Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan – Tanaman melinjo adalah tanaman tahunan dengan batang yang kuat serta tumbuh tinggi dan berdaun lebat. Di beberapa wilayah Indonesia tanaman ini memiliki nama yang berbeda ada yang mengatakan melinjo, sake, eso malinjo, milueng, manenjo dan lain-lain. Tanaman ini dapat tumbuh selama berpuluh-puluh tahun bahkan ratusan tahun dan jika tidak dipotong maka dapat mencapai tinggi pohon 25 meter. 

Melinjo
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Masyarakat memanfaatkan tanaman melinjo sebagai olahan makanan  seperti pada buahnya dijadikan emping, untuk kulit melinjo dan daunnya biasa dimanfaatkan untuk sayuran. Tetapi ada sebagian masyarakat yang menganggap melinjo  dapat mengakibatkan asam urat jadi dalam mengkonsumsinya harus dibatasi. Tetapi dibalik itu semua melinjo emnyimpan kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Serta ada kandungan beberapa senyawa kimia di dalamnya dimana pada daun terdapat flafonoid dan saponin sedangkan pada biji melinjo terdapat kandungan seperti falvonoid, saponin dan tanin.

Gambar Emping Melinjo


emping melinjo
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan
Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli nutrisi menyatakan bahwa biji melinjo mempunyai kandungan tingkat antioksidan yang dapat berfungsi menangkal adanya radikal bebas seperti penyakit jantung, kanker, penuaan dini, dan penyakit lainnya.  Nah untuk lebih jelasnya tentang Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan tubuh ikuti terus ulasannya di kesehatan-alamku.blogspot.co.id


Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan


Berikut ini kami akan ulas tentang manfaat dari daun melinjo dan biji melinjo untuk kesehatan tubuh yang mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya.

Antimikroba alami


Menurut penelitian yang dari Osaka Prefecture University oleh doktor biokimia Jepang bahwa  setelah dilakukan sebuah penelitian terhadap tanaman melinjo baik dari akar, kulit batang, biji, daun ditemukan bahwa dalam biji melinjo terdapat protein yang potensial. Pada penelitian tersebut juga menunjukkan aktivitas antioksidan (Butylated Hydroxytolune).  Hal tersebut menunjukan bahwa melinjo dapat digunakan sebagai pengawet untuk makanan secara alami dan juga menjadi obat baru untuk mengatasi penyakit yang dikarenakan oleh bakteri.

Mengatasi anemia, penyakit mata, serta busung lapar


anemia
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Bagi penderita anemia, busung lapar, serta memiliki masalah dengan mata bisa diatasi dengan melinjo. Cara membuat obat herbal berbahan melinjo pun tidak begitu sulit yakni dengan memakan langsung buah dan daun melinjo atau jika tidak bisa memakan mentah bisa dikonsumsi setelah dimasak menjadi sayur yang lezat.

Meningkatkan kekebalan tubuh


tubuh sehat
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam melinjo dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Protein yang terdapat dalam melinjo mampu menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan beragam jenis penyakit seperti kolesterol, hipertensi, penuaan dini, serta menyempitnya pembuluh darah.

Obat terkena gigitan hewan


kessehatan-alamku.blogspot.co.id
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Jika terkena gigitan hewan seperti anjing dapat mengobatinya dengan ramuan dari melinjo. Cara membuat ramuannya yakni dengan mengambil daun dan buah melinjo yang masih mudah dengan ditambah jahe, bawang merah atau bawang putih lalu semuanya dihaluskan dan oleskan pada yang luka. Mudah kan tanpa perlu membeli obat yang mahal cukup meracik obat herbal sendiri.

Efek samping mengkonsumsi melinjo


Banyaknya manfaat dari melinjo tersebut membuat kita lebih menyukai untuk menggunakan obat herbal yang alami dari alam sekitar. Namun selain memiliki manfaat yang sangat ajaib, melinjo juga memiliki beberapa efek samping jika mengkonsumsi berlebihan seperti asam urat, darah tinggi, dan melinjo mengandung kadar purin tinggi yang tidak baik dikonsumsi bagi orang yang menderita penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah.

Ulasan tentang Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan diatas semoga bisa bermanfaat bagi kita semua sehingga kita juga menjadi lebih mengerti akan manfaat dari berbagai hal yang ada di alam sekitar kita. Sehingga kita mau untuk memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan atau digunakan sebagai obat herbal yang bisa mengobati berbagai penyakit.  Baca pula artikel ini Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami di facebook untuk mendapatkan artikel terbaru dan bermanfaat dari kami.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing