Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh – Tentu sudah tidak asing lagi dunk sama tanaman yang memiliki ciri khas asem kecut ini, iya asam jawa namanya. Asam jawa merupakan tanaman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satu bagian dari tanaman asam jawa yang bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah pada bagian daunnya. Selama ini orang mengenal dan yang dimanfaatkan adalah bagian buah asamnya. Asam jawa sendiri juga bermanfaat banyak dijadikan untuk jamu, tambahan bumbu masakan dll. Tapi ternyata daun asam jawa pun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.


Asam Jawa
Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Daun asam jawa ternyata dapat dijadikan obat herbal alami yang baik untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Daun asam jawa muda biasanya disebut dengan sinom dan juga sering digunakan untuk bumbu tambahan untuk memasak. Ternyata daun asam jawa ini juga telah dijadikan obat tradisional masyarakat dahulu. Hal ini dikarenakan dalam daun asam jawa mengandung zat kimia yang berupa saponin, tanin dan senyawa aktfif flavonoid serta beragam senyawa lainnya yang baik bagi tubuh.

Apa saja manfaat dari daun asam jawa tersebut, langsung saja simak ulasan lengkapnya di alasehat.net. Kita pun dirumah dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah sehingga dapat dijadikan obat herbal yang efektif dalam mengobati beberapa penyakit diantaranya sebagai berikut.

Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh


Daun Asam Jawa
Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Mengobati campak


Daun asam jawa yang memiliki kandungan senyawa kimia seperti tanin, saponin, serta flavonoid dapat berguna untuk mengobati penyakit campak. Jadi jika menderita penyakit campak anda pun dapat mengkonsumsinya dengan baik.

Mengobati malaria


malaria
Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Penyakit malaria adalah suatu jenis penyakit yang ditularkan dari nyamuk betina yaitu Anopheles. Penularannya dengan cara menggigit tubuh seseorang dimana nyamuk akan membawa plasmodium falciparum yang disalurkan ke tubuh manusia.   Salah satu cara efektif dan bisa dijadikan obat pertolongan pertama adalah dengan menggunakan daun asam jawa. Di dalam daun asam jawa bersifat antibakteri serta kandungan ekstra yang dapat membantu mengobati malaria. Dengan mengkonsumsi daun asam jawa ini dapat membantu menghambat atau memperlambat perkembangan dan pertumbuhan dari plasmodium falciparum di dalam tubuh.

Mengobati diabetes dan sakit kuning


Ternyata penyakit kunin dan diabetes atau penyakit gula ini saling berkaitan dengan fungsi empedu dan juga hati.  Kandungan di dalam daun asam jawa mampu menjaga dan memperbaiki kinerja organ hati. Mengkonsumsi daun asam jawa dapat membantu meningkatkan dan merangsang produksi insulin bagi penderita diabetes. Selain itu daun asam jawa juga dapat membantu kinerja empedu dalam proses menyaring darah sehingga menjadi lebih baik. Hal ini akan membantu menyembuhkan penderita penyakit kuning.

Mengobati gigi dan gusi berdarah


gusi berdarah
Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh

Ketika ada masalah pada bagian organ mulut seperti gigi, gusi berdarah, karies gigi dan juga sariawan dapat diatasi juga dengan daun asam jawa. Masalah yang terjadi para mulut tersebut terjadi karena kurang menjaga kebersihan mulur, dan juga dikarenakan karena kekurangan vitamin C. Nah, di dalam daun asam jawa mengandung asam karbonat yang cukup tinggi yang mampu berperan menjadi antioksidan. 

Daun asam jawa ini dapat berfungsi melengkapi kebutuhan asupan vitamin C dan juga dapat membantu menyembuhkan masalah kesehatan khususnya pada rongga mulut. Selain itu adanya kandungan antiseptik pada daun asam jawa dapat berfungsi sebagai pembunuh kuman dan juga dapat menjadi pembersih rongga mulut agar selalu tetap terjaga kebersihannya dan terhindar dari bakteri penyebab infeksi mulut.

Mengobati peradangan


Jika tubuh mengalami peradangan ataupun bengkak maka salah satu cara efektif untuk mengatasinya yakni dengan meminum daun asam jawa, hal ini dikarenakan dalam daun asam jawa bersifat anti inflamasi yang bisa berfungsi mengobati peradangan dan juga nyeri pada persendian. Kandungan dalam daun asam jawa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia sehingga tidak mudah terserang virus serta bakteri atau infeksi sehingga badan akan menjadi lebih sehat.

Itulah Manfaat Daun Asam Jawa Untuk Kesehatan Tubuh yang perlu kita ketahui bersama, semoga informasi ini bisa bermanfaat. Untuk mendapatkan informasi bermanfaat dan terbaru bisa berlangganan di facebook dan google +. Like dan share ya,,,?baca pula Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing