Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah

Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah dengan mudah agar lidah tetap sehat dan terhindar dari bau mulut. Lidah adalah salaj satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting salah satunya adalah membantu pencernaan. Lidah sebagai indra perasa berperan dapat membedakan rasa seperti asam, manis, pahit, asin serta tawar. Hal itu membuat kita bisa merasakan rasa makanan yang kita makan setiap harinya. Jadi jika lidah sehat tentu dapat merasakan dengan baik dan proses pencernaan pun bisa terbantu selain itu lidah yang sehat juga akan berpengaruh pada bau mulut. 


lidah
Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah 

Jadi menjaga kesehatan serta kebersihan lidah sangat lah penting dan wajib kita lakukan. Lidah yang sehat dan bersih tersebut bisa menentukan kondisi kesehatan mulut seseorang. Tetapi sebagian orang telah mengabaikan hal ini karena mereka berfikiritu tidak begitu penting atau mereka berfikiran jika tidak ada masalah pada mulut akan beranggapan lidahnya tetap sehat. Hal ini memang tergolong ringan namun jika tidak dijaga dengan baik dan benar maka bisa memicu terjadinya masalah pada organ mulut.

Lidah merupakan bagian dari organ mulut yang langsung berkontak dengan kuman dan bakteri dari minuman atau makanan yang kita konsumsi. Jadi  kita harus cermat memperhatikan kesehatan lidah dengan baik agar tetap sehat. Nah, bagaimana cara menjaganya agar lidah menjadi bersih dan sehat tersebut, ikuti terus ulasannya di alasehat.net

Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah 


lidah
Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah 

Kesehatan lidah juga menjadi salah satu yang harus kita perhatikan dengan baik, sehingga kita harus bisa menjaganya agar tetap bersih dan sehat. Berikut beberapa cara mudah menjaga kebersihan lidah serta mencegah adanya kuman dan bakteri di lidah.

Sikat gigi


Tentu kita setiap hari selalu menyikat gigi untuk membersihkan gigi dan juga gusi agar terhindar dari bau mulut. Namun ketika setelah sikat gigi jangan lupa mengakhiri dengan menyikat bagian lidah secara perlahan dan pastikan sisa makanan ikut lepas beserta kuman bakterinya bersih. Untuk pemilihan sikat giginya usahakan memilih sikat gigi yang bulunya lembut.

Memakai pembersih lidah


pembersih lidah
Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah 

Selain menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah juga ada alat khusus untuk membersihkan lidah dengan aman. Tetapi harus diperhatikan penggunaannya harus secara lembut agar tidak menjadikan lidah terluka. 


Berkumur setelah makan


Ketika setelah selesai makan usahakan selalu berkumur dengan bersih agar sisa makanan bisa ikut lepas. Cara ini cukup efektif dalam menjaga kebersihan lidah. Usahakan setelah makan apapun itu harus berkumur dengan bersih.


berkumur
Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah 

Cairan antiseptik


Cairan antiseptik telah kita ketahui sudah banyak dijual di berbagai apotik untuk membantu membersihkan rongga mulut agar tetap sehat. Cairan antiseptic tersebut bisa membunuh bakteri dan juga membersihkan bercak putih di mulut.


Jeruk nipis


Jeruk nipis dapat berfungsi menghilangkan bercak putih yang ada di lidah. Cara menggunakannya dengan mencampurkan air jeruk nipis dan baking soda kemudian oles pada bagian lidah dan bersihkan dengan air. 

Yogurt


Yogurt merupakan minuman segar dan menyehatkan bersifat prebiotik. Jika mempunyai gangguan pada lidah bisa mengkonsumsi yogurt untuk membantu menghilangkan bakteri serta kuman di lidah.

Makanan untuk gigi


makanan untuk lidah
Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah 

Makanan untuk gigi atau biasa kita sebut dengan makanan pencuci mulut itu cukup berperan dalam menjaga kebersihan dan kesegaran lidah. Untuk itu memilih makanan pencuci mulut bisa menjadi salah satu caa menjaga kebersihan lidah dengan mudah seperti apel, lemon, strawberry, atau keju.

Kunyit


Kunyit ternyata juga bisa membantu membersihkan lidah dengan efektif. Caranya mudah cukup menyeduh dengan air dan diminum atau bisa untuk berkumur saja. Lakukanlah dengan teratur agar lidah anda tetap terjaga dengan baik. 

Tips Cara Menjaga Kebersihan Lidah tersebut diatas sangat mudah dilakukan setiap hari agar terhindar dari masalah yang bermunculan pada lidah dan anggota mulut lainnya. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kita semua, untuk mendapatkan berita terbaru lainnya bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Makanan Untuk Menyehatkan Gigi dan Gusi

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing