Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan – Tanaman turi merupakan salah satu tanaman sebagai pelindung yang biasa kita jumpai di ladang, sawah, pinggir rumah atau bahkan di pingir-pinggir jalan. Tanaman ini memiliki kayu yang berstektur lunak tergolong dalam keluarga fabaceae. Tanaman ini menghasilkan bunga yang biasa disebut dengan kembang turi dan tanaman turi memiliki dua jenis yakni turi merah dan turi putih.  Masyarakat biasanya mengolah kembang turi sebagai sayuran yang segar sebagai tambahan pecel, urap ataupun hidangan lezat lainnya. 

Gambar Turi Merah 


kembang turi
Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Siapa sangka jika kembang turi memiliki kandungan senyawa penting di dalamnya yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sepertiprotein, karbohidrat, lemak, serta mineral seperti fosfor, kalsium,kalium, serta zat besi. Selain itu juga terdapat vitamin B1, B6,B2, C, dan Beta karoten. Jadi tak heran jika kembang turi ini dipakai sebagai obat herbal yang memiliki peran penting dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan tersebut, simak terus ulasannya di kesehatan-alamku.blogspot.co.id


olahan kembang turi
Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan


Inilah berbagai Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan yang perlu kita ketahui sehingga kita tak segan lagi untuk mengkonsumsinya sebagai sayuran atau pun di racik untuk dibuat obat herbal yang ampuh dalam menyembuhkan beragam masalah kesehatan pada tubuh kita. Perlu diketahui bahwa seluruh bagian yang ada di tanaman turi ini dapat dijadikan obat herbal yang berkhasiat.  Simak terus ulasannya sebagai berikut.



Mengatasi sariawan


sariawan
Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Seseorang yang menderita sariawan disebabkan karena kekurangan vitamin C dan biasanya menyembuhkan sariawan terbilang susah-susah gampang. Namun anda yang menderita sariawan bisa memanfaatkan kembang turi untuk mengatasinya. Nah cara membuat ramuannya yakni dengan meremas kulit dari kembang turi di dalam air lalu gunakanlah air tersebut untuk obat kumur. Selain itu bisa merebus kulit batang dan air rebusannya diminum.


Menyembuhkan luka


Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 oleh International Journal of Pharma Tech Research menyebutkan jika ekstrak etanol yang ada pada kembang turi mampu menyembuhkan luka dengan baik. menyembuhkan luka dengan kembang turi diyakini lebih baik jika menggunakan nitrofurazone. Jadi jika anda tubuh anda sedang terluka bisa menggunakan kembang turi sebagai obat herbal  untuk menyembuhkannya. Nah, mudah bukan?

Gambar Turi Putih


turi putih
Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Disentri


Menderita disentri bisa diatasi dengan ramuan herbal dari tanaman turi ini. Anda bisa membuat ramuan herbalnya dengan merebus kulit batang dari kembang turi merah hingga matang dan tersisa airnya menjadi setengah dari semula dan minum air rebusannya tersebut dengan teratur hingga sembuh. Ramuan herbal ini bisa diminum setiap 2 kali sehari.

Mengobati sakit tenggorokan


manfaat kembang turi
Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Sakit tenggorokan pun bisa diatasi dengan menggunakan obat herbal kembang turi. Cara membuat ramuannya cukup mudah yakni dengan meremas-remas daun turi pada air matang lalu gunakanlah air nya untuk berkumur. Selain itu daun turi merah yang direbus dan air rebusannya diminum juga dapat mengatasi radang tenggorokan.

Mengatasi deman


Jika sedang mengalami demam memang kita selalu panik mencari obat, periksa sana kemari, dan usaha lainnya agar demam bisa cepet sembuh. Nah, untuk mengatasi demam anda bisa membuat ramuan herbal alami dari kembang turi dengan menghaluskan kembang turi ditambah sedikit garam dan air secukupnya, saring dan minumlah dengan teratur hingga demam sembuh. 

Mengobati batuk


batuk diatasi dengan kembang turi
Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Batuk juga bisa diatasi dengan ramuan herbal yang berasal dari kembang turi. Cara membuat ramuannya yakni daun kembang turi merah ditumbuk hingga halus ditambah dengan perasan jeruk nipis lalu minumlah. Selain itu juga bisa dengan mengambil jari akarnya ditumbuk halus ditambah sedikit madu dan air, ramuan siap dikonsumsi untuk mengatasi batuk dengan alami dan sehat. selain itu ramuan ini juga dapat mengatasi flu, pilek serta sakit kepala.

Ajaib kan ternyata  Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan tubuh kita? Tunggu apa lagi jika anda mengalami masalah kesehatan seperti yang dijelaskan diatas anda bisa membuat ramuan sendiri dengan memanfaatkan kembang turi dan juga anda bisa mengkonsumsi langsung kembang turi sebagai sayuran untuk hidangan makanan sehari-hari. Baca pula artikel ini Manfaat Krokot Untuk Kesehatan dan jangan lupa berlangganan kami di facebook untuk mendapatkan berita terbaru kami.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing