Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan memang masih belum diketahui oleh masyarakat luas, begitu disayangkan memang karena sayuran yang memiliki bau dan rasa yang khas ini sangat ampuh dalam menjaga dan mengatasi gangguan kesehatan tubuh. Jengkol memang banyak orang yang menghindarinya karena baunya yang sangat menyengat namun tidak sedikit orang yang menyukainya. Bahkan jengkol ini di Indonesia menjadi salah satu menu makanan tradisional yang cukup populer. 

Gambar Jengkol


jengkol
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan


Jengkol memiliki tekstrur yang empuk ketika sudah dimasak dan memiliki cita rasa yang sangat khas.  Jengkol pun kini tak hanya diolah menjadi lauk atau menu hidangan yang lezat namun juga telah diolah menjadi aneka cemilan seperti kripik jengkol. 

Dibalik aromanya yang sangat menyengat tajam bahkan banyak yang menghindarinya ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.  Banyak sekali manfaat jengkol yang belum kita ketahui dan khasiatnya memang sudah tidak diragukan lagi. untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai manfaat jengkol bisa disimak terus ulasannya di alasehat.net

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan


Olahan Jengkol



masakan jengkol
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Walaupun banyak yang menganggap jengkol sebagai makanan yang tidak modern atau berkelas rendah tapi perlu diketahui bahwa menurut penelitian dalam jengkol terdapat kandungan gizi yang sangat kaya. Kandungan gizi dalam jengkol yang dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan seperti  karbohidrat, saponin, protein, minyak astiri, tanin,vitamin A, B, C,besi, air, fosfor, steroid, kalsium, glikosida, dan alkaloid. Nah dengan begitu kaya kandungan gizinya membuat manfaat jengkol tidak dapat diragukan lagi seperti ini.

Mencegah anemia


anemia
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Jengkol yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi dapat berperan penting dalam mencegah serta mengatasi produksi sel darah merah.  Tubuh jika kekurangan zat besi dapay mengakibatkan produksi sel darah merah akan menjadi berkurang dan mengakibatkan suplai zat makanan dan oksigen yang akan diperlukan oleh seluruh sel yang ada di dalam tubuh juga akan berkurang. Nah, efek dari berkurangnya supai zat makanan dan oksigen dapat menurunkan fungsi dari sel tubuh. 

Jadi jika seseorang akan kekurangan zat besi maka akan terasa lemas, tidak bersemangat, serta mudah capek.  Nah, untuk mengatasinya anda bisa mengkonsumsi jengkol dengan baik secukupnya dan tidak berlebihan karena jika berlebihan pun nantinya tidak baik bagi kesehatan.

Mengatasi penyakit jantung koroner


Kandungan mineral yang terdapat pada jengkol  dapat mengatasi  penyakit jantung koroner. Penyakit ini terjadi dikarenakan oleh penyempitan pada pembuluh darah yang nantinya akan menyebabkan aliran darah tidak lancar menjuju jantung. Untuk itu kandungan mineralnya mampu membuat pembuluh darah kembali normal dan tidak menyempit lagi. selain itu jengkol juga memiliki sifat diuretic atau bisa disebut pembuangan urin berjalan dengan lancar. Kelancaran dalam pembuangan urin tersebut sangat baik bagi seseorang yang menderita penyakit jantung. 


jantung sehat
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung


Nah, selain dapat mengatasi jantung koroner mengkonsumsi jengkol pun dapat menjaga kesehatan organ jantung dengan baik.  Kandungan antioksidan yang tinggi membuat racun atau toksin akan susah masuk dalam tubuh terutama pada organ jantung. Selain itu antioksidan pada jengkol juga akan membantu memperlancar aliran darah yang terjadi pada pembuluh darah sehingga kerja jantung akan menjadi lebih baik serta lebih optimal.

Pembentukan jaringan tubuh


Jengkol yang memiliki kandungan protein yang kaya dapat membantu proses pembentukan jaringan pada tubuh. Dan kandungan proteinnya lebih banyak daripada protein dalam kacang kedelai serta kacang hijau. 


tulang dan gigi sehat
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Memperkuat tulang dan gigi


Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi dalam jengkol mampu membantu memperkuat tulang dan gigi. Kedua kandungan tersebut sangat diperlukan oleh kesehatan tulang dalam mencegah terjadinya osteoporosis atau tulang keropos. Nah, rajin mengkonsumsi jengkol  dalam porsi yang cukup akan membuat tulang menjadi kuat dan gigi akan menjadi lebih sehat.

Mengatasi radikal bebas


Vitamin A,B1,B2,C yang terdapat pada jengkol sangat membantu menangkal radikal bebas berbahaya yang bisa membahayakan tubuh. Vitamin A pada hengkol berfungsi menjaga kesehatan pada mata serta ketajaman mata akan lebih meningkat. Vitamin A, dan C dapat berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh dalam menangkan radikal bebas sebagai penyebab penyakit kanker yang sangat mengerikan tersebut.

Mencegah diabetes


Begitu hebat memang khasiat jengkol karena mampu mencegah terjadinya penyakit diabetes pada tubuh. Hal tersebut karena dalam jengkol terdapat asam jengkolat yang tidak dimilik makanan lainnya. Asam jengkolat yaitu sebuah kristal yang tidak dapat terlarut di dalam air. Nah jadi mengkonsumsi jengkol dengan baik dan prosi yang cukup baik dalam usaha pencegahan penyakit diabetes yang juga mejadi penyakit yang mengerikan bahkan mematikan. 

Namun, bagi seseorang yang menderita gangguan pada ginjal tidak diperbolehkan mengkonsumsi jengkol dikarenakan adanya sifat diuretic pada jengkol.  Hal tersebut dikhawatirkan ginjal tidak dapat menyaring asam jengkolat akibatnya seseorang akan terus menerus buang air kencing atau biasa disebut anyang-anyangen.


diabetes
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Menjaga kadar gula dalam darah


Selain mencegah timbulnya penyakit diabetes jengkol pun sangat bersahabat bagi penderita penyakit diabetes karena mampu mengontrol kadar gula sehingga penderita diabetes baik mengkonsumsi jengkol.  Kandungan zat gula dalam jengkol pun sangat alami dan tidak membahayakan penderita diabetes sebab zat gula dalam jengkol mudah diurai. Zat gula yang telah diurai akan berubah menjadi energi yang diperlukan tubuh sehingga stamina tubuh menjadi lebih baik dan meningkat. 

Proses penguraian zat gula yang baik dan sempurna tidak akan mengakibatkan penumpukan gula darah pada tubuh sehingga jengkol sangat aman dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Ulasan tentang  Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan diatas semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi semua para pembaca. Walaupun jengkol merupakan makanan yang ndeso tapi ingat khasiatnya sangat ampuh dan baik daripada makanan yang instan. Untuk mengetahui berita terbaru dan bermanfaat bisa berlangganan kami di facebook dan google + serta baca juga artikel ini Manfaat Petai Cina Untuk Kesehatan.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing