Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh – Kencur merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sering disebut dengan apotik hidup dan merupakan juga sebagai tanaman temu-temuan. Tanaman kencur ini tumbuh subur di daerah yang tanahnya gembur namun jika tidak punya pekarangan bisa juga ditanam di dalam pot atau polibek. Kencur sering digunakan sebagai bumbu tambahan untuk memasak sebagai penambah rasa masakan agar menjadi lebih lezat. Kencur yang memiliki aroma segar dan khas tersebut memiliki bentuk yang kecil berkulit coklat dan pada dagingnya berwarna putih. Kencur selain dijadikan bumbu masak juga sering dipakai sebagai bahan utama pembuatan jamu beras kencur yang disukai oleh banyak orang. 

Kencur disebut apotik hidup karena di dalamnya mengandung banyak zat yang baik dan bermmanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dimana di dalam kencur tersebut terdapat alkaloid, minyak atsiri, zat baik seperti zat asam anisatsineol, zat asam sinamat, zat paraeumarin, zat asam metil kanil, kamphene, gom, etil ester, zat pentadekaan serta borneol serta alkolid. Dengan begitu banyak kandungan di dalamnya maka tak heran jika kencur bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh maupun dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. 


Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh


kencur
Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh

Kencur telah dibuktikan dalam dunia kesehatan atau pengobatan bahwa kencur mampu mengatasi beragam penyakit di dalam tubuh manusia. Kencur sebagai obat herbal tradisional yang bisa menjadi salah satu alternatif untuk pengobatan yang mudah, murah dan alami. Cara pengobatan dengan alami atau menggunakan bahan alami kini telah banyak disarankan karena tidak memiliki efek samping dari bahan kimia yang kurang baik bagi tubuh. Untuk mendapatkan kencur cukup mudah anda bisa membeli di pasar tradisional hingga modern atau bisa memetik di kebun. Anda pun bisa menanamnya sendiri di pekarangan atau di dalam pot karena menanam kencur ini pun cukup mudah. 

Berikut ini kami selaku penulis alasehat.net akan mengupas atau memberikan informasi tentang manfaat kencur bagi kesehatan tubuh secara lengkap sebagai berikut ini.


Mengatasi radang lambung


radang lambung
Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh


Jika anda memiliki masalah dengan lambung khususnya lambung yang mengalami peradangan anda bisa memakai kencur sebagai alternatif untuk menyembuhkannya. Caranya dengan mengunyak kencur yang telah dibersihkan terlebih dahulu lalu telan airnya dan ampasnya dibuang. Lakukanlah cara ini dengan teratur dan rasakan manfaatnya. 

Mengobati batuk


Batuk memang bukanlah jenis penyakit yang sangat membahayakan namun jika batuk tidak segera diobati maka sangat menyiksa sekali bagi penderitanya. Terkadang batuk sulit untuk diobati namun anda bisa menggunakan kencur untuk mengatasi batuk dengan cepat. Caranya dengan mengambil 2 biji kencur kemudian diparut dan seduh dengan air hangat aduk merata dan saring ambil airnya lalu tambahkan garam kemudian minumlah. Lakukanlah sehari satu kali agar batuk anda segera pergi dan anda terbebas dari batuk yang cukup menyiksa itu. 


kencur
Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh


Mengobati masuk angin


Terjadinya masuk angin pada seseorang biasanya karena berbagai hal seperti tidur dilantai, kecapekan dan lain sebagainya. Salah satu alternatif mengatasi masuk angin biasanya orang melakukan kerikan pada tubuhnya yang itu kurang baik bagi kesehatan tubuh. Cobalah menggunakan ramuan dari kencur untuk mengatasi masuk angin secara alami dan mudah. Caranya makanlah kencur dengan sedikit garam lalu minum air hangat. Untuk mencegah terjadinya masuk angin anda bisa melakukannya sehari sebanyak dua kali. 


Mengobati diare


diare
Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh

Diare jika dibiarkan akan membuat penderitanya semakin lemas dan lemah, jadi jika anda mengalami diare segeralah obati agar diare cepat sembuh. Salah satu obat diare tradisional yakni dengan memanfaatkan kecur yang bisa anda dapatkan di dapur anda. Caranya dengan menghaluskan dua biji kencur, dua biji bawang merah, lalu bungkus dengan daun pisang bakar hingga hangat dan terakhir oleskan ramuan tadi di bagian perut anda secara merata. 

Manfaat Kecur Untuk Kesehatan Tubuh lainnya antara lain sebagai anti kanker, mengobati peradangan pada usus, sebagai antioksidan, menghilangkan racun ditubuh, membunuh bakteri pada usus, sebagai sumber serat, serta dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Selain sebagai obat tradisional untuk mengatasi beragam penyakit tersebut diatas kencur juga baik untuk kecantikan kulit. Itulah beberapa manfaat kencur yang cukup legendaris jadi selain bisa anda manfaatkan untuk memasak juga bisa anda manfaatkan sebagai alternatif untuk pengobatan alami. 

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat yang baik bagi pembaca semua jangan lupa terus ikuti berita menarik dan bermanfaat lainnya dengan berlangganan di facebook dan google + serta jangan lupa share agar lebih banyak yang tau akan informasi yang bermanfaat ini. Baca pula artikel lainnya yang juga bermanfaat khususnya bagi kesehatan tubuh secara alami seperti Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing