Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Manfaat Petai Untuk Kesehatan – Petai atau pete menjadi salah satu makanan yang kurang digemari oleh sebagian orang karena memiliki bau yang sangat menyengat, namun tidak sedikit orang juga menyukai makanan ini. Buah petai yang berwarna hijau berbentuk bulat pipih dan rasanya memang sangat khas dengan bau yang cukup fenomenal. Biji petai sendiri berada di balut kulit yang berwana hijau yang didalamnya seperti papan yang menampung biji petai. 


petai
Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Petai memiliki aroma yang sangat khas dan menyengat dikarenakan dalam biji petai terdapat asam amino yang ada kandungan unsur sulfurnya. Kandungan itulah yang menjadikan biji petai memiliki bau yang khas yang tidak disukai banyak orang. Bahkan petai ini di negara Amerika menjadi makanan dengan bau yang terburuk. Tetapi dibalik bau yang sangat dibenci banyak orang menyimpan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. 

Pete mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi seperti protein, fosfor, karbohidrat, vitamin A, zat besi, glukosa, sukrosa, fruktosa, trytophon,  serta vitamin B6. Dengan adanya kandungan gizi pada pete tersebut membuat pete ini memiliki berbagai manfaat yang sangat luar biasa dalam menjaga dan mengatasi eksehatan tubuh. Untuk lebih jelasnya bisa terus simak ulasannya di alasehat.net

Manfaat Petai Untuk Kesehatan



petai
Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beragam manfaat petai bagi kesehatan tubuh dengan melihat berbagai khasiat petai ini mungkin orang yang semula tidak menyukainya akan mulai suka terhadap buah petai. 

Meredakan depresi


Manfaat pete pertama yakni mampu mengatasi depresi yang sedang terjadi dalam diri seseorang. Kandungantryptophan dalam petai dapat menjadi faktor yang bisa membuat depresi seseorang menjadi lebih baik. Kandungan tryptophan yang terdapat pada pete memiliki efek positif pada tubuh seperti akan menjadikan tubuh rileks, lebih bahagia, serta mampu memperbaiki emosi serta mood seseorang.

Mencegah anemia


Petai mampu mencegah terjadinya penyakit animea atau kekurangan sel darah merah tubuh. Hal tersebut diakrenakan kandungan zat besi yang cukup tinggi pada buah petai.   Jika tubuh terkena anemia maka tubuh akan terasa lemas, lesu, tidak bersemangat, letih, lunglai, mudah terkena penyakit, mual, pusing, serta tidak dapat beraktivitas dengan maksimal setiap harinya.  Maka dari itu dengan mengkonsumsi pete dapat mencegah terjadinya anemia menyerang tubuh anda. Tidak perlu banyak mengkonsumsi pete konsumsilah secukupnya saja.

Meningkatkan kemampuan kognitif


kemampuan kognitif
Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Kandungan kalium yang sangat tinggi pada buah petai mampu membantu meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Dimana kemampuan kognitif tersebut seperti kemampuan dalam mengingat, melakukan rekognisi, serta mempersepsikan sesuatu dengan indera. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa siswa yang ketika sarapan pagi atau makan siang  mengkonsumsi pete ternyata mampu mengerjakan soal-soal disekolah dengan mudah daripada mereka yang tidak mengkonsumsi petai.

Mencegah kegemukan


Adanya kandungan serat pada pete yang tinggi mampu mengikat lemak sehingga dapat mencegah kegemukan paa tubuh seseorang.  Diketahui salah satu penyebab kegemukan adalah faktor pikiran yang stres, tekanan, deprsi maka dengan mengkonsumsi pete dapat mengurangi gelaja hal tersebut jadi tubuh akan terhindar dari kegemukan.

Menjaga kesehatan jantung


Petai sangat bersabahat dengan salah satu organ tubuh yakni lambung dimana walaupun dimakan mentah tidak akan berdampak buruk pada kesehatan lambung.  Bahkan petai sangat baik bagi kesehatan lambung seperti mengatasi luka dan iritasi lambung, menetralisir asam lambung, serta bisa sebagai pencegah timbulnya infeksi pada lambung.

Mencegah stroke


stroke
Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Stroke yang biasa banyak menyrang orang tua ini bisa dicegah dengan buah petai. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari Inggris.  Dengan mengkonsumsi pete maka membantu seseorang akan terhindar dari penyakit stroke serta memperkecil tubuh terserang penyakit stroke.

Mengandung antioksidan


Kandungan antioksidan dalam pete termasuk cukup tinggi sehingga mampu membantu menangkal radikal bebas berbahaya yang akan masuk ke dalam tubuh. Antioksidan yang ada juga dapat berfungsi membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta imunitas yang akan membuat tubuh tidak cepat terserang beragam penyakit dan pete memang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan vitamin A, C yang tinggi


Kandungan vitamin A dan C yang tinggi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dimana kandungan vitamin A nya dapat berfungsi menjaga kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, serta mengatasi gangguan pada mata. Sedangkan vitamin C nya dapat mencegah terjadinya sariawan, infeksi serta gusi berdarah, menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak cepat sakit.

Mengatasi hipertensi


hipertensi
Manfaat Petai Untuk Kesehatan

Buah pete atau petai mampu mengatasi penderita hipertensi  agar kembali normal dan sehat. hipertensi sendiri terjadi dikarenakan berbagai faktor yang akan mengakibatkan seseorang mudah marah, resiko terjangkit penyakit kronis, serta mudah lelah. Jadi jika anda menderita hipertensi salah satu cara menurunkannya bisa dengan mengkonsumsi pete atau petai ini.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Petai Untuk Kesehatan yang kita bisa dapatkan dari mengkonsumsi buah petai. Nah, dengan banyaknya khasiat buah petai seperti diatas apakah anda tetap menolak buah pete untuk memakannya? Pete bisa dimakan mentah begitu saja namun juga bisa dibuat aneka masakan yang lezat dan menggoda lidah. Baca juga artikel ini Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca semua.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing