Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah

Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah, Usus adalah bagian dari organ pada sistem pencernaan di dalam tubuh yang cukup rentan terhadap suatu masalah. Hal ibi karena usus selalu dilalui oleh makanan yang dapat menyebabkan penyakit di dalam usus. Terlebih lagi jika makanan yang dikonsumsi banyak mengandung zat pengawet, lemak serta minyak yang bisa memunculkan berbagai masalah pada usus. Berbagai penyakit yang dapat memicu pada usus tersebut seperti kanker usus, luka pada usus, dan lain sebagainya.


usus
Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah

Jadi sebaiknya kita mampu menjaga kesehatan dengan baik agar terhindar dari berbagai masalah yang bisa membahayakan. Menjaga kesehatan usus bisa dilakukan dengan beragam cara mudah sehingga usus tetap bersih, sehat dan sistem pencernaan menjadi lancar. Info selengkapnya akan diulas di alasehat.net.

Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah


Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan usus agar tetap terjaga dengan baik.

Kurangi gula


gula
Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah

Gula dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat dan juga membuat kerja empedu lebih keras. Selain itu konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri jahat semakin meningkat di dalam usus. Dan hal itu dapat memicu masalah pada usus yang tentu sangat membahayakan kesehatan tubuh. Dengan demikian kita seyogyanya mengurangi konsumsi gula agar usus bisa tetap sehat dan terbebas dari bakteri jahat.


Makan dengan porsi kecil tetapi sering


Cara mudah selanjutnya adalah dengan membiasakan makan setiap harinya dengan porsi yang sedikit namun sering. Karena jika mengkonsumsi makanan langsung banyak akan membuat kerja usus menjadi lebih keras sehingga mengganggu kinerja usus. Jadi lebih baik makan dalam porsi kecil dan ketika lapar anda kembali makan dan diselingi dengan minum yang bertujuan untuk melancarkan sirkulasi makanan.


Kurangi stress


stress
Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah

Stress juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia salah satunya adalah kesehatan usus bisa terganggu. Hal ini juga dinyatakan dalam penelitan jurnal kesehatan Gut yang menyatakan dimana stress akan mempengaruhi sistem pencernaan terutama pada usus.  Para peneliti pun sepakan berpendapat bahwa stress memicu peradangan pada usus dan juga mengganggu saraf parasimpatis yakni suatu sistem yang bekerja mengontrol gerakan usus. 


Konsumsi makanan segar


Makanan segar yang tidak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya dapat berfungsi menjaga kesehatan susu dengan baik. Jadi pastikan adna tetap dan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang segar dan kaya serat.

Konsumsi makanan yang mengandung bakteri prebiotik


prebiotik
Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah

Tips menjaga usus selanjutnya adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri prebiotik dinama bakteri ini dpaat berfungsi membantu usus memproduksi bakteri baik menjadi meningkat. Dimana bakteri baik tersebut berguna untuk menjaga usus agar tetap sehat.


Cukup istirahat


Istirahat menjadi salah satu cara mudah dan sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh khususnya usus. Istirahat yang cukup paling tidak tidur 8 jam setiap harinya akan membantu mengatur hormon yang terdapat pada usus. Hormon tersebut dapat berfungsi mengontrol rasa kenyang, lapar dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan di dalam usus sehingga usus tetap terjaga kesehatannya. 

Cara Menjaga Kesehatan Usus Dengan Mudah seperti yang diuraikan diatas bisa anda terapkan dalam diri anda agar terhindar dari beragam masalah atau gangguan di dalam usus. Selain cara diatas hal penting lainnya yang perlu dilakukan agar usus tetap sehat adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Sayangi tubuh anda sedini mungkin agar tubuh selalu sehat dan kita bisa beraktivitas dengan baik setiap hari. Semoga bermanfaat dan ikuti terus info-info terkini yang bermanfaat dengan berlangganan di facebook dan google +. Baca juga Cara Mengobati Cacingan Secara Alami

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing