Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan – Selada air adalah sayuran hijau yang tumbuh menahun yang banyak ditemukan di daerah Asia serta Eropa. Sayuran ini memang sangat enak dikonsumsi ketika mentah dan dalam kondisi masih segar.  Selada air biasanya dijadikan sebagai bahan tambahan untuk sajian salad, sandwich, sup, lalapan, bahkan dijadikan untuk menghiasi makanan. Jenis tanaman ini mudah tumbuh di air sehingga jika ingin memakannya atau mengolahnya harus dibersihkan dengan baik agar kotoran, polutan, parasit,dapat hilang. Selada air sendiri memiliki bentuk yang kecil, berwarna hijau bulat serta bergerigi dan rasanya yang segar sedikit asam dan pedas. 

Selada air yang dikenal sebagai sayuran segar yang bisa disajikan untuk berbagai olahan makanan ternyata menyimpan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut karena di dalam selada air terdapat kandungan nutrisi yang mampu membantu menjaga serta mengatasi masalah pada tubuh. Bahkan menurut suatu penelitian bahwa dalam selada air mengandung mineral dan 15 vitamin dan memiliki kalsium lebih banyak dibandingkan susu, zat besinya lebih banyak daripada bayam, serta kandungan vitamin C nya lebih banyak dari pada jeruk.

selada air
Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran selada air ini antara lain kalori, vitamin C, B kompleks, A, flavonoid antioksidan, kalsium, mangan, vitamin K, fitonutrien, beta karoten, vitamin B6, riboflavin, thiamin, niasin,asam pantotenat, zaexanthin, lutein, isothiocy.  Kandungan nutrisi tersebut membuat selada air memberikan manfaat yang melimpah terhadap kesehatan tubuh manusia. Berikut ulasan lengkapnya bisa di simak di alasehat.net

Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan



selada
Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Ingin mendapatkan manfaat dari selada air yang sangat melimpah ttersebut, kita bisa mengkonsumsinya setiap hari agar kesehatan tubuh bisa terjaga dengan baik.

Mengurangi resiko kanker


Menurut penelitian oleh para ilmuwan menyatakan bahwa daun selada air memiliki senyawa phenylethy isothiocyanate yang bersifat anti-kanker. Selain itu juga menemukan bahwa selada air dapat mencegah atau menghambat sel kanker pada tubuh. Kandungan vitamin C dan A dalam selada air dapat berfungsi melindungi kulit dari sinar UV yang tinggi yang bisa mengakibatkan kanker kulit.

Menurunkan kolesterol


Sayuran ini merupakan sayuran hijau dengan kandungan kalori yang rendah dan di dalamnya tidak terdapat kandungan lemak. Untuk itu bebagai pakar gizi menyarankan sayuran selada air ini dalam tujuan mengendalikan kolesterol darah dalam tubuh dan juga dengan mengkonsumsi selada air dapat mengendalikan berat badan. Jadi pas juga buat yang sedang melakukan program diet.


salad selada
Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Mengurangi resiko kerusakan DNA


University of Ulser yang telah melakukan penelitian pada selada air menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran ini dengan teratur setiap harinya mampu mengurangi resikorusaknya DNA yang terjadi pada sel darah dan juga dapat melawan kerusakan DNA karena terkena radikal bebas yang berbahaya dengan signifikan.

Mencegah tumor


Senyawa phenylethy isiothioniyanate yang terdapat dalam selada air juga mampu mencegah terjadinya tumor hal ini disebutkan oleh penelitian di University of Southampton.  Ketika tumor muncul di dalam tubuh dan berkembang maka senyawa tersebut mampu mengatasi  dengan cepat pasokan darah sehingga aktivitas jaringan yang ada dalam tubuh lebih normal.

Meningkatkan sistem Kekebalan Tubuh


Selada air mengandung asam karbonat, vitamin C yang sangat tinggi yang bisa menjadi antioksidan dan dapat membantu mencegah radikal bebas yang berbahaya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat mencukupi kebutuhan zat besi, menjaga jaringan ikat, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut akan membuat tubuh akan tidak mudah sakit, mengurangi resiko terkena agen infeksi seperti sinusitis, infeksi saluran pernapasan, dan lainnya.

Menjaga kesehatan tulang


Selada air menjadi penghasil alami kalsium, serta vitamin K yang mampu menjaga kesehatan tulang. Nah bagi yang mengalami masalah tulang bisa salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mengkonsumsi daun selada air dengan teratur setiap harinya.


jantung sehat
Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan

Mengontrol tekanan darah dan kerja jantung


Kandungan magnesium, tembaga, kalium, kalsium, fosfor, serta mangan yang terdapat dalam selada air mampu menjaga kesehatan jantung serta mengrontrol tekanan darah agar tetap normal.  Kalium menjadi komponen paling penting dari cairan tubuh dan sel yang akan mengontrol tekanan darah dan detak jantung dalam tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi selasa air jantung dan tekanan darah akan menjadi lebih sehat.

Mengobati diabetes


Kandungan alpha-lipoic antioksidan pada selada air dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar glukosa, serta mencegah oksidatif stres pada penderita diabetes. Asam alhpa-lipoic terbukti mampu menurunkan neuropati otonom atau neuropati perifer pada orang yang menderita penyakit diabetes.

Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan


Selain manfaat diatas masih banyak lagi manfaat selada air bagi kesehatan lainnya diantaranya sebagai obat anemia, menghilangkan racun, menjaga fungsi empedu, mengatur kerja tiroid, mencegah gangguan kardiovaskular, menjaga sistem pencercaan, menurunkan tekanan darah,  menjaga sistem metabolisme, mencegah penyakit stroke, meningkatkan daya kognitif, mengobati depresi, menjaga kesehatan mata, mengatasi jerawat, menjaga kesehatan gusi dan gigi, mencegah penuaan dini, serta menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Hanya dengan mengkonsumsi selada air kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. 

Itulah tadi Manfaat Selada Air Untuk Kesehatan yang memang menyimpan banyak sekali manfaat sehat bagi tubuh kita. Tunggu apa lagi mulai sekarang masukkan selada air dalam menu makanan harian anda. Untuk mengetahui berita terbaru dan bermanfaat lainnya bisa berlangganan kami di facebook dan google + jangan lupa juga baca artikel ini Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing