Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan – Siapa yang tak kenal tempe? Tentu sebagian besar masyarakat Indonesia mengenalnya karena tempe merupakan makanan khas tradisional dari Indonesia yang banyak disukai orang. Bahkan popularitas tempe sudah mendunia khususnya mereka yang vegetarian. Tempe merupakan makanan bergizi tinggi yang baik untuk di konsumsi yang mana harga tempe pun sangat murah meriah. 


Tempe
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Tempe yang dibuat dari bahan dasar kedelai ini memiliki kandungan gizi yang tinggi diantaranya mengandung serat pangan, fosfor, zat besi, karbohidrat, kalium, protein nabati, keratin, vitamin B bahkan kandungan protein nabatinya lebih baik dari yang ada pada hewani seperti yang ada di dalam daging sapi. Menurut hasil penelitian terbaru bahwa kandungan gizi yang ada di dalam tempe sama dengan yang ada di dalam yoghurt.

Tempe diolah dari bahan dasar kedelai yang difermentasikan dan karena proses dari fermentasi tersebutlah menjadikan tempe sebagai makanan yang memiliki sumber frebiotik yang baik yaitu bakteri baik yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga kesehatan usus di dalam tubuh. Mengkonsumsi tempe setiap hari dengan teratur akan mendapatkan manfaat yang baik dan positif bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa alasan mengapa tempa menjadi makanan yang sangat menyehatkan, selengkapnya akan diulas di alasehat.net.

Manfaat Tempe Untuk Kesehatan



Tempe
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Tempe menjadi makanan khas tradisional yang disukai banyak orang dan dijadikan lauk pauk untuk menu harian mereka. Semua kalangan dari anak kecil hingga orang tua menyukai makanan yang satu ini karena rasanya yang enak gurih dan nikmat untuk dijadikan lauk. Tempe sendiri biasanya dibuat berbagai olahan masakan yang lezat. Untuk itu kami akan mengulas aneka manfaat tempe untuk kesehatan tubuh, apa sajakah itu? Berikut ulasannya.


Menurunkan tekanan darah


tekanan darah tinggi
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Salah satu cara alami dan mudah dalam menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dengan mengkonsumsi tempe. Hal ini dikarenakan dalam tempe mengandung magnesium yang berperan dalam sistem kardiovaskular dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Magnesium berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah pembekuan darah, mencegah komplikasi yang diakibatkan penyakit diabetes, serta menjaga kekuatan tulang.


Menurunkan kolesterol jahat


kolesterol tinggi
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Bagi anda yang menderita kolesterol tinggi dapat diatasi dengan mengkonsumsi tempe dengan teratur karena di dalam tempe memiliki tinggi protein.  Protein yang ada di dalam tempe ini dapat bermanfaat meningkatkan kolesterol baik dan juga menurunkan kolesterol tinggi atau jahat. Kolesterol tinggi akan mengganggu kesehatan tubuh manusia, dengan demikian harus segera diobati secepatnya. Tempe juga berpotensi mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan juga menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.

Mencegah penyakit kanker


sel kanker
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Kanker menjadi penyakit yang sangat ditakuti banyak orang di dunia karena termasuk ke dalam penyakit mematikan di dunia. Jadi sebaiknya penyakit itu bisa dicegah sedini mungkin salah satunya dengan rutin mengkonsumsi tempe. Hal ini karena dalam tempe mengandung isoflavon yang merupakan senyawa antioksidan yang memiliki fungsi mencegah kerusakan sel dan juga memperbaiki sel rusak karena paparan sinar ultraviolet serta polusi. Senyawa isoflavon juga menjadi agen kanker yang mampu memerangi adanya sel kanker penyebab berbagai penyakit kanker yang membahayakan tubuh.

Menyehatkan sistem pencernaan


pencernaan
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Tempe juga dapat berfungsi melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan di dalam tubuh karena tempe mengandung serat makanan. Kandungan serat tersebut akan bermanfaat menjaga kesehatan pada usus dan melancarkan sistem pencernaa. Selain itu serat tersebut berfungsi mengikat kolesterol, lemak sehingga tempe juga dapat dijadikan makanan untuk mengontrol berat badan dan juga menurunkan berat badan.

Tempe menjadi sumber energi


energi tubuh
Manfaat Tempe Untuk Kesehatan

Kandungan riboflavin di dalam tempe atau yang sering disebut dengan vitamin B2 ini merupakan mikronutrisi yang bersifat mudah larut di dalam air dan mudah dicerna. Peran penting dari riboflavin yakni sebagai metabolisme energi yang diperlukan untuk metabolisme lemak, karbohidrat, zat keton serta protein selain itu roboflavin juga berguna untuk pembentukan sel darah  merah. Nah jika tubuh kekurangan riboflavin ini maka produksi energi di dalam tubuh akan berkurang. Salah satu gejala kekurangan riboflavin akan ditandai dengan sakit pada tenggorokan serta bibir pecah-pecah.

Itulah Manfaat Tempe Untuk Kesehatan yang perlu diketahui bersama jadi kita makan juga harus tau apa manfaatnya bagi tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca semua, untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat lainnya bisa berlangganan di facebook dan google + kami. Jangan lupa untuk like dan share ke semua medsos anda, baca pula Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing