Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan – Biji pepaya merupakan bagian dari pepaya yang memiliki khasiat luar biasa yang tidak kalah dengan buah pepaya. Memang manfaat dari biji pepaya ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Biasanya ketika makan buah pepaya bijinya akan dibuang begitu saja tanpa mengetahui akan manfaat yang ada di dalamnya. Tetapi juga ada sedikit orang memanfaatkannya karena mengetahui akan manfaat ajaib yang diberikan oleh biji pepaya. 


pepaya
Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Biji pepaya memang rasanya tidak begitu enak seperti kita memakan buahnya dimana biji pepaya jika digigit akan terasa unik bagaikan merica hitam yang dicampur mustard. Namun dibalik rasanya yang kuat dan aneh biji pepaya menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh manusia.  Cara memakan biji pepaya agar terasa tidak aneh bisa dicampurkan ke dalam makanan. Penasaran kan dengan manfaat biji pepaya simak terus ulasannya di alasehat.net

Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan



biji pepaya
Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Sebelum mengulas lebih jauh tentang manfaat biji pepaya terlebih dahulu mengetahui beberapa kandungan gizi yang terdapat pada biji pepaya. Kandungan gizi pada biji pepaya diantaranya steroid, alkaloid, minyak atsiri, serta tanin, . Selain itu juga sangat tinggi beberapa kandungan asam lemak tak jenuh. Selanjutnya juga terdapat kandungan senyawa kimia terpenoid, fenol, dan saponin. Senyawa tersebut bersifat anti-androgen, sitoksik dan memiliki efek estrogenik. Juga terdapat kandungan karbohirat yang sedikit, lemak, protein, air, abu dan juga ada senyawa glucoside. Adanya manfaat dari biji pepaya memang diluar dugaan jadi jangan membuangnya dan inilah beberapa manfaat dari biji pepaya untuk kesehatan.

Membantu pencernaan


Kandungan zat papain dalam biji pepaya dapat membantu enzim pencernaan dalam membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh. Jadi anda bisa mengkonsumsi biji pepaya bisa dikeringkan dan dihaluskan lalu ditambahkan dengan air.


biji pepaya
Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Mencegah infeksi parasit


Biji pepaya yang mengandung enzim proteolitik dapat membantu membersihkan dan menghilangkan parasit dari tubuh. Hal tersebut dikarenakan bahwa zat papain mampu memecah parasit, beserta dengan telurnya dan limbah protein. Biji pepaya ini juga tterdapat alkaloid anthelmintik atau dinamakan carpaine yang terbukti ampuh dalam membunuh amuba dan cacing parasit dalam tubuh.

Mengatasi uban


uban
Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Rambut beruban merupakan salah satu masalah yang bisa mengganggu penampilan seseorang, banyak cara agar uban tidak terlihat seperti dengan memberikan warna dan lain-lain. salah satu cara mudah dan alami bisa memanfaatkan biji pepaya. Caranya dengan mengeringkan biji pepaya lalu dihaluskan kemudian oleskan pada rambut dengan merata dan keramasi hingga bersih lakukan secara teratur agar uban tidak kembali muncul.

Mengobati sirosis hati



sirosis hati
Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan

Sirosis hati merupakan penyakit hati yang mengeras dan menyusut yang disebabkan oleh gaya hidups erta pola makan yang tidak baik. Biji pepaya dipercaya ampuh menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh yang bisa mengakibatkan penyakit yang serius yakni penyakit sirosis.  Dan biji pepaya dianggap sangat efektif dalam mengatasi penyakit sirosis hati. Cara nya dengan menghaluskan 5 biji pepaya campurkan dengan air jeruk nipis 1 sdm dan minum. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter yang menangani masalah penyakit sirosis hati. 

Itulah beberapa Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, namun dalam mengkonsumsinya harus diatur  dan jangan terlalu sering dan terlalu banyak karena bisa menganggu kesehatan tubuh gunakanlah beberapa biji saja. Hal tersebut adanya substansi yang  memiliki efek fisiologis. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendpaatkan berita terbaru dan bermanfaat. Baca juga artikel ini Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing