Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan – Kacang merah adalah salah satu dari jenis kacang-kacangan yang memiliki serat tinggi dari pada jenis kacang lainnya. Kacang jenis ini masih belum begitu populer di kalangan masyarakat luas dan juga masih jarang dikonsumsi. Tidak seperti jenis kacang-kacangan lainnya seperti kacang hijau, kacang kedelai yang dijadikan tahu atau tempe hingga dijadikan susu. Untuk kacang merah ini bisa kita lihat sering dijadikan sebagai campuran untuk minuman atau masakan tetapi masih jarang sekali yang menggunakannya.


kacang merah
Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Kacang merah merupakan kacang polong yang memiliki kandungan gizi teinggi dan baik untuk kesehatan tubuh manusia. Di dalam kacang merah ini juga mengandung zat atau nutrisi baik  seperti kacang polong lainnya diantaranya karbohidrat, protein, asam folat, serat, zat besi, kalsium, vitamin B, serta mangan. Dengan demikian tak heran jika kacang merah ini bisa menjadi makanan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan


es Kacang Merah
Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Sederet kandungan yang terdapat di dalam kacang merah memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut.

Menyehatkan organ pencernaan


Kacang merah ini menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi dan bermanfaat menjaga kesehatan organ pencernaan karena di dalamnya terdapat kandungan serat yang tinggi. Nah, dengan kondisi organ pencernaan yang sehat tentu tidak akan terjadi masalah di dalam pencernaan seperti sembelit hingga kanker usus. Selain itu kacang merah juga bisa dijadikan makanan sehat untuk mereka yang sedang diet karena pencernaan yang sehat diet akan maksimal.


Meningkatkan memori di otak


memori otak
Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Kandungan vitamin B pada kacang merah baik untuk meningkatkan memori pada otak. Hal ini dikarenakan antara vitamin B dan fungsi sel syaraf otak memiliki hubungan erat. Selain itu vitamin B atau yang disebut thiamin ini dipakai untuk membantu proses neurotansmiter bagi memori di otak. Dengan demikian orang yang sering makan kacang merah dapat menghindari atau mengurangi resiko terkena penyakit otak seperti kanker otak, alzheimer atau lainnya.

Mengontrol kadar gula


Kacang merah mampu mengontrol kadar gula karena adanya kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Kacang merah juga dapat menurunkan kadar  kolesterol  serta mendorong kolesterol menjadi larut yang selanjutnya akan terbuang melewati saluran pencernaan.  Kacang merah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Kaya antioksidan


Kacang merah merupakan jenis kacang yang memiliki kandungan antioksidan terbaik dan tertinggi. Sehingga mengkonsumsi kacang merah mampu menjaga sel tubuh agar tetap sehat dan mencegah serangan radikal bebas ke dalam tubuh.

Meningkatkan energi


Selanjutnya kacang merah dapat membantu meningkatkan energi di dalam tubuh karena di dalamnya mengandung zat besi tinggi yang berfungsi mencukupi kebutuhan energi seseorang. Jika energi anda menurun anda bisa mengkonsumsi kacang merah sebagai cara untuk pemulihan energi agar lebih fit atau meningkat. Zat besi di dalam kacang merah juga baik dalam melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh.


meningkatkan energi
Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan

Antibiotik alami


Kandungan antibiotik di dalam kacang merah ternyata sangat tinggi dan ini bisa dijadikan salah satu alternatif mengurangi antioksidan dalam tubuh dengan alami. Telah dijelaskan diatas baahwa kacang merah ini mengandung antioksidan tinggi daripada jenis kacang lainnya. Dengan demikian kacang merah dapat berfungsi mempercepat regenerasi sel serta menjaga sel dari timbulnya kerusakan karena radikal bebas.


Sumber protein nabati


Kacang merah juga merupakan sumber protein nabati yang sehat dan baik untuk tubuh yang berfungsi untuk pembentukan massa otot. Kacang ini baik dikonsumsi karena bebas kolesterol dan rendak akan kandungan lemak di dalamnya serta protein yang tinggi.

Demikianlah Manfaat Kacang Merah Untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui dan setidaknya kita mulai menjalankan pola hidup sehat secara alami. Bahan-bahan alami yang ada di alam atau di sekitar kita sangat baik dan banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kacang merah ini bisa dikonsumsi untuk campuran masakan atau minuman segar yang  menyehatkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa ikuti terus berita terbaru ari alasehat.net dengan berlangganan di google + dan juga facebook. Baca pula Manfaat Buncis Untuk Kesehatan, like dan share yukk..

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing