali sehari.

Itulah Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan yang bisa dijadikan obat herbal alami untuk membantu mengatasi beragam masalah kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dari alasehat.net. Baca pula Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing