Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan – Tempuyung merupakan tanaan liar yang sering tumbuh dipekarangan rumah dan tumbuh bebas di alam liar seperi kebun, selokan, parit, tebung ataupun di pematang sawah. Tanaman ini dianggap sebagai rumput liar yang tidak berguna. Tetapi anggapan tersebut salah justru tanaman ini diketahui mampu mengobati beberapa penyakit seperti mengobati batu ginjal. 

Tempuyung yang nama latinnya Sonchus arvesnsis memiliki rasa pahit yang mengandung senyawa kimia ion mineral diantaranya magnesium,  kalium, natrium, silica, flavonoid, inositol, serta adam fenolat. Sedangkan pada akar tempuyung mengandung flavonoid yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh salah satunya menghambat pembentukan asam urat serta kinerja enzim xantin oksidasi.  


tempuyung
Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Daun tempuyung yang memiliki rasa pahit dan sebagai tanaman liar inilah yang menjadikan tanaman ini dianggap sebelah mata.  Berbagai kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman tempuyung memiliki manfaat penting dalam membantu mengobati beberapa penyakit. Jadi jika anda melihat tanaman ini disekitar anda jangan diabaikan ya?. 

Tanaman tempuyung khususnya daunnya telah dijadikan tanaman obat herbal alami untuk pengobatan tradisional yang telah di gunakan dari jaman dahulu dan yang populer adalah untuk meluruhkan batu ginjal. Menurut penelitian oleh alm.Prof.DR.Sarjito dari UGM menyatakan bahwa daun tempuyung memiliki kandungan kaliun yang mampu menghancurkan atau meluruhkan batu ginjal. 

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan


tempuyung
Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Dari berbagai artikel yang kami tulis di alasehat.net dimana Tuhan telah menyiapkan berbagai obat yang ampuh dalam mengatasi beragam penyakit dengan gratis. Berikut ini beberapa manfaat daun tempuyung untuk kesehatan yang perlu kita ketahui.


Menghancurkan batu ginjal


batu ginjal
Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Daun tempuyung memang telah populer sebagai obat herbal alami untuk meluruhkan atau menghancurkan batu ginjal. Hal ini juga telah dilakukan berbagai penelitian akan hal ini dimana daun tempuyang bersifat diuritic yang dapat melancarkan buang air kecil sehingga batu ginjal mudah luruh dan keluar dari dalam tubuh. Kandungan kalium yang tinggi memudahkan batu ginjal  mudah terurai dan keluar bersama urin. Cara membuat ramuan dari daun ttempuyang untuk menghancurkan batu ginjal yakni dengan menyiapkan 5 lembar daun tempuyung yang masih sega, 5 lembar daun alpukat segar, 5 lembar daun sawi, serta gula aren semuanya direbus menjadi satu dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya menyusut tersisa sekitar setengahnya, angkat, saring lalu minum dengan teratur dengan dosis per minumnya ¾ gelas.

Mengobati asam urat


asam urat
Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang di daerah persendian manusia seperti daerah jari, pergelangan tangan, lutut atau persendian lainnya. Asam urat menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari sehingga banyak orang berusaha mengobatinya dengan berbagai cara dan obat asam urat yang beredar. Salah satu obat herbal yang mampu mengatasi asam urat yakni daun tempuyung. Untuk mengobati asam urat dengan daun tempuyang bisa dilakukan dengan membuat ramuan yakni menyiapkan akar dan daun tempuyung kemudian direbus dan diminum ketika dingin. Lakukanlah dengan teratur hingga asam urat sembuh.

Mengobati darah tinggi


darah tinggi
Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Daun tempuyung juga dikenal sebagai obat bagi penderita darah tinggi atau hipertensi agar tekanan darah menjadi normal dan stabil kembali. Cara membuat ramuannya yakni dengan menyiapkan 5 lembar daun tempuyung tambahkan blimbing wuluh, parutan kelapa lalu dimakan dengan nasi putih. Memang sih terasa pahit namun rasa pahitnya akan menjadi lebih manis jika penyakit hipertensi dapat teratasi.

Selain manfaat diatas daun tempuyung juga dapat mengobati beberapa penyakit lain seperti Memar karena benturan, pegal-pegal di tubuh, mengobati lesu, obesitas, disentri, usus buntu, batu empedu, serta wasir. Jadi jangan abaikan tanaman ini jika tumbuh di sekitar rumah anda karena manfaatnya sangat luar biasa.

Itulah Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat. Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya yang terbaru setiap harinya. Like dan share yaa,,, baca pula Manfaat Daun Katuk Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing