Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan – Daun pandan yang merupakan tanaman tadi keluarga Pandanaceae biasanya tumbuh di tempat yang lembab atau di rawa namun juga bisa ditanam di dalam pot untuk melengkapi tanaman yang ada di pekarangan rumah. Tanaman ini bersemak dan bentuknya seperti kipas panjang dengan daun yang hijau sempit dan panjang serta memiliki bau yang harum. Biasanya daun pandan sering digunakan sebagai pengharum atau pewarna makanan alami sehingga membuat aroma makanan menjadi khas dan lezat. 


daun pandan
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Selain menjadi pewangi dan pewarna makanan daun pandan juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Hal  tersebut karena daun pandan memiliki kandungan yang baik seperti flavonoida, alkaloida, zat warna, tanin, saponin, serta polifenol. Dan berikut ini ulasan tentang Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan hanya di kesehatan-alamku.co.id

Mengobati rematik


Rematik merupakan penyakit yang sering diderita oleh orang tua namun sekarang orang yang masih muda juga sudah ada yang mengalami penyakit ini. nah, penggunaan ramuan daun pandan ini sudah dilakukan oleh orang pada zaman dahulu. Cara membuat ramuannya yakni daun pandan yang sudah bersih dan dipotong diseduh dengan minyak kelapa yang sebelumnya telah di didihkan dan aduk merata tunggu hingga dingin dan buat ramuan tersebut sebagai olesan atau untuk menggosok bagian yang sakit.


rematik pegal linu
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Mengobati pegal linu


Orang yang melakukan aktivitas gerak yang keras seringkali mengalami yang namanya sakit pegal linu. Nah, sering mengalami pegal linu pada tubuh, bisa menggunakan ramuan dari daun pandan tersebut karena dipercaya dapat menyembuhkannya. Caranya tumbuh halus daun pandan wangi dengan serai perbandingan 1 lembar serai dan 4 lembar daun serai tambahkan 1 sdm minyak gandapura dan kayu putih aduk merata lalu ramuan tersebut digunakan untuk mengurut atau gosokkan pada bagian yang sakit.

Penambah nafsu makan


Nafsu makan berkurang bisa dibantu dengan ramuan daun pandan agar nafsu makan menjadi lebih baik lagi. caranya dengan merebus daun pandan dan minum airnya setiap 2x dalam sehari maka dengan perlahan nafsu makan akan menjadi lebih baik.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan


ramuan daun pandan
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Hipertensi


Bagi yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa diatasi dengan menggunakan ramuan daun pandan. Dengan mengkonsumsi ramuan dari daun pandan ini maka tekanan darah akan kembali normal secara berkala. Cara menggunakannya rebus daun pandan dan minum airnya pada pagi dan sore hari.

Mengobati lemah saraf


Jika mengalami lemah saraf bisa diobati dengan menggunakan ramuan herbal menggunakan daun pandan. Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus daun pandan yang telah dipotong dan dicuci bersih dan minum ramuannya pada pagi dan sore hari.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan lainnya bahwa daun pandan juga dapat digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut, dapat menghitamkan rambut, dapat menghilangkan ketombe. Nah jadi sekarang setelah membaca artikel ini tentunya akan menjadi tau apa saja manfaat yang tersembunyi di balik daun pandan tersebut. Tentu sebelumnya hanya mengetahui dan menggunakan daun pandan hanya untuk menjadi bahan pewangi dan pewarna makanan alami, namun kini menjadi lebih tau bagaiman memanfaatkannya sebagai salah satu obat herbal yang bisa mengatasi beberapa masalah dengan kesehatan tubuh.

Nah itulah tadi beberapa Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan yang harus diketahui dan dimanfaatkan dengan baik. Untuk bisa mendapatkan artikel terbaru dan bermanfaat lainnya bisa berlangganan kami di facebook dan google + dan jangan lupa juga baca artikel ini Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Tubuh.

BERLANGGANAN VIA EMAIL

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar online marketing