Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan - Ikan kutuk atau bahasa nasionalnya adalah ikan gabus merupakan salah satu ikan yang paling fenomenal dan sering dicari oleh banyak orang. Ikan kutuk atau gabus ini termasuk ikan air tawar yang banyak terdapat di perairan Indonesia. Ikan jenis ini banyak dijumpai seperti sungai, rawa, danau, maupun di sawah.  Walaupun di Indonesia sendiri banyak hidup di perairan Indonesia keberadaannya sedikit susah jika dicari di pasar ikan.

Bentuk ikan kutuk ini mirip dengan ikan lele bahkan warnanya seperti ikan lele, namun yang membedakan bahwa ikan gabus atau kutuk ini tidak memiliki kumis. Ikan kutuk ini juga mampu bertahan hidup di darat dengan waktu yang cukup lama karena ikan kutuk ini juga bernapas langsung dengan udara yang ada di luar. Ikan kutuk atau ikan gabus ini dapat berpindah tempat dengan cara melompat dan sering dilakukan pada malam hari. Ketika air dimana tempat yang ia tinggali habis atau menyusut ia akan membenamkan diri di dalam lumpur untuk dapat mempertahankan dirinya agar tetap hidup. 


ikan Gabus
Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan

Ikan kutuk atau ikan gabus sering dicari oleh banyak karena selain enak dikonsumsi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa di  dapatkan dari ikan gabus/kutuk ini karena di dalamnya mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh manusia. kandungan gizi tersebut diantaranya protein albumin yang sangat tinggi, rendah protein kalogen, kalori, lemak, kalsium, vitamin A, B, phospor, besi dan air. 

Protein albumin yang terdapat di dalam ikan kutuk/gabus ini merupakan yang paling tinggi dari pada protein albumin yang ada di makanan lainnya seperti telur, ikan mas, bandeng, daging ayam atau sapi dan makanan lainnya. Dimana protein albumin dapat berfungsi Ikan kutuk ini memiliki tekstur daging yang empuk, keset, lembut dan ikan ini cukup mahal dimana harga per kilogramnya bisa mencapai  100 ribu rupiah lebih. Harganya memang terbilang cukup mahal namun khasiatnya sangat luar biasa.

Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan


Bagaimana kehebatan dan khasiat dari ikan kutuk  untuk kesehatan tubuh, berikut ulasannya akan dijelaskan dengan terinci di alasehat.net.

Mempercepat penyembuhan luka


Daging ikan kutuk mengandung protein albumin yang tertinggi dibandingkan makanan lainnya. Protein albumin merupakan suatu jenis protein yang  memiliki peran penting untuk penyembuhan luka yang di derita oleh manusia. Selain itu ikan kutuk ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka seseorang setelah melakukan operasi. Hal ini dikarenakan albumin dalam ikan gabus atau kutuk ini dapat berperan membantu pembentukan jaringan dan sel-sel yang rusak setelah operasi dan membentuk sel baru. 


penyembuhan luka
Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Dengan mengkonsumsi ikan kutuk ini dengan teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan baik sehingga tidak mudah terserang beragam penyakit. Jadi jika anda ingin tubuh anda tetap sehat bisa menjadikan ikan ini kedalam menu makan harian anda di rumah.

Pembentukan otot


otot
Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan

Kandungan protein dalam ikan kutuk merupakan yang tertinggi dari makanan lainnya seperti daging, telur, bandeng, ikan, dll. Sehingga dengan mengkonsumsi ikan kutuk ini dapat membantu pembentukan serta pertumbuhan otot di dalam tubuh.


Menyehatkan pencernaan


Struktur daging ikan kutuk yang lembut, dam lebih empuh mudah untuk dicerna sehingga sangat baik untuk pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan protein kolagen yang rendah di dalam ikan gabus.

Menyembuhkan berbagai penyakit


Ikan kutuk memang dikenal sebagai makanan untuk menyembuhkan luka pasca operasi namun ternyata juga dapat menyembuhkan beragam penyakit yang cukup membahayakan kesehatan.  Mengkonsumsi ikan gabus/kutuk dengan teratur dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti thypus, hepatitis, stroke, infeksi paru-paru, diabetes, dll. Selain itu ikan kutuk juga dapat mengatasi pembengkakan pada tubuh manusia.

Menjaga cairan dalam tubuh


Zat albumin merupakan zat yang berperan menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh agar tetap stabil. Jika tubuh kekurangan cairan maka protein yang ada di dalam tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik. Jadi salah satu cara yang tepat untuk menjaga dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh bisa dengan mengkonsumsi ikan kutuk.


sup ikan kutuk
Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan


Memperbaiki gizi buruk


Jika seseorang mengalami gizi buruk bisa diatasi dengan mengkonsumsi ikan kutuk dengan teratur. Gizi buruk dapat menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, dewasa, maupun orang tua dan ikan kutuk ini mampu mencukupi kebutuha gizi dnegan baik. Selain itu anak autis juga dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi ikan ini.

Manfaat Ikan Kutuk Untuk Kesehatan tersebut diatas semoga bisa membantu memberikan tambahan informasi bagi pembaca semua. Ikan gabus ini bisa dimasak menjadi beragam  masakan yang tentunya lezat dan baik bagi kesehatan tubuh.  Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita dan informsi terbaru yang bermanfaat. Baca pula Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan,like dan share yaa....!!

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing