Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan – Buncis merupakan salah satu sayuran berjenis polong-polongan yang segar yang bisa dimasak dengan beragam jenis masakan bahkan juga bisa dimakan mentah sebagai lalapan. Sebagian besar masayarakat mengolah buncis untuk dikonsumsi menjadi sup, tumis, atau campuran sayur lodeh. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa buncis memiliki manfaat dan peran penting dalam kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dikarenakan buncis memiliki beragam kandungan nutrisi serta vitamin di dalamnya yang baik bagi kesehatan serta dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit. 


Buncis Untuk Kesehatan
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Buncis sebenarnya bukan asli dari Indonesia namun keberadaannya di Indonesia sangat banyak. Sayuran ini awalnya berasal dari Eropa yang keberadaannya terus menyebar hingga ke Indonesia dan menjadi sayuran yang banyak diminati oleh masyarak Indonesia. Nama latin buncis yakni Phaseolus Vulgaris ini sangat cocok di budidayakan dan ditanam di daerah dataran sedang atau tinggi dengan dua tipe yakni buncis tegak dan berdiri.

Perlu diketahu di dalam buncis mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, B1,B3, B11, B2, B3, C, magnesium, kadar abu, kalsium, tembaga, protein, mangan, lemak, zat besi, serat kasar, fosfor, molibdenum, karbohidrat dan lainnya. Banyaknya kandungan gizi di dalam buncis jadi tidak heran jika buncis sangat baik bagi kesehatan bahkan dapat mengobati beberapa masalah yang terjadi di dalam tubuh manusia. Apakah anda menyukai buncis? Untuk lebih jelasnya manfaat yang diberikan buncis bagi tubuh, ikuti terus ulasannya di alasehat.net

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan


Manfaat Buncis
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buncis yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita yang harus diketahui, jadi sayang sekali jika anda tidak menyukai buncis yang segar ini.

Melancarkan sistem pencernaan


Kandungan serat yang cukup tinggi pada buncis menjadikan buncis dapat berfungsi memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh sehingga mengkonsumsi buncis sangat penting agar pencernaan tetap lancar. Lancarnya sistem pencernaan di dalam tubuh akan membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sehingga akan berdampak pada kesehatan jantung yang lebih baik. Jadi mengkonsumsi buncis dengan teratur akan membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh dan bagi yang memiliki masalah jantung sering disarankan untuk merngkonsumsi buncis.


jantung sehat
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung


Kandungan asam folat, zat besi  yang ada di dalam buncis dapat membantu menjaga kesehatan jantung lebih optimal. Dengan mengkonsumsi buncis dengan teratur setiap 4 kali dalam satu minggu akan membuat jantung berkerja dan berfungsi dengan baik dan kondisinya tetap terjaga dengan baik.

Memperkuat tulang


tulang kuat
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Buncis yang memiliki kandungan kalsium dan fosfor dapat membantu menyehatkan dan memperkuat tulang pada tubuh. Mengkonsumsi buncis baik dalam bentuk mentah yang segar atau di dalam masakan akan membuat kondisi tulang tetap sehat dan kuat walaupun semakin bertambahnya usia.

Menenangkan pikiran


Ternyata buncis juga dapat menenangkan pikiran syaraf manusia, hal ini dikarenakan buncis bersifat hipoglikemik. Jadi dengan mengkonsumsi buncis maka pikiran akan tenang, stress berkurang dan juga meningkatkan kesehatan mental sehingga emosi dapat terkendali. Jadi jika anda merasa banyak pikiran, stress maka cobalah mengkonsumsi buncis karena ini dapat menjadi solusi alternatif yang mudah dan tepat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Buncis yang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, B1, serta B6 mampu bermanfaat membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan meningkat. Sehingga dengan sistem kekebalan tubuh yang baik maka tubuh akan tidak mudah terserang penyakit.


sayur buncis
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Mengobati batu ginjal


Salah satu cara alami dalam mengobati batu ginjal adalah dengan mengkonsumsi buncis, hal ini dikarenakan buncis mengandung serat tinggi. Serat dapat berfungsi melarutkan atau meluruhkan batu ginjal yang juga dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. 


Mengontrol kadar glukosa


Kadar protein pada buncis terbilang tinggi dan berbeda dengan protein yang ada di dalam telur. Jika buncis diolah atau dimasak dengan cara yang benar, kandungan protein di dalamnya dapat terserap sempurna di dalam tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Mencegah penuaan dini


mencegah penuaan dini
Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Siapa yang mau terlihat tua? Jelas semua orang tidak ingin terlihat tua bukan dan semua menginginkan tetap awet muda. Bahkan beberapa dari mereka melakukan perawatan agar tetap awet muda. Namun tahukan anda bahwa buncis juga dapat membuat awet muda yang sangat alami. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan di dalam buncis yang berguna mencegah pancaran cahaya matahari serta radikal bebas berbahaya. Dengan demikian penuaan dini bisa dicegah dengan mengkonsumsi buncis dengan teratur.

Itulah Manfaat Buncis Untuk Kesehatan tubuh kita yang bisa kita manfaatkan, bagaimana masih tidak menyukai buncis? Buncis selain enak dan bermanfaat keberadaannya sangat mudah ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau jadi tidak ada salahnya menambahkan nama buncis di dalam menu harian anda di rumah. Semoga bermanfaat, jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru. Like dan share serta baca pula artikel ini Manfaat Pare Untuk Kesehatan Tubuh

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing