Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh masih kurang dimengerti atau dipahami oleh sebagian banyak orang. Semua masakan memang akan terasa nikmat jika diberi garam dan sehebat apapun masakannya jika tanpa garam akan terasa hambar. Makanan asin memang sangat meningkatkan selera makan kita terlebih lagi cemilan-cemilan yang asin lebih nikmat dan terasa lebih gurih. Tak heran jika garam merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari aneka masakan.

Saat ini pun banyak orang yang menyukai makanan atau cemilan yang berasa asin namun tahukah bahwa makanan yang terlalu asin tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Memang semua yang berlebihan itu tidak baik seperti halnya mengkonsumsi garam jika berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. 


garam
Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Di dalam tubuh manusia memang membutuhkan garam yang memiliki kandungan yodium. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa yodium yang ada di dalam garam dapat mencegah penyakit gondok. Setiap tubuh manusia memerlukan asupan garam beryodium setiap harinya sekitar 1 gram untuk dewasa dan kurang dari 1 gram untuk anak-anak. Namun pada kenyataannya kini banyak orang baik anak-anak hingga dewasa yang gemar mengkonsumsi makanan asin atau banyak mengandung garam karena terasa lebih nikmat dan gurih. 

Garam yang menjadikan rasa asin yang melebihi batas normal justru akan berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh manusia, terlebih lagi jika dikonsumsi terus menerus setiap harinya. Jika anda menyukai rasa asin dan tau akan dampak buruknya mungkin mulai sekarang akan belajar mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan asin secara perlahan namun pasti. Apa sajakah dampak mengkonsumsi makanan asin tersebut? simak terus ulasan lengkapnya hanya di alasehat.net berikut ini.

Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh


makanan asin
Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah beberapa bahaya atau dampak negatif bagi kesehatan tubuh manusia dari mengkonsumsi makanan asin yang berlebihan secara terus menerus.

Obesitas


Obesitas merupakan kelebihan berat badan yang salah satu penyebab utamanya adalah gemar mengkonsumsi makanan asin. Hal ini disebabkan karena makanan asin akan memjadikan nafsu makan menjadi naik lebih tinggi, selain itu juga menyebabkan rasa haus sehingga tubuh akan mengkonsumsi banyak cairan. Jika yang dikonsumsi air mineral atau air putih dapat mengurangi resiko obesitas namun jika yang diminum minuman yang manis-manis akan menyebabkan tingginya tubuh terserang obesitas dimana obesitas dapat menyebabkan resiko berbagai penyakit kronis yang bisa membahayakan tubuh. 

Kanker perut


Membiasakan mekan makanan asin dapat menyebabkan terkena kanker perut. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan bakteri H.pylori pada usus dan juga lambung semakin meningkat. Bakteri tersebut merupakan bakteri penyebab kanker perut serta radang pada lambung.  Selain itu penumpukan garam pada usus akan mengakibatkan perkembangnya bakteri dan merusak sel yang ada pada perut.


makanan asin
Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Hipertensi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa dipicu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin. Kadar asin akan menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi dan lebih besar jadi resiko tekanan darah tinggi lebih besar. Sebaiknya jika memiliki tekanan darah tinggi lebih baik segera mengurangi asupan makanan yang asin-asin dan diimbangi dengan olahraga cukup dan pola hidup sehat.

Serangan jantung koroner


Serangan jantung koroner merupakan pasokan darah yang ada di jantung terhenti karena tersumbat sehingga organ jantung tidak mampu memompa darah kesemua organ di dalam tubuh. Penyakit ini cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan seseorang mengalami kematian secara tiba-tiba tanpa adanya gejala atau tanda-tanda apapun. Yuuk belajar hidup sehat dan sayangi jantung anda...

Diabetes


Diabetes atau sering disebut penyakit gula ini juga bisa dipicu dengan banyaknya mengkonsumsi makanan asin. Biasanya orang yang senang makan asin akan haus dan minum minuman manis dan hal itulah yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Tingginya kadar gula dalam darah karena lemahnya pankreas sehingga produksi insulin melemah yang membuat diabetes menjadi lebih buruk. Diabetes itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya.

Asma


asma
Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Asma juga dipicu karena seringnya mengkonsumsi makanan asin terutama pada anak-anak. Banyak anak-anak yang menyukai makanan atau snack yang rasanya asin. Makanan asin akan menyebabkan timbulnya alergi dan membuat penderita mengalami sesak nafas. Dengan demikian lebih baik kurangi memberikan makanan asin pada anak-anak. 

Itulah Bahaya Makanan Asin Bagi Kesehatan Tubuh yang perlu kita ketahui bersama, setelah membaca dan mengerti akan bahaya dari makanan asin tersebut diatas setidaknya kita lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan dan mengurangi makanan asin. Semoga informasi yang kami ulas bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + serta baca pula informasi menarik dan bermanfaat lainnya seperti Cara Mengobati Kista Secara Alami

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing