Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia – Leunca merupakan sayuran yang tumbuh dengan subur di Indonesia dan menjadi salah sayuran yang cukup terkenal di masyarakat. Laeunca masuk dalam keluarga labu-labuan atau solaneceae yang nama latinnya Solonum Nigru L. Leunca sendiri di Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda seperti terong pit, takokak, ranti, cukak dan lainnya. Tanaman ini awalnya berasal dari Asia Barat dan Eropa dan telah menyebar hingga ke belahan bumi salah satunya Indonesia. Tanaman ini di Indonesia mudah tumbuh disetiap musimnya dan tidak memerlukan perawatan khusus. Buah leunca memiliki ciri khusus yakni buahnya berbentuk bulat kecil bergerombol dan berwarna hijau yang rasanya memang sedikit ada getir namun ketika dimasak tetap lezat dan nikmat.


leunca
Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Leunca selain dijadikan sayuran atau lalapan juga telah menjadi salah satu obat herbal alami yang telah digunakan dari jaman nenek moyang dahulu atau sekitar 2000 tahun yang lalu. di Meksiko tanaman ini dijadikan obat tradisional untuk mengobati pusing atau sakit kepala dan tidak hanya buahnya saja melainkan daunnya juga dimanfaatkan untuk obat. Sedangkan di Cina, leunca dijadikan obat herbal untuk mengatasi peradangan pada ginjal, anti diare dan kandung kencing.

Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


leunca
Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia


Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan bahwa leunca/tekokak/terong pit ini mempunyai aktivitas anti ulserogenik dimana aktivitas ini berhubungan dengan sistem saraf pusat, lambung, serta menjadi agen anti neoplastik. Selain itu leunca juga berperan sitoprotektif yang dapat melawan terjadinya kerusakan pada sel organ ginjal.

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari tanaman mungil ini adalah dapat mengobati beragam jenis penyakit diantaranya mengobati penyakit kulit, asam urat, herpes, flu, jantung berdebar, penyakit liver, pengeroposan tulang, melancarkan peredaran darah, batuk, peradangan, menetralkan racun di dalam tubuh. Selain itu buah mungil ini juga menjadi salah satu obat alami yang ampuh mengobati kanker. Hal ini dikarenakan dalam leunca mengandung senyawa solanine, solasodine, solasonine serta solamargine. 


leunca
Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Senyawa tersebut mampu berfungsi menghambat perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Senyawa solasodine memiliki efek sebagai penurun panas, meredakan rasa sakit, antishok, serta antiradang. Sedangkan senyawa solasonine dan senyawa solamargarine bersifat antibakteri dan senyawa solanine bersifat antimitosis.

Senyawa yang terdapat di dalam leunca tersebut dapat mengobati gangguan beragam kanker seperti kanker lambung, kanker leher rahim, saluran pernapasan, dan lainnya. Terong kecil nan imut-imut ini juga memiliki zat anti rematik yang bisa membantu menyembuhkan rematik yang anda derita. Di Nigeria percaya bahwa terong kecil ini mampu mengobati rematik, asam urat.  Selain itu di Korea tanaman ini seperti tanaman gingseng yang juga memiliki manfaat luar biasa yang mampu mengobati berbagai penyakit.

Selain di konsumsi sebagai sayuran, daun dan buahnya yang dikeringkan juga dapat dikonsumsi yang bisa mengobati beberapa penyakit seperti encok, sakit pinggang, nyeri, dan lainnya. Serta dapat mengobati bekas luka bakar, cacar air serta campak. Untuk mengkonsumsi daun atau buah leunca kering bisa dengan cara direbus dan diminum airnya.


alasehat.net
Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Leunca Untuk Kesehatan Tubuh Manusia tersebut telah dipercaya diberbagai negara di dunia yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga penyakit berat. Walaupun kecil imut-imut namun manfaatnya luar biasa dan mampu menjadi obat tradisional gratis yang mudah kita dapatkan di sekitar rumah kita. Di indonesia terutama di daerah pedesaan sangat mudah di dapatkan tanaman ini dan jika anda ingin menanamnya pun caranya sangat mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Semoga informasi ini bermanfaat jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terbaru dan bermanfaat lainnya setiap harinya. Terima kasih like dan share ya guys, baca pula Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing