7 Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan tubuh manusia ternyata banyak sekali dijumpai disekitar kita. Tanaman liar yang memiliki manfaat ini pun kerap dianggap sebagai tanaman pengganggu dan tidak sedikit orang yang selalu mencabuti atau menghilangkan tanaman tersebut. namun, jangan salah sangka dulu terhadap tanaman liar yang ada di sekitar kita karena memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman liar tersebut mampu membantu mengobati berbagai macam jenis penyakit mulai dari yang  ringa hingga berat.


Tanaman Liar
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Bagi sebagian orang yang mengetahui akan khasiat yang diberikan oleh tanaman liar yang telah disediakan oleh sang pencipta ini menjadi obat alami yang sangat ampuh mengatasi beragam penyakit. Orang yang sering menggunakan obat herbal alami mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa tanaman liar yang akan kami ulas kali ini. Tanaman liar ini bisa dijadikan obat alternatif alami yang bisa kita petik di halaman rumah atau di lingkungan kita. 

Cara pengobatan dengan menggunakan obat herbal alami dari alam tidak mengandung efek samping yang membahayakan bagi tubuh kita tentu dengan aturan pakai yang tepat. Menggunakan obat herbal alami tentu tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Nah, tanaman apa sajakah itu? Simak selengkapnya di alasehat.net.

7 Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan


Berikut ini adalah 7 macam tanaman liar yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh kita yang bisa diperoleh dengan mudah dan murah.

Ciplukan


ciplukan
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Ciplukan merupakan tanaman liar yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia dimana tanaman ini banyak tumbuh dipekarangan, kebun, ladang atau persawahan. Tanaman yang memiliki bahasa latin Physialis angulata ini biasanya sering diburu anak-anak untuk diambil buahnya untuk dimakan. Buah dari ciplukan sendiri memiliki rasa yang manis ketika sudah matang. 

Ternyata tanaman ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh manusia mulai dari akar hingga daunnya bahkan seluruh anggota yang ada di tanaman ciplukan ini bermanfaat semua. Biasanya tanaman ini dibuat obat herbal dengan cara di rebus dan diminum air rebusannya. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan ciplukan antara lain sakit tenggorokan, influenza, paru-paru, gondongan, kencing manis, natuk rejan, bisul, bronchitis, borok, serta ayan.

Jarak bali


jarak bali
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Jarak bali atau yang biasa disebut dengan nama arak batang gajah yang sering dijadikan tanaman hias di taman atau pekarangan rumah. semua bagian yang ada di tanaman jarak bali ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Biasanya penggunaanya dengan cara direbus dan diminum airnya dengan teratur. Beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan jarak bali diantaranya demam, digigit ular berbisa, serta bengkak ditubuh.


Daun dewa


daun dewa
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Daun dewa adalah jenis tumbuhan liar yang subur dan sering kita jumpai dihalaman rumah, kebun atau ladang. Tanaman ini termasuk jenis tanaman semak yang cukup subur di Indonesia. Banyak orang yang mengira tanaman ini merupakan jenis rumput yang cukup mengganggu keindahan pekarangan atau lainnya sehingga sering dicabuti. Jika anda mengetahui akan manfaatnya tentu tidak lagi untuk mencabut atau membuangnya. 

Perlu diketahui daun dewa memiliki kandungan baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah tanin, saponin, flavonoid, serta minyak atsiri. Daun dewa mampu mengatasi masalah kesehatan seperti mempercepat pembekuan darah, menghentikan pendarahan, mencairkan pembekuan darah, membersihkan racun di dalam tubuh stimulasi sirkulasi, kejang pada anak, serta menghilangkan panas.

Sambiloto


sambiloto
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Sambiloto yang memiliki nama latin Andrographis paniculata merupakan tanaman herbal yang berasal dari Sri Lanka dan India.  Daun sambiloto memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh karena di dalamnya memiliki kandungan senyawa Andrographolide. Senyawa tersebut bersifat melindungi hati dari dampak negatif parasetamol dan galaktosamin. Sambiloto dapat berfungsi sebagai pencegah atau menekan pertumbuhan sel kanker.

Bunga kenop


bunga kenop
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Bunga kenop merupakan tanaman yang cukup indah dan biasa dijadikan tanaman hias yang cantik. Bunga kenop termasuk jenis tanaman liar yang mudah tumbuh di ladang atau pekarangan dengan cahaya matahari yang cukup.  Tanaman ini memiliki manfaat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan antara lain obat sesak napas, radang mata, batuk, peluruh dahak. Hal tersebut dikarenakan dalam bunga kenop mengandung beberapa zat kimia diantaranya Gomphrenin I, II, III, V, VI serta amarathin. Selain itu juga mengandung saponon, flavon, serta minyak atsiri di dalamnya.

Keji beling


keji beling
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan


Keji beling juga menjadi bagian dari tanaman liar yang ada di sekitar kita dengan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Jika anda melihat atau menjumpai tanaman ini jangan cepat-cepat untuk dibasmi karena bisa dijadikan obat herbal alami yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya menurunkan kolesterol, disentri, meluruhkan batu ginjal, diare, gatal-gatal karena digigit semut atau terkena ulat. Hal ini dikarenakan keji beling memiliki kandungan seperti tanin, glikosida, serta asam silikat. 

Handeuleum


handeuleum
Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan

Handeuleum dengan nama latin Graptopthyllum pictum merupakan tumbuhan perdu dengan batang tegak lurus yang muda tumbuh secara liar di pekarangan atau daerah dataran rendah. Tanaman ini cukup cantik sehingga banyak yang menanamnya sebagai tanaman hias yang cantik baik di taman ataupun halaman rumah. Terlepas sebagai tanaman hias yang indah tanaman ini juga menjadi obat herbal alami yang dapat membantu mengobati gangguan kesehatan diantaranya sembelit, memar, melancarkan BAB, reumatik, batu empedu, atatu sembelit.

Itulah 7 Tanaman Liar Kaya Manfaat Untuk kesehatan yang perlu kita ketahui bersama. Tanaman liar tidak selamanya liar namun dibalik itu justru memiliki kandungan baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman liar tersebut bisa dikatakan obat herbal alami yang disediakan oleh sang pencipta untuk umatnya namun belum benar-benar diketahui sepenuhnya oleh sebagian manusia. Sebenarnya selain 7 tanaman liar diatas juga masih banyak tanaman liar  yang tumbuh disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obet herbal alami seperti putri malu, boroco, krokot, rumput mutiara, alang-alang dan masih banyak lainnya. Nah, untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing