Kandungan Nutrisi dan 4 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Anda

Cengkeh Sangat Bermanfaat? merupakan salah satu rempah-rempah yang berasal dari Asia seperti negara Indonesia, India, Pakistan, dan bahkan beberapa tempat di Afrika Timur. Tetapi cengkeh merupakan tanaman asli yang berasal kepulauan Maluku di negara kita, Indonesia. Cengkeh sendiri sudah banyak digunakan sebagai penyedap rasa yang sudah digunakan di hampir seluruh dunia.

Cengkeh bersama dengan berbagai macam rempah-rempah lainnya dari Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Tepatnya pada abad ke 13 dan 14, cengkeh telah banyak dikirimkan ke berbagai negara seperti China, India, Persia, Afrika, dan bahkan Eropa. Pada saat itu, cengkeh merupakan tanaman yang memiliki harga tinggi sehingga terjadilah peperangan diantara negara-negara maju untuk mengontrol kepulauan Maluku, dan akhirnya dimenangkan oleh Belanda.


Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Anda



Meskipun sejarah tersebut sudah lama berlalu, tetapi popularitas cengkeh masih tidak bisa diabaikan begitu saja karena mengandung berbagai macam nutrisi yang menguntungkan untuk kesehatan tubuh anda.

Baca Dulu:


Menurut National Nutrient Database for Standard Reference melaporkan bahwa terdapat berbagai macam nutrisi dari 100 gram cengkeh, diantaranya adalah:

Karbohidrat: 65 gram
Protein: 6 gram
Lipid total: 13 gram
Gula: 2 gram
Kalori: 274
Serat: 33 gram

Selain itu, terdapat pula berbagai macam mineral dimulai dari kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc. Serta berbagai macam vitamin penting seperti vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K. Tentu saja, semua nutrisi-nutrisi tersebut bisa memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa untuk kesehatan tubuh anda tentunya.


Pencernaan yang Lebih Baik


Manfaat pertama dari cengkeh adalah berhubungan dengan sistem pencernaan di tubuh anda. Cengkeh dapat memperbaiki pencernaan anda dengan cara merangsang sekresi enzim dari sistem pencernaan tersebut sehingga dapat mengurangi perut kembung, masalah lambung, dispepsia hingga mual. 


Melindungi Hati


Cengkeh mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga organ-organ tubuh anda terhadap efek radikal bebas, terutama hati anda. Metabolisme dalam jangka panjang dapat meningkatkan produksi radikal bebas dan profil lipid, sekaligus mengurangi kadar antioksidan dalam hati anda. Maka dari itulah, menggunakan ekstrak cengkeh bisa membantu anda menangkal efek tersebut karena sifat hepatoprotektif yang dimilikinya.


Mengontrol Diabetes


Cengkeh sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit mematikan, dan salah satunya adalah diabetes. Ketika anda terkena penyakit diabetes, maka tubuh anda tidak bisa memberikan insulin yang cukup, atau bahkan tidak bisa diproduksi sama sekali. Tetapi, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh dapat meniru insulin dengan cara tertentu dan membantu mengontrol kadar gula dalam darah anda.


Menjaga Kesehatan Tulang


Cengkeh mengandung senyawa fenolik seperti eugenol bersama dengan turunannya termasuk flavon, isoflavon dan flavonoid. Senyawa ini telah terbukti dapat membantu menjaga kepadatan dan kandungan mineral dalam tulang, serta dapat mencegah anda terkena osteoporosis.

Beragam Manfaat dari Cengkeh buat Kesehatan diatas merupakan penjelasan secara terperinci mengenai tanaman yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan join facebook kami untuk mendapatkan ulasan lebih cepat langsung dari ponsel anda.


BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing