Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan

Manfaat Cokeat Hangat Bagi Kesehatan – Siapa sih yang tak suka cokelat? Pasti banyak orang menyukainya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukainya. Cokelat sering diidentikan dengan makanan yang kurang sehat namun sebenarnya di dalam cokelat tersebut mengandung antioksidan dan juga beberapa kandungan gizi yang justru baik bagi tubuh. Cokelat sendiri berasal dari buah kakao yang kemudian diolah menjadi beragam jenis cokelat yang sering anda lihat atau konsumsi. Cokelat rasanya manis namun juga ada yang manis ke pait-paitan. Cokelat yang ada di pasaran ada berbagai jenis dan merk seperti coklat bubuk, batang, serta coklat yang berbentuk krim. Berbagai olahan dari cokelat banyak disukai karena rasanya yang khas dan lezat. Berbagai olahan dari coklat diantaranya untuk minuman, kue, dll.


cokelat hangat
Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan


Pada kesempatan ini alasehat.net akan membahas tentang manfaat dari cokelat panas atau hangat yang ternyata baik bagi tubuh manusia. Cokelat hangat merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari terutama ketika musim dingin datang namun cokelat hangat juga bisa dinikmati setiap saat. Sesuai dengan namanya cokelat yang juga berwarna cokelat ini jika warnanya semakin gelap maka kandungan antioksidannya semakin tinggi. 

Selain antioksidan tinggi cokelat juga mengandung  berbagai jenis diantaranya karbohidrat, lemak, protein (asam amino, zat protein, tyrosin, fenilalanin, dan triptofan), serta zat lain seperti alkanoid. Dimana alkanoid tersebutlah yang membuat rasa pahit pada cokelat yang anda konsumsi.  Jadi beberapa kandungan tersebutlah membuat cokelat baik untuk dikonsumsi dan baik bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan


cokelat panas
Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan

Cokelat hangat merupakan minuman segar yang bisa menghangatkan tubuh dan juga membantu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Mengkonsumsi cokelat yang mengandung flavonoid dapat mempengaruhi kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut.


Baik bagi kesehatan otak



kesehatan otak
Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan

Minum secangkir cokelat panas dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja otak, menjaga tetap sehat, mencegah penyakit alzheimer. Selain itu menurut sebuah penelitian bahwa mengkonsumsi dua cangkir setiap hari dapat memperlancar aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

Menurunkan berat badan


Nah, ini baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan menjadi ideal. Banyak orang mengganggap bahwa mengkonsumsi cokelat bisa membuat tubuh menjadi gemuk namun hal itu bisa ditepis karena mengkonsumsi cokelat hangat bisa membantu program diet sehat anda. Hal ini disebutkan oleh sebuah penelitian dari University of Copenhagen yang dalam temuannya menyatakan dimana cokelat hitam dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dari pada cokelat putih. Yuk guys yang ingin melakukan program diet sehat bisa menyeduh cokelat hangat sekarang.

Mengatasi diare


Diare ternyata tak hanya bisa diatasi dengan beberapa jenis tumbuhan atau buah tetapi cokelat juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi diare. Sebenarnya pada abad ke-16 budaya di Eropa dan Amerika Selatan memberikan kakao untuk pengobatan diare. Selanjutnya budaya tersebut lebih diperkuat oleh penelitian dengan ilmu yang lebih canggih dimana para ilmuwan menemukan kandungan flavonoid di dalam kakao tersebut dapat berfungsi mengikat protein yang kemudian mengatur sekresi cairan yang terdapat di dalam usus kecil dan memiliki potensi untuk menghentikan diare. 


minum cokelat hangat
Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan


Meningkatkan kesehatan jantung serta darah


Cokelat hangat juga sangat baik bagi kesehatan jantung dan juga darah. Kandungan flavonoid di dalamnya dapat membantu tubuh dalam memproduksi oksida nitrat. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja otak dengan baik yang selanjutnya memberikan efek baik bagi seluruh organ tubuh. Orang yang sering mengkonsumsi cokelat hangat juga akan membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu kandungan flavonoid juga dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi normal dan sehat dan juga membantu trombosit darah tidak lengket dan tidak menggumpal. 


Antioksidan 


Kandungan antioksidan di dalam cokelat hangat atau panas jauh lebih tinggi dari pada antioksidan yang ada di anggur atau teh hijau. Minum cokelat hangat merupakan cara terbaik untuk mendapatkan antioksidan yang kuat. Selain itu kandungan antioksidan dalam cokelat panas dapat menurunkan atau mencegah resiko terkena penyakit berat seperti kanker, jantung, kolesterol, anti depresi dan penyakit lainnya. 

Meningkatkan suasana hati


pikiran tenang
Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan

cokelat panas atau hangat menjadi salah satu peningkat suasana hati yang paling mujarab karena mampu melawan rasa stress, depresi serta rasa cemas. Hal ini karena cokelat hangat dapat membantu merangsang pelepasan endorfin sehingga membuat suasana hati atau mood menjadi lebih baik dengan cepat dan membuat rasa bahagia dalam diri seseorang. 

Manfaat Cokelat Hangat Bagi Kesehatan tubuh memang sangat banyak dan menakjubkan namun perlu diingat dalam mengkonsumsi minuman coklat hangat ini harus diatur porsinya dengan baik jangan berlebihan. Jika berlebihan dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan jadi konsumsilah sesuai dengan kebutuhan dan yang penting sudah mendapatkan manfaatnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terkini yang bermanfaat. Baca pula Manfaat Bekatul Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing