Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa

Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa ini bertujuan agar puasa bisa lancar seharian selama bulan ramadhan. Bulan ramadhan telah tiba dan telah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim karena di bulan tersebut merupakan bulan suci. Semua umat muslim menyambutnya dengan suka cita dengan mempersiapkan segalanya untuk memperoleh nikmat serta berkah di bulan yang suci. Berpuasa di bulan ramadhan merupakan kewajiban seluruh umat muslim yang harus dijalankan selama satu bulan penuh. 


berpuasa
Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa

Berpuasa yakni menahan lapar dan dahaga selama seharian dan biasanya orang akan merasa lemas selama berpuasa. Banyak orang akan tidur, bermalas-malasan selama berpuasa agar puasanya tetap lancar sampai sore atau bedug magrib berkumandang. Memang hal itu diperbolehkan namun berpuasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas setiap harinya dengan lancar. Ada beberapa tips mudah agar anda dapat melakukan aktivitas dengan baik selama berpuasa yang bisa anda coba agar ketika berpuasa tubuh tetap sehat bugar dan bisa melakukan aktivitas harian anda selama berpuasa. Selengkapnya mengenai tips sehat bugar selama berpuasa bisa disimak ulasannya di alasehat.net

Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa


Berikut beberapa tips sehat bugar selama berpuasa agar bisa melakukan aktivitas dengan baik setiap hari selama berpuasa.

Hindari makan berlebihan ketika berbuka puasa


berbuka puasa
Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa

Selama berpuasa akan menahan lapar dan dahaga seharian tentu ketika waktu berbuka tiba seseorang akan langsung makan semua makanan yang disiapkan. Tetapi sebaiknya hal itu harus dihindari karena makan berlebihan ketika buka puasa akan menjadikan perut menjadi begah dan tubuh akan lemas. Biasakan sebelum mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori sebaiknya mengkonsumsi makanan ringan yang sehat seperti sup, air putih, minuman yang manis dan lainnya. barulah setelah sholat maghrib bisa lanjut dengan makan makanan berat seperti nasi dan lauknya. 

Minum air putih


Air putih memang memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap harinya dengan cukup minimal 8 gelas setiap harinya dengan tujuan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh manusia. Salah satu manfaat dari air putih adalah untuk menghindari dehidrasi, menstabilkan produksi air lir, dan juga mencegah bau mulut. Dengan cukup mengkonsumsi air putih selama buka ataupun sahur akan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar selama menjalankan puasa seharian. 

Olahraga ringan setelah buka puasa


olahraga
Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa

Hal yang disarankan setelah berbuka puasa adalah dengan berolahraga ringan karena dapat membantu menjaga berat badan, melancarkan aliran darah serta menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, peregangan otot bisa membantu membuat tubuh tetap bugar selama berpuasa.

Mengkonsumsi makanan berserat dan berprotein


Ketika sahur pastikan mengkonsumsi makanan berprotein dan berserat tinggi bertujuan melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak ada tumpukan makanan pada sistem pencernaan. Untuk mendapatkan asupan serat bisa diperoleh dari buah, sayur, serta biji-bijian. Kandungan protein baik bisa didapatkan dari yogurt, kacang-kacangan, keju, serta telur.  Yuk sahur yang sehat agar berpuasa tetap lancar dan tubuh selalu bugar dan sehat selama menjalankan puasa. 


Menghindari makanan berkalori tinggi


Bulan ramadhan menjadi bulan dimana akan banyak beragam cemilan yang disediakan di rumah untuk disantap ketika malam hari. Tetapi lebih baik kurangi mengkonsumsi cemilan atau kue karena bisa menambah berat badan. Memilih cemilan yang sehat dan juga rendah kalori lebih disarankan daripada yang tinggi akan kalori. 

Atur jadwal istirahat


Mengatur jadwal istirahat yang cukup selama berpuasa juga menjadi salah satu tips tubuh sehat bugar selama berpuasa. 

Tips Sehat Bugar Saat Berpuasa diatas bisa anda lakukan agar dapat melakukan aktivitas selama berpuasa dengan lancar. Tubuh yang sehat dan bugar selama berpuasa tentu menjadi suatu keinginan setiap umat muslim agar puasanya mendapatkan berkah dari Allah SWT. Selamat datang bulang ramadhan yang penuh berkah dan selamat berpuasa bagi yang melaksanakannya. Semoga informasi ini menginpirasi dan bermanfaat. Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + serta baca pula Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing