Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan – Rambutan adalah salah satu buah yang unik, cantk dan banyak peminatnya. Rambutan memiliki rasa yang manis dan tidak hanya cukup satu dua biji ketika menyantapnya. Buah rambutan memang diketahui memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia tapi siapa sangka daun rambutan juga tak kalah luar biasa manfaatnya bagi kesehatan tubuh.  Hal ini mungkin banya yang belum mengetahuinya bahkan ketika terlalu rimbun sering dipangkas sebagai pakan ternak ataupun dikeringkan dan dibakar. Maka dari itu kita akan membahas tentang Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan dan ikuti terus ulasannya di alasehat.net


rambutan
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui apa saja manfaatnya terlebih dahulu mengetahui kandungan senyawa apa saja yang ada dalam daun rambutan. Daun rambutan memiliki kandungan polifenol, tannin, saponin yang baik untuk tubuh. Selain itu juga terdapat hormon yang berguna menghidupkan pigmen atau sel menoset pada rambut.

Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan


Adanya beberapa kandungan senyawa dalam daun rambutan tersebut diatas maka daun rambutan dapat membantu kesehatan tubuh seperti ini.

Mengatasi rambut beruban


uban
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Salah satu masalah rambut yangs ering membuat orang merasa tidak nyaman adalah tumbuhnya uban pada rambut dimana penderita sering merasa tidak percaya diri dengan rambut yang beruban. Orang yang ubanan sering dianggap tua bahkan sekarang ini tidak hanya orang yang sudah tua saja yang beruban, banyak anak muda pun yang sudah mengalami ubanan. Rambut beruban disebabkan perubahan melanin yang terdapat pada rambut. 

Hal tersebut dikarenakan  sel melanosit yang berfungsi memproduksi sel melanin bekerja tidak maksimal sehingga akan tumbuh warna putih atau tidak hitam lagi pada rambut.  Daun rambutan mempunyai manfaat khusus yang mampu menghidupkan kembali pigmen atau warna rambut yang mati. Alhasil rambut beruban pun akan teratasi dan juga mencegah atau menghambat munculnya uban.

Menjaga kulit kepala


Kulit kepala tentu harus dijaga dengan baik agar tidak mengalami masalah yang cukup serius seperti timbulnya borok atau ketombe. Masalah tersebut sangat menganggu karena jika tidak diatasi akan gatal-gatal dan jika parah bisa hingga berdarah. Untuk mencegah agar masalah pada kulit kepala tidak  terjadi bisa dirawat menggunakan ramuan daun rambutan.


rambut sehat indah
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Menjaga kesuburan  rambut


Rambut yang tumbuh dengan subur menjadi tebal memang menjadi impian setiap orang khususnya para wanita karena bisa menunjang penampilan. Rambut tumbuh dengan subur juga dipengaruhi oleh kesehatan kulit jika kulit terjaga kesehatannya maka rambut akan tumbuh lebih baik dan sebaliknya jika kulit kepala mengalami masalah juga akan membuat rambut tidak tumbuh dengan baik. Maka dari itu untuk menjaga kesuburan rambut maka harus juga memperhatikan kesehatan kulit kepala dengan baik.

Mencegah kerontokan rambut


rambut rontok
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Rambut yang tumbuh dengan subur, tebal jauh dari kerontokan adalah hal yang diinginkan banyak orang. Kerontokan rambut menjadi masalah serius karena jika tidak dicega atau diatasi bisa mengalami kebotakan. Daun rambutan memang sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut dengan baik dan alami.
Menghitamkan rambut

Rambut hitam, lebat, sehat memang menjadikan penampilan seseorang akan lebih menarik berbeda jika rambut lepek warnanya sudah pudar menjadi pemandangan yang tidak sedap. Terkadang orang memiliki rambut lepek, kusam, dan memerah tidak sehat melakukan banyak cara agar kembali sehat tebal, serta warna rambut yang indah dan tidak beruban. Salah satu cara merawat rambut agar tampil lebat, indah, sehat bisa menggunakan ramuan daun rambutan.

Cara mengunakan daun rambutan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala yakni dengan menghaluskan daun rambutan sambil diberi air dan diperas lalu hasil perasannya dioleskan pada rambut dan kulit kepala dengan merata. Lakukanlah kegiatan tersebut setelah mandi secara teratur agar hasilnya bisa maksimal.

Obat diabetes


diabetes
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang sangat menakutkan karena bsa menyebabkan kematian. Diabetes atau penyakit gula sedikitnya bisa dicegah atau dihambat perkembangannya agar tidak menjadi lebih parah. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diabtes dengan bahan-bahan alami salah satunya yakni dengan ramuan daun rambutan. Caranya dengan merebus daun rambutan dan minum air rebusannya dengan teratur setiap harinya.

Mengurangi racun dalam tubuh


Ciri lain  dari daun rambutan yakni dapat membantu menghindari efek racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan dalam daun rambutan ada efek alexiteric yang akan mengurai racun tersebut. Sehingga daun rambutan dapat membantpat zat anelu menghilangkan racun dalam tubuh.


tubuh sehat
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Efek anelgesik


Daun rambutan juga bermanfaat untuk meredakan rasa sakit karena terdapat zat anelgesik. Zat tersebut mampu bekerja dengan baik pada syaraf pusat serta syaraf perifer dalam membantu otak untuk memberikan persepsi rasa sakit. Dan hebatnya  zat anelgesik pada daun rambutan ini tidak memiliki efek kecanduan bagi penggunanya.

Mengatasi masalah gangguan pencernaan


Pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh jadi jagalah sistem pencernaan dengan baik agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga pencernaan dengan menggunakan daun rambutan karena di dalamnya terdapat kandungan zat yang bisa melancarkan proses pencernaan. Cara melancarkan sistem pencernaan dengan daun rambutan ini juga telah diaplikasikan di Filipina yang ada di ilmu kedokteran tradisional.

Mengatasi demam


Kandungan tonik serta alexiterik pada daun rambutan mampu mengatasi demam yang diakibatkan oleh influenza. Pengobatan demam dengan daun rambutan ini sudah biasa dilakukan di Malaysia seperti orang-orang suku Lubuk Ulu Legong yang ada di wilayah Keddah. Obat tradisional alami ini memang tidak bisa diragukan lagi jadi jika merasakan demam bisa menggunakan daun rambutan untuk meredakannya.


demam sakit kepala
Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Mengatasi sakit kepala


Terakhir, daun rambutan dapat mengurangi atau mengobati nyeri pada kepala. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan nutrisi pada daun rambutan mampu meregangkan syaraf yang sakit jadi efektif sekali dalam mengurangi atau menyembuhkan sakit atau nyeri pada kepala. Nah, jika anda mengalami sakit kepala langsung saja ambil daun rambutan untuk mengobatinya.

Itulah tadi beberapa Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan, namun tanaman rambutan juga memiliki manfaat bagi kesehatan.Secara garis besarnya saja seperti kulit buah rambutan bisa mengatasi sariawan, akar tanaman rambutan yang direbus bisa mengatsi demam, buah rambutan juga sangat banyak memberikan manfaatnya yang akan kita kupas di artikel selanjutnya. Untuk itu ikuti terus artikel terbaru dan bermanfaat lainnya dengan berlangganan kami di facebook dan google +  serta jangan lupa juga baca artikel ini Manfaat Daun Beluntas Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing