Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat

Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat – sebagian besar orang mengenal dan mneyukai yang namanya mie instan. Khususnya orang Indonesia banyak yang menyukainya karena mie instan merupakan makanan yang mudah ditemukan dimanapun dan cara memasaknya pun gampang sekali. Mie instan memang rasanya cukup enak yang dipadukan dengan berbagai varian rasa yang membuat penikmat mie menjadi ketagihan yang bisa dinikmati kapan pun. 


mie instan
Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat

Makanan cepat saji ini jika dikonsumsi secara terus menerus tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan dalm mie instan mengandung garam dan MSG yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi terus menerus akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, jika anda tetap ingin mengkonsumsi mie instan anda bisa mengolahnya dengan cara yang benar sehingga aman bagi kesehatan tubuh anda. Lalu bagaimana cara memasak mie instan agar tetap aman dikonsumsi? Informasi selengkapnya akan dibahas dengan jelas di alasehat.net dan jangan kemana-mana simak terus ulasannya hingga selesai sehingga ketika anda ingin mengkonsumsi mie instan tetap aman dan sehat.

Sebelum membahas bagaimana memasak mie instan dengan benar kita ketahui dulu apa saja bahaya yang terjadi jika sering mengkonsumsi mie instan. Bahaya mie instan terhadap tubuh kita yakni dapat mengganggu penyerapan nutrisi di dalam tubuh, menyebabkan kanker, gangguan metabolisme, gangguan pencernaan, obesitas, serta kerusakan organ tubuh. Selain itu mie instan juga mengandung natrium yang tinggi dan termasuk dalam makanan junk food. 

Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat


Beberapa tips cara memasak mie instan dengan benar ini bisa anda coba dan praktekkan sendiri dirumah sehingga ketika anda mengkonsumsi mie instan tidak ada rasa khawatir akan bahayanya. Dapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut.

Mengurangi bumbu mie instan


Bumbu yang terdapat dalam kemasan mie instan memang menjadi hal yang sangat dikhawatirkan oleh banyak konsumen karena di dalamnya mengandung garam dan MSG yang tinggi. Dengan demikian ketika anda memasak mie instan diharapkan untuk mengurangi bumbu di didalam kemasannya misalnya anda cukup menggunakan setengahnya saja dan ditambahi dengan bumbu yang dibuat sendiri. Jika tidak mau menggunakan bumbu mie instan bisa dengan membuat bumbu sendiri seperti bawang merah, bawang putih, saos, kecang dll sesuai selera, ya memang cita rasanya tidak sesuai dengan menggunakan bumbu di dalam kemasan namun dengan bumbu rempah sendiri akan terjaga kemanan dan kesehatannya.


mie instan
Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat


Jangan makan mentah mie instan


Banyak orang khususnya para anak-anak sering mengkonsumsi mie instan mentah dengan cara meremas dan mencampurkan bumbu di dalamnya. Cara ini memang terbilang cara yang paling sederhana dalam mengkonsumsi mie instan namun cara ini snagat tidak sehat. Hal ini dikarenakan akan mengganggu sistem pencernaan di dalam tubuh. Jadi olahlah mie instan sesuai petunjuk yang tertera di dalam kemasan.

Tambahkan gizi yang berimbang


Mie instan memang memberikan tambahan nutrisi untuk kesehatan tubuh, namun dalam faktanya bahwa kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya tidak seimbang dengan gizi yang nantinya akan masuk di dalam tubuh. Dengan demikian lebih baik ketika memasak mie instan disarankan untuk menambahkan beberapa sayuran seperti wortel, sawi, tomat, dan lainnya sesuai selera agar gizi yang diserap dalam tubuh bisa seimbang dan baik bagi tubuh. Anda pun dapay menambahkan asupa gizi dari bahan makanan lainnya seperti telur, ayam atau daging.


mie instsan sehat
Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat

Kurangi konsumsi mie instan


Mengurangi konsumsi mie instan adalah salah satu usaha dalam menjaga pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan mie instan bukanlah makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari. Anda bisa mengkonsumsinya setiap satu minggu 2 kali atau sebulan 4 kali dan jika belum bisa anda pun dapat menguranginya secara perlahan dan jangan pernah sediakan mie instan di dapur anda. Ketika anda malas memasak dan melihat mie instan pasti cara yang tepat biasanya langsung mengambil mie tersebut dan memasaknya. Selain itu hindari mengkonsumsi mie instan ketika sebelum tidur pada malam hari, hal ini dikarenakan dapat memberatkan kerja sistem pencernaan yang seharusnya beristirahat.

Jangan memakan mie instan dengan nasi



mie instan dengan nasi
Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat

Namanya orang Indonesia jika lapar dan tidka makan nasi maka tidak terasa kenyang, saya sendiri pun begitu.  Dan menambahkan nasi ketika memakan mie instan memang sudah menjadi hal biasa tetapi ternyata hal ini dapat mengganggu kesehatan tubuh.  Kandungan karbohidrat yang tinggi di dalam mie instan akan menyebabkan kadar gula di dalam tubuh menjadi meningkat, apalagi dilakukan dengan berkelanjutan dan terus menerus. Hal apa yang akan terjadi bisa anda cermati sendiri guys.. lebih baik anda mengkonsumsinya tanpa nasi dan hindari konsumsi mie instan secara berlebihan. 

Secara umum memasak mie instan ini sudah banyak yang mengetahuinnya namun banyak pula yang mengabaikannya dan tidak memperdulikannya dengan baik. Disini kami juga akan memberikan tambahan memasak mie instan secara umum dengan cara yang benar aman dan sehat.

  • Pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendidihkan air dalam dua panci
  • Masukkan mie pada salah satu panci sampai matang, angkat dan tiriskan
  • Masukkan mie ke dalam panci yang ke dua, didihkan lagi sampai airnya bening. (selama merebus anda bisa menyiapkan bumbu di dalam mangkok)
  • Jika sudah matang tuangkan mie beserta kuahnya di dalam mangkok yang sudah berisi bumbu atau jika mie instan goreng bisa dengan meniriskannya dulu baru dicamur dengan bumbu yang sudah disiapkan
  • Anda bisa memasukkan sayuran, telur, dll di dalamnya.

Tips Cara Memasak Mie Instan Dengan Benar Aman dan Sehat diatas bisa anda terapkan dan praktekkan sendiri dirumah sehingga mie instan yang anda konsumsi tetap sehat dan aman. Namun lebih baik seperti diatas anda harus bisa mengurangi konsumsi mie instan setiap harinya dan menjalankan pola hidup sehat.  Selamat mencoba semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua, like dan share agar banyak teman saudara kita mengetahuinya. Jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat, baca pula Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing