Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan ternyata dapat membantu mengatasi masalah pada tubuh dan ini masih belum banyak orang mengetahuinya. Biasanya petai cina ini ada yang menyebutnya lamtoro dan awal mulanya petai cina berasal dari Meksiko serta Amerika Serikat dan menyebar hingga ke Indonesia. Tanaman ini berbatang tidak begitu besar dengan daun yang rindang dan biasanya digunakan untuk penuh, selain itu daunnya dijadikan pakan ternah, kayunya untuk kayu bakar, sering juga dijadikan untuk penghijauan serta mencegah terjadinya erosi. Dan buahnya  berukuran kecil yang biasa dijadikan olahan makanan seperti botok, urap, lalapan, campuran pecel, dll. 


Petai Cina
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Tanaman ini cocok tumbuh dimanapun, namun karena serangan dari hama wereng membuat tumbuhan ini menjadi sedikit punah, tetapi di daerah pedesaan masih sering kita jumpai tumbuhan ini. Cara perkembangbiakannya bisa dilakukan dengan stek batang, serta menyebarkan biji petai cina yang sudah tua. Biji dari petai ini berukuran sangat kecil dan rasanya yang khas, selain itu juga menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Petai cina atau lamtoro memiliki berbagai kandungan senyawa yang baik dan mampu membantu mengatasi masalah pada kesehatan seperti vitamin C, A, B1, mineral, lemak, energi, zat besi, fosfor, protein, kalsium,s erta karbohidrat. Dan tak heran jika si kecil ini mampu mengatasi masalah pada gangguan kesehatan tubuh.



Petai Cina
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Nah, jika selama ini kita memanfaatkan petai cina untuk menu makanan yang lezat juga menyimpan khasiat luar biasa yang belum kita ketahui.  Bahkan ada beberapa negara yang memanfaatkan pohon petai cina ini menjadi obat herbal tradisional dalam mengatasi beberapa penyakit. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya bisa simak terus ulasannya hanya di www. alasehat.net

Mencegah kanker


kanker
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Kanker menjadi penyakit yang menngerikan dan mematikan di seluruh dunia. Terjadinya penyakit kanker pada tubuh dikarenakan beberapa faktor seperti pola hidup, serta tekena radikal bebas.  Perlu diketahui bahwa radikal bebas merupakan zat membahayakan yang menyerang tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor yakni polusi udara, lingkungan yang tidak sehat, pola hidup, atau bisa dengan makanan yang dikonsumsi tidak menyehatkan.

Petai cina mampu menjadi antioksidan pada tubuh yang melindungi tubuh dari radikal bebaas yang berbahaya. Jadi mengkonsumsi petai cina bisa membuat tubuh sehat dan mencegah terjadinya penyakit kanker karena mampu menangkal radikal bebas berbahaya, cara mengkonsumsinya bisa dengan makan langsung petai cina, bisa juga dijadikan olahan seperti urap, botok, dll.

Mengatasi diabetes


diabetes
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Penyakit diabetes juga menjadi penyakit yang mengerikan dan mematikan seperti kanker. Penyebab penyakit ini dikarenakan kadar gula dalam darah sangat tinggi dan ditengarai penyakit ini cara menyembuhkannya cukup sulit. Dalam hal ini petai cina bisa menjadi salah satu solusi tepat dalam membantu mengatasi penyakit diabetes karena petai cina dapat menormalkan pankreas dan juga menurunkan kadar gula dalam darah. 

Nah bagi yang menderita diabetes, petai cina ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengobatinya secara alami dan ampuh. Untuk mengobati diabetes bisa membuat ramuan tradisional dengan menggoreng petai cina tanpa minyak atau di sangrai dan dihaluskan hingga menjadi bubuh. Cara mengkonsumsinya bubuk tersebut diseduh dalam gelas dengan air panas dan setiap satu gelas cukup satu sendok bubuk petai  dan minum setiap harinya dengan teratur.

Mengatasi psoriasis


psoriasis
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Psoriasis merupakan penyakit yang terjadi pada kulit namun tidak menular biasanya akan membuat kulit gatal, kasar, kering, dan kemerahan. Terlihat sepele namun jika tidak segera diobati akan menyebar keseluruh tubuh serta sulit untuk disembuhkan. Nah cara penyembuhannya dnegan membuat ramuan herbal tradisional dari petai cina dengan menghaluskan petai cina dan dioleskan pada kulit atau juga bisa dimakan dengan langsung.

Menjaga kesehatan kulit


Selain biji petai cina, daun petai cina pun dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Daun petai cina mengandung enzim alami yang dapat membantu pembentukan kolagen pada sel kulit jadi kulit akan lebih terang dan tidak kusam, kering, bahkan keriput. Memiliki kulit yang sehat dan segar dapat membuat seseorang terlihat muda, segar dan percaya diri yang kuat.  Ekstrak dari daun petai cina dapat dibuat toner kulit sehingga dapat melembabkan kulit, mengatasi kulit berminyak, dan memberikan nutrisi pada kulit agar tetap segar.

Mengobati cacingan


cacingan
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Cacingan sering menyerang tubuh manusia semua usia dan yang lebih sering terjadi pada anak-anak. Seseorang yang terjangkit cacingan biasanya tubuhnya akan menjadi kurus karena sari makanan dalam tubuh diserap oleh cacing jahat. Nah untuk itu atasi cacingan alam tubuh dengan mengkonsumsi petai cina dengan teratur bisa  dimakan langsung atau bisa juga dibuat obat herbal alami dengan menghaluskan lamtoro atau perati cina yang telah kering dan diseduh dengan air panas lalu diminum ketika hangat. Petai cina mampu mengobati cacingan karena dapat mengeluarkan serta membunuh cacig-acing yang ada pada tubuh.

Analgesik


Selain daun dan biji, kulit pohonnya juga berkhasiat untuk kesehatan yakni sebagai penghilang rasa nyeri atau analgesik. Di Indonesia mungkin masih belum banyak yang tau bahwa kulit pohonnya dapat menjadi obat tetapo di beberapa negara lain sering dimanfaatkan sebagi obat herbal tradisional. Cara pembuatannya yakni dengan mengerat kulit pohonnya dihaluskan lalu diseduh ddan diminum. Cara ini bisa mengatasi nyeri pada otot, kram, dll.


olahan petai cina
Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan

Begitu banyak Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan, maka taka ada salahnya kita mengkonsumsinya setiap hari.  Nah, sehat alami dan tidak membahayakan tubuh bisa kita lakukan sejak sekarang agar tubuh tidak mengalami atau terjangkit penyakit yang berbahaya. Sebenarnya Tuhan telah menciptakan berbagai tumbuhan yang ada di alam dengan berjuta manfaat sendiri-sendiri yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, namun manusianya yang mungkin masih belum mengetahuinya dengan baik. Nah untuk bisa mengetahui artikel terbaru yang bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google + dan jangan lupa juga baca artikel bermanfaat dari alam ini Manfaat Umbi Talas Untuk Kesehatan Tubuh

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing