Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds

Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds ini bisa sangat fatal bila sering dilakukan dan tanpa pengawasan yang tepat. Mungkin sebagian orang tekah terbiasa menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga agar telinga bersih dari kotoran. Faktanya penggunaan cotton buds sangat berbahaya bagi kesehatan telinga atau indera pendengaran. Telinga merupakan organ yang halus dan sensitif jadi kita harus senantiasa lebih berhati-hati dalam membersihkannya. Jika membersihkan telinga terlalu dalam da keras maka bisa berakibat buruk seperti munculnya infeksi, gangguan pada pendengaran yang tak normal, bahkan dalam jangka panjang bisa terjadi ketulian. 


bahaya cotton buds
Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds

Selain dengan cotton buds ada sebagian orang yang membersihakan telinganya dengan cemiti, jepitan rambut, pensil, sedotan, pinset, dan lainnya yang itu juga sangat membahayakan indera pendengaran kita. Mengapa membersihkan telinga dengan alat-alat tersebut sangat berbahaya dan tidak diperbolehkan? Simak ulasan lengkapnya hanya di alasehat.net


Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds


Alasan mengapa kita tidak boleh membersihkan telinga dengan cotton buds atau benda lainnya seperti yang telah disebutkan diatas adalah sebagai berikut.



Bahaya  Cotton Buds untuk telinga
Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds

Telinga mampu membersihkan dirinya sendiri


Telinga merupakan salah satu organ khusus dan sensitif yang tidak sama dengan kebanyakan organ tubuh lainnya. Dimana telinga ini dapat membersihkan dirinya sendiri jadi tidak perlu repot-repot untuk membersihkannya. Dokter pun juga tidak menyarankan untuk membersihkan daerah telinga dengan memakai cotton buds atau alat lainnya karena dampak dari alat-alat tersebut sangat fatal bagi kesehatan telinga sendiri. Lebih baik kita setiap beberapa bulan sekali untuk periksa telinga ke dokter telinga atau THT untuk memastikan kesehatan telinga kita. 


Lilin telinga itu sehat


Membersihkan telinga menggunakan cotton buds bertujuan untuk menghilangkan atau membersihkan kotoran telinga atau lilin telinga yang mereka anggap itu sebagai kotoran yang harus dikeluarkan. Namun ternyata lilin telinga tersebut baik serta sehat bagi lubang telinga kita. Hal ini dikarenakan lilin telinga tersebut berfungsi melapisi dan melindungi telinga bagian dalam. 

Lilin telinga tersebut diproduksi di dalam telinga yang dapat menyerap sel kulit mati serta kuman dan secara perlahan akan membuangkan keluar. Selain itu aktivitas kita seperti mengunyah, berbicara dapat membantu memproduksi lilin telinga tersebut.  Jika lilin telinga cukup banyak dan mengganggu pendengaran bisa langsung konsultasi dengan spesialis THT untuk penanganan yang tepat dengan prosedur yang aman, cepat, dan tidak sakit lagi. 


spesialis THT
Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds

Penyeka kapas di cotton buds bisa merusak telinga


Setiap membersihkan telinga dengan cotton buds ke dalam telinga maka kuman baru akan ikut masuk ke dalamnya dan membuat lilin telinga kembali masuk ke dalam. Jadi lilin telinga atau kotoran telinga yang seharusnya bisa keluar sendiri maka akan kembali masuk ke dalam telinga karena dorongan cotton buds. Sehingga membuat kotoran serta kuman terjebak di dalam telinga dan tidak bisa keluar. 

Kebiasaan membersihkan dengan cotton buds juga akan menyebabkan masalah pada gendang telinga. Dimana gendang telinga adalah selaput tipis dan halus yang ada di ujung saluran telinga. Nah, ketika sedang membersihkan telinga dengan alat tersebut secara tak disengaja akan merusak gendang telinga. Tekanan kapas dari cotton buds bisa membuat pecah gendang telinga yang menyebabkan masalah pada pendengaran dan lebih parahnya bisa kehilangan pendengaran. Untuk bisa menyembuhkan gendang telinga tersebut bisa membutuhkan waktu lama dan rasa yang sakit.

Itulah Bahaya Membersihkan Telinga Dengan Cotton Buds jadi waspada dan hati-hatilah dalam membersihkan telinga. Sayangi kesehatan kita sedini mungkin karena sehat itu sangat penting karena dengan sehat kita mampu melakukan aktivitas, beribadah dengan baik. Saya terinspirasi menulis ini karena terispirasi dengan masalah pribadi sendiri dimana pasangan saya sering membersihkan telinga dengan cotton buds dan akhirnya terjadi infeksi yang itu membuatnya sangat sakit dan saya sendiri tak tega melihat beliau kesakitan. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semuanya dan ingat jangan membersihkan telinga secara sembarangan lebih baik jika ada masalah dengan telinga langsung konsultasi dengan spesialis THT. Baca juga Bahaya Memakai High Heels Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terbaru dan bermanfaat lainnya. 

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing