Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress

Penyakit Yang Terjadi karena Stress – Stress ternyata dapat menyebabkan dampak buruk dan mengganggu kesehatan tubuh manusia.  Stress biasa terjadi pada sebagian besar orang dan terkadang kita pun tidak mengetahui stress akan datang. Stress dikarenakan suatu kondisi seseorang yang terkena suatu tekanan batin baik stress pekerjaan, perilaku atau masalah lainnya. Stress dapat memicu adrenalin di dalam tubuh terpompa yang kemudian kortisol masuk pada aliran darah sebagai cara memfokuskan pikiran serta respon di dalam tubuh.


stres
Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress

Kortiso sendiri merupakan hormon stress yang tidak baik bagi tubuh. Dan ketika stress kortisol akan terus mengalir tiada henti yang nantinya akan mengganggu kesehatan tubuh seperti peradangan. Kortisol yang mengalir dengan teratur sebenarnya berguna menghentikan peradangan namun jika mengalir terus menerus dan tak terkendali akan menyebabkan masalah dalam tubuh seperti merusak sel otak serta sel pembuluh darah.

Setiap orang pasti memiliki masalah masing-masing tetapi cara setiap orang dalam menghadapinya pun berbeda-beda. Ada yang mampu mengahadapinya dengan sabar, namun tidak sedikit pula orang yang menanggapi suatu masalah dengan serius dan selalu dimasukkan dalam hati.  Jika tidak mampu menghadapi masalah dengan sabar atau besar hati maka stress akan mengancam diri anda. Stress juga terjadi karena kesiapan diri untuk menghadapi masalah yang menimpa masih kurang sehinga ketika melihat dan menghadapi masalah selalu rumit dan sulit untuk mengatasinya.

Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress


alasehat.net
Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress

Menjadikan suatu masalah adalah beban maka akan muncul berbagai gangguan kesehatan dalam diri anda. Kita sebagai manusia yang memiliki akal pikiran harus optimis jika semua masalah pasti akan ada jalan keluarnya sehingga pikiran kita tidak terbebani dan tidak stress. Jika stress dibiarkan berlarut-larut maka dapat menyebabkan beberapa penyakit menyerang tubuh manusia yang akan diulas di alsehat.net berikut ini.

Penyakit jantung


Stress terkadang dianggap suatu hal yang ringan namun ternyata berbahaya yang bisa mengancam nyawa. Stress dapat menyebabkan penyakit jantung, hal ini dikarenakan ketika stress detak jantung akan lebih kencang dari normal. Kondisi detak jantung tersebut akan mengakibatkan fungsi jantung menjadi terganggu dan parahnya ketika orang sedang stress di dalam tubuh kita akan memproduksi hormon yang dapat meracuni organ jantung.

Kanker


Tak pernah kita duga ternyata stress mampu menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker ini. stress inilah menjadi kontributor penting dan utama sebagai penyebab penyakit kanker. Pikiran yang stress akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun, serta mengurangi sel T yang dapat melawan sel kanker. Tingkat stress yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit kanker menyerang tubuh manusia.

Tekanan darah tinggi


darah tinggi
Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress

Pikiran yang terlalu stress akan membuat seseorang mudah terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ketika pikiran memikirkan hal-hal yang berat maka tekanan darah menjadi meningkat dari normal. Jadi jika anda terus-terusan stress atau sering memikirkan hal yang berat-berat maka mudah terkena hipertensi. Dengan demikian usahakan menghadapi masalah dengan sabar, tenang untuk dapat menemukan solusi yang tepat dan terbaik.

Stroke


Penyakit stroke bukan hanya dikarenaka oleh faktor keturunan namun stress juga sebagai pemicu penyakit ini. stress akan engakibatkan aliran darah yang menuju ke otak menjadi tersumbat dan hal inilah juga sebagai penyebab utama dari stroke. Selain itu pada saat pikiran stress otak lebih cepat dalam memompa darah sehingga aterosklerosis menjadi tersumbat.

Sakit kepala


stres
Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress


Sakit kepala memang bukanlah suatu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan dan hampir semua orang pernah mengalaminya.  Ketika pikiran sedang stress maka sakit kepala akan mengintai kita sebab otak bekerja sangat keras. Jika anda stress berat maka sakit kepala ini tidak mudah untuk dihindari.

Kram


Pikiran stress juga mengakibatkan terjadi kram pada otot dimana otot akan menjadi tegang dan kaku.  Kram memang bukan penyakit yang mematikan namun jika tidak diatasi dengan cepat maka akan membahayakan kesehatan tubuh. Otot yang tegang terlalu lama maka akan menyebabkan nyeri pada leher serta punggung. Maka hindarilah stress dalam diri anda hadapi masalah dengan santai.

Imsomnia


Stress dapat mempengaruhi gangguan tidur yang berkualitas dimana ketika stres akan mengakibatkan tidak tenang da gelisah sehingga tidur tidak nyenyak. Stress akan membuat produksi hormon adrenalin menjadi lebih meningkat yang mana hormon adrenalin merupakan senyawa kimia sebagai peningkat kewaspadaan yang diproduksi oleh otak. Dan kondisi inilah seseorang menjadi tidak dapat tidur dengan berkualitas dan susah untuk tidur lelap.

Penuaan dini


penuaan dini
Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress

Pikiran stress dapat membuat seseorang menjadi cepat tua dari umurnya. Hal ini dikarenakan ketika sedang stress seseorang akan malas untuk senyum dan banyak cemberutnya. Nah, karena kurangnya rasa bahagia dan tersenyum itulah dapat membuat keriput di kulit dan juga mempengaruhi kromosom yang ada pada tubuh.

Obesitas


Memang sulit untuk dibayangkan jika stress malah jadi gemuk atau obesitas. Memang ini benar adanya jika stress akan memicu seseorang menjadi obesitas dimana ketika stress sebagian besar orang akan senang untuk menghabiskan banyak sekali makanan dengan tujuan menghibur dirinya.  Pola makan yang salah dan tidak bisa dikontrol itulah membuat seseorang yang stress mengalami obesitas.

Itulah Berbagai Penyakit Yang Terjadi karena Stress, jadi sebaiknya anda harus bisa menghindari stress berat yang berlarut-larut. Semua masalah yang bisa membuat stress anda lebih baik disikapi dengan besar hati, tenang, saba, ikhlas dan berdoa agar semua masalahnya mendapatkan jalan keluar yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan informasi terbaru yang bermanfaat. Like dan share ya, baca pula Tips Mencegah Flu di Musim Hujan

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing