Manfaat Tauge Untuk Kesehatan

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan tubuh memang sudah terkenal dari jaman nenek moyang kita dahulu. Tidak heran jika sayuran segar yang satu ini sangat diminati oleh banyak orang untuk dikonsumsi baik sebagai lalapan maupun dijadikan olahan masakan yang nikmat. Touge ada yang menyebutnya kecambah, cambah, toge, tokolan dan apapun itu namanya tauge yang terbuat dari kacang hijau ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Toge termasuk salah satu jenis sayuran yang harganya cukup murah jadi sangat terjangkau bagi siapapun yang ingin membelinya. Selain itu kita pun dapat membuat tauge sendiri di rumah cukup dengan merendam kacang hijau.



tauge, toge, kecambah
Manfaat Tauge Untuk Kesehatan


Tauge atau kecambah memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh manusia karena touge memiliki sifat senyawa fitokimia. Di dalam tauge atau kecambah mengandung beberapa nutrisi baik diantaranya asam folat, vitamin C, A, E, K, B, serat, kalium, fosfor, mangan, zat besi, magnesium, asam lemak omega3, zat besi karbohidrat dan nutirisi penting lainnya.Para ahli pun menyarankan untuk mengkonsumsi toge dalam keadaan segar atau masih mentah karena zat mudanya masih utuh dan itu baik bagi tubuh. 


Manfaat Tauge Untuk Kesehatan Tubuh



kecambah, toge, tauge
Manfaat Tauge Untuk Kesehatan


Melihat cukup banyaknya kandungan nutrisi di dalam tauge atau kecambah tersebut tak heran jika memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti apa manfaatnya? Ikuti terus ulasannya hanya di alasehat.net

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Touge yang mengandung senyawa saponin di dalamnya dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun pada tubuh. selain itu kandungan vitamin C yang ada di dalam tauge juga berperan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tetap bugar fit dan tidak mudah sakit. Selain itu touge juga dapat membantu proses penyembuhan sel dan proses regenerasi sel pada tubuh.


Mencegah penyakit kanker


Kandungan antioksidan di dalam tauge yang tinggi dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Jadi tauge sangat tepat untuk dikonsumsi sebagai pencegahan kanker yang sangat membahayakan. Selain itu kandungan serat dan airnya juga dapat membantu membersihkan kotoran yang ada di dalam usus besar sehingga tidak akan ada zat beracun serta kotoran yang akan diserap tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh menghindari penumpukan racun atau kotoran di dalam tubuh yang menyebabkan kanker. 

Mencegah anemia



anemia
Manfaat Tauge Untuk Kesehatan


Kandungan asam folat di dalam tauge dapat berfungsi baik dalam memproduksi sel darah merah dan juga asam amino. Tubuh yang stabil dalam memproduksi sel darah merah maka akan membatu menghindari dari anemia. Dengan mengkonsumsi tauge atau kecambah dengan teratur maka menjadi salah satu pencegahan terkena anemia.

Memperlancar sistem pencernaan


Tauge atau kecambah ternyata dapat memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh serta menjaga tingkat keasaman lambung. Hal ini dikarenakan kandungan serat alami baik di dalam tauge mampu meningkatkan kontraksi di dalam organ usus sehingga BAB akan menjadi lancar.


Baik untuk penderita diabetes


Diabes atau istilah lainnya disebut dengan penyakit gula ini merupakan salah satu penyakit yang sangat menakutkan. Salah satu sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh pencerita diabetes adalah touge karena memiliki kandungan kalori yang rendah. Selain itu kandungan serat yang terdapat dalam tauge baik untuk kesehatan penderita diabetes. Jadi tauge aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.


masakan kecambah
Manfaat Tauge Untuk Kesehatan


Menurunkan berat badan


Khususnya bagi yang sedang menjalankan program diet tentu akan sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur.  Karena makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu menurukan berat badan dengan signifikan. Salah satu sayuran yang mengandung banyak serat yakni tauge. Dengan mengkonsumsi tauge dengan teratur maka akan membantu anda menurunkan berat badan menjadi lebih ideal.

Pembentukan otot


Tauge mengandung protein yang tinggi yang mampu membantu pembentukan otot dan juga meningkatkan masa otot pada tubuh. Selain itu tauge juga baik untuk kesehatan tulang karena dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang dimana senyawa estrogennya mampu menjaga kepadatan tulang dengan baik. 


Baik untuk kecantikan kulit



kecantikan kulit
Manfaat Tauge Untuk Kesehatan


Ternyata tauge juga baik bagi kecantikan kulit  karena mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan akan berperan dalam menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh salah satunya mencegah penuaan dini. Hal ini akan membantu meremajakan kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini sehingga kulit akan terlihat halus. Selain itu tauge juga dapat mengatasi jerawat karena tauge mengandung lemak omega 3 yang dapat membantu mengurangi peradangan atau munculnya jerawat serta berbagai masalah kulit lainya. Nah dengan demikian tauge juga bisa dijadikan perawatan kulit alami yang sangat murah.

Manfaat Tauge Untuk Kesehatan tubuh begitu banyak, dengan demikian mengingat manfaatnya kita perlu mengkonsumsinya atau menambahkan dalam daftar sayur harian yang harus dikonsumsi. Sayuran murah dengan manfaat yang multifungsi ini sayang jika tidak kita manfaatkan dengan baik, tertarik mengkonsumsi tauge? Bagi yang tidak menyukainya lebih baik pikir dua kali lagi deh karena mengingat manfaatnya yang begitu besar ini. Anda ingin mendapatkan informasi seputar kesehatan yang alami bisa berlangganan kami di facebook dan google +. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share nya ya guys.. baca pula Manfaat Tempe Untuk Kesehatan Tubuh

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing