Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh manusia mungkin belum begitu banyak yang mengetahuinya secara rinci. Ternyata berpuasa selain mendapatkan pahala yang berkah dari Allah SWT juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi dengan berpuasa kita akan mendapatkan banyak hal yang baik bagi kita hal ini sangat dikaitkan dengan suatu proses pengeluaran racun atau istilah kerennya detoksifikasi dari dalam tubuh. 


puasa
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh


Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinantikan oleh seluruh umas muslim seluruh dunia dimana semuanya akan menjalankan kewajibannya yakni berpuasa. Selama bulan ramadhan umat muslim akan menjalankan puasa wajib selama satu bulan penuh. Dengan berpuasa satu bulan penuh di bulan ramadhan umat islam berlomba-lomba mencari pahala dari Allah SWT yang berlipat-lipat serta muhjizat kesehatan yang luar biasa. Tetapi tak sedikit orang mengatakan bahwa berpuasa membuat tubuh menjadi lemas tetapi hal itu salah justru dengan berpuasa tubuh akan lebih sehat.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh


Berpuasa dengan menahan diri dari lapar dan dahaga selama imsyak hingga maghrib tiba yang disertai dengan niat dan dijalankan dengan penuh khitmat. Selain mendapatkan pahala berlipat berpuasa juga membuat kesehatan tubuh menjadi lebih baik dan berikut manfaat puasa untuk kesehatan tubuh manusia yang akan diulas di alasehat.net.

Menurunkan berat badan dan glukosa


menurunkan berat badan
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Berpuasa dapat membantu menurunkan berat badan dan juga mneurunkan kadar glukosa yang signifikan. Hal ini dikarenakan jumlah kalori makanan akan menjadi berkurang serta dapat mencegah penyakit berbahaya menyerang tubuh kita seperti kanker, diabetes serta penyakit lainnya. 

Menyehatkan jantung


Berpuasa dapat menurunkan berat badan dengan baik dengan demikian akan diimbangi dengan penurunan jumlah lemak, kolesterol, serta radikal bebas dan jika semuanya itu dapat diatasi dengan baik maka akan berdampak pada jantung yang sehat. Selain itu menurut sebuah penelitian menyatakan jika berpuasa maka apoprotein alfa 1 dan juga HDL mengalami peningkatakan sehingga dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Banyak diketahui bahwa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin C namun berpuasa juga dapat mendapatkan manfaat sama dengan vitamin C tersebut. Ketika berpuasa limfosit di dalam tubuh akan meningkat. Selain itu dengan berpuasa kadar apo-alfa1 akan naik dna kadar apo-betta menurun dengan baik. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan menurunkan resiko penyakit jantung serta masalah pada pembuluh darah. 

Meningkatkan kemampuan otak


otak sehat
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Puasa mampu membantu meningkatkan neurotropik dari otak dan membantu tubuh lebih banyak untuk memproduksi sel otak dan seanjutnya fungsi otak akan lebih meningkat.  Selain itu berpuasa juga dapat menurunkan hormon kartisol sehingga membuat tingkat stress menjadi menurun.

Menurunkan kolesterol


Jika anda mengalami masalah kolesterol tinggi maka dengan berpuasa kadar kolesterol anda akan lebih stabil dan sehat. Kadar kolesterol yang stabil dan normal dapat meningkatkan kesehatan organ jantung sehingga terhindar dari penyakit stroke serta jantung. 

Meningkatkan pikiran yang kreatif


Berpuasa membuat seseorang memiliki pikiran yang melambat dan menjadi lebih tenang sehingga membuat otak bekerja lebih tajam dan juga lebih kreatif. Lapar dan dahaga ketika berpuasa adalah hal yang wajar dan itu justru menjadikan pikiran lebih kreatif dan tajam. Nah, jadi jangan khawatir jika berpuasa pikiran akan ikut loyo atau lemas justru dengan berpuasa akan membuat pikiran menjadi lebih tajam dan berfikir. 

Menyehatkan ginjal


ginjal sehat
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh vital yang penting dimana ginjal berfungsi sebagai penyaring racun atau zat yang membahayakn tubuh dari minuman atau makanan yang kita konsumsi setiap hari. Asupan air ketika berpuasa tentu berkurang daripada hari ketika tidak berpuasa namun hal ini justru akan menjadikan konsentrasi urin pada ginjal meningkat dan juga kekuatan osmosis urin meningkat. Nah, kekuatan osmosis urin tersebut nantinya akan berdampak baik bagi kesehatan ginjal.


Mencegah diabetes


Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena kadar gula dan kolesterol yang tinggi di dalam tubuh. Berpuasa akan mengurangi konsumsi makanan berlemak dan juga mengandung gula sehingga dapat mencegah penyakit diabetes serta turunannya. 


Mengatasi nyeri sendi


Berpuasa juga dapat mengatasi nyeri sendi pada tubuh karena dengan berpuasa dapat eningkatkan sel penetral sehingga nyeri sendi akan berangsur membaik. Hal ini karena adanya hubungan kemampuan pembasmi bakteri atau sel penetral dengan sembuhnya nyeri sendi.


Menyerap banyak nutrisi


Sistem metabolisme tubuh akan efisien ketika menjalankan puasa jadi jumlah nutrisi yang diserap dari makanan yang kita konsumsi akan lebih besar. Hal ini karena hormon adiponestin mengalami peningkatan. Hormon tersebut diproduksi ketika makan sahur dan buka sehingga tubuh lebih banya menyerap nutrisi. 

Demikianlah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh manusia yang perlu kita ketahui bersama. Jadi berpuasa tidak membuat tubuh lemas, tidak kreatif dan lainnya justru dengan berpuasa sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia secara alami. Jadi dengan berpuasa selain kita mendapatkan pahala dari Allah SWT juga mendapatkan muhjizat kesehatan yang alami dan luar biasa. Selamat berpuasa dan semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua. Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya, dan baca pula Manfaat Puasa Untuk penderita Maag

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing